Sunday 22 January 2017

MODUL 2



MODUL 2                


Kompetensi Dasar 
:
Mendiskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian.
Sub Kompetensi    
:
Sosialisasi sebagai proses pembentikan kepribadian


a. Pengertian sosialisasi social
b. Media sosialisasi
c. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian.
Tujuan kegiatan belajar
:
1. memahami uraian modul
2. melakukan diskusi kelompok
3. melakukan pengamatan
4. melaporkan hasil pengamatan



Rencana Belajar Siswa
:

  1. Jenis kegiatan      
:
Memahami dan menganalisis materi ajar seca mandiri maupun kelompok.
  2. Hari,tanggal:        
:
Senin,       Agustus 2009
  3. Jam                       
:
5-6 (2x45 menit )
  4.Tempat pencapaian
:
Kelas 1 MoA                        



Uraian Materi

Sub Kompetensi  Sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian

A. Pengertian sosialisasi sosial
     Sosialisasi diartikan  sebagai sebuah proses hidup seseorang untuk  mem-pelajari kebiasaan-kebiasaancara hidup,nilai-nilai dan norma sosial yang ada dalam masyarakat. Dibawah ini ada beberapa definisi sosialisasi dari   beber-apa ahli di dunia :

1.  Peter Berger,  sosialisasi mrupakan proses seorang anak belajar menjadi    anggota yang lebih dewasa untuk ikut serta berpartisipasi  dalam masyarakat. 
2.  Bruce J Chahen sosialisasi merupakan proses manusia belajar tentanta cara kehidupan di dalam masyarakat.  
     Sosialisasi merupakan teori mengenai peranan, maka dalam proses sosia-lisasi yang dipelajari adalah peranan-peranan sesuai dengan    kedudukannya dalam masyarakat, boleh dilakukan dan   tidak boleh  dilakukan. Sehingga  dalam pergaulan masyarakat akan tahu  peranan - peranan   apa   yang   telah dilakukan untuk masyarakat.

  Proses sosialisasi ada beberapa. yaitu :
a. Persiapan dilakukan sejak manusia dilahirkan mempersiapkan memasuku dunia sosial.
b. Tahap meniru anak kecil mulai meniru-niru tingkah laku orang dewasa 
c. Tahap bertindak dan penemuan norma kolektif, anak mulai tumbuh dan mengembangkan diri anak mulai menyadari kebutuhan akan orang lain di sekelilingnya. 
     Bahwa manusia berkembang membutuhkan orang lain untuk  membantu-nya tumbuh lebih dewasa. Dewasa dalam tingkah laku maupun dewasa    da-lam pikiran.
     Masyarakat sebagai organisasi sosial yang komplek berlaku suatu   nilai-nilai dan norma yang menjadi pedoman masyarakat dalam bertindak.     Pada dasarnya kita sebagai umat manusia ingin hidup sosial kita   ditempat    yang aman, tertib, teratur dan harmonis lingkungannya. Walaupun kita juga  harus menyadari kehidupan nyata di masyarakat kita banyak sekali   gejolak   yang tidak menentu tidak mematuhi nilai-nilai dan norma yang ada.

contoh : pergaulan bebas anak bukan lagi monopoli anak   perkotaan    tetapi telah sampai ketingkat kota kecil maupun pedesaan. Banyak perilaku yang menyimpang dari nilai dan   norma   yang berlaku.  Seperti hubungan sex diluar nikah sehingga hamil. Merupakan pelanggaran nilai-nilai dan norma yang berlaku di masyarakat
Untuk menjamin ketertiban dalam masyarakat,   maka    perlu    beberapa rambu-rambu :
a. Terjadi proses transfer nilai dan norma sosial.
b. Melakukan control sosial.
     Tujuan Sosialisasi :
a. Membekali kita dengan bekal yang cukup dalam mengarungi kehidupan.
b. Pengembangan kemampuan komunikasi.
c. melaksanakan nilai-nilai dan norma yang berlaku.
B. Media Sosialisasi
     Secara harfiah kata media memiliki arti “Perantara”atau“Pengantar”. Association for Education and Comunication Technology (AECT) - media yaitu segala bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses penyaluran  infor-masi.Dari definisi dapat lebih diperluas pengertiannya media merupakan.Se-suatu yang bersifat menyalurkan pesaan dan dapat merangsang pikiran, pera-saan dan kemauan pengengarnya ( masyarakat). Penggunaan mesia secara kreatif akan meningkatkan performan  untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.
     Media sosialisasi adalah tempat jntuk menyampaikan aspirasi    atau    ide kreatip supaya lebih dikenal kalayak umum. Sosialisasi    juga    merupakan proses yang dilakukan  dua  pihak  secara  aktif   aktifitas yang   disosialisasi
disini dinamakan aktivitas internalisasi.
     Aktivitas di sini yang melaksanakan sosialisasi dilaksanakan  oleh    agen atau media sosialisasi yang mewakili suatu masyarakat tertentu.

C. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian
     Kepribadian dapat diartikan sebagai sifat hakiki manusia yang  tercermin pada sikap dan tingkah lakunya yang membedakan  dirinya    dengan   orang lain. Dapat juga dikatakan berarti  ciri - ciri watak  seseorang  individu  yang konsisten memberikan indentitas sebagai manusia.
     Unsur – unsure  kepribadian  dapat  meliputi  pengetahuan  perasaan  dan dorongan hati.  Pengetahuan  merupakan  salah  satu unsur kepribadian yang memiliki aspek-aspek penggambaran, apersepsi, pengamatan konsep dan fantasi bawah sadar manusia.
     Pembentukan kepribadian manusia berlangsung melalui proses yang lama dengan sosia;isasi yang mana manusia mencoba menghayati  norma - norma kelompok masyarakat.
Pembentukan kepribadian ini dipengaruhi beberapa factor, yaitu : 
a. Warisan biologis atau keturunan
Berpengaruh langsung dalam pembentukan kepribadian seseorang. Beberapa factor biologis yang penting seperti system syarap, watak,seksual dan kelainan biologis, seperti penyakit-penyakit tertentu.
b. Lingkungan fisik atau geografI Meliputi iklim dan bentuk muka bumi atau topografi setempat, serta sumber-sumber alam, factor lingkungan fisik (Geografi) ini mempengaruhi lahirnya budaya yang berbeda pada masing-masing   masyarakat.
c. Lingkungan sosial dan Kebudayaan 
1.     Faktor keluarga dimulai dari usia dini atau balita sampai dengan berhubungan dengan orang tuanya dan saudaranya.
2. Lingkungan masyarakat tyang beraneka ragam Lingkungan budaya mencakup perbedaan budaya yang berbeda-beda dalam masyarakat dapat mempengaruhi kepribadian
    d. Pengalaman kelompok
     Ciri-ciri dan unsur kepribadian seseorang   individu  dewasa    sebenarnya sudah tertanam ke dalam jiwa seseorang anak  sejak  awal   yaitu  pada masa kanak-kanak melalui proses sosialisasi.


By.Wawan 23012017

No comments:

Post a Comment