Monday 23 January 2017

RPP IPS SMK KELAS X/1 Pertemuan 2



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )


Mata Pelajaran
:
IPS
Kelas / Semester
:
X/1
Pertemuan ke                       
:
1
Alokasi waktu
:
1 X 45 Menit
Standar Kompetensi

Memahami kehidupan sosial manusia
Kompetensi Dasar

Mendiskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan  kepribadian
Indikator       

1. Sosialisasi dijelaskan berdasarkan pengertiannya


2. Sosialisasi diidentifikasi menurut media yang  dilalui


3. Pembentukan kepribadian dideskrisikan  menurut   

A.       Tujuan Pembelajaran
·         Pada akhir pelajaran siswa dapat menjelaskan pengertian sosialisasi
·         Pada akhir pelajaran siswa dapat menyebutkan media yang dapat digunakan untuk sosialisasi
·         Pada akhir pelajaran siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempenga -ruhi pembentukan kepribadian
B.       Materi ajar
Pengertian sosialisasi
1. Media sosialisasi
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian
Uraian Materi        
1. Pengertian Sosialisasi
Sosialisasi adalah proses belajar individu untuk mengenal dan menghayati norma-norma serta nilai-nilai sosial sehingga terjadi pembentukan sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan atau perilaku masyarakatnya.
1.   Media Sosialisasi
Media sosialisasi sangat berperan dalam pembentukan kepribadian seseorang Media sosialisasi meliputi :                                                                              
a. Keluarga                                                                                       
b. Kelompok bermain                                                                                            
c. Lingkungan sekolah                                                                                            
    d. Lingkungan kerja                                                                                         
e. Media masa
Bentuk-bentuk Sosialisasi
a.       Sosialisasi Primer
Sosialisdasi primer merupakan sosialisasi pertama yang dialami individu sewaktu kecil. Pada tahap ini anak mulai mengenal keluarga-nya dan berlangsung sebelum anak memasuki lingkungan yang lebih luas.
b.      Sosialisasi Sekender
Sosialisasi sekender merupakan tahapan lanjutan setelah sosialisasi primer.
·         Pembentukan Kepribadian
·         Pengertian kepribadian
·         Merupakan organisasi sikap yang dimiliki seseorang sebagai latar
belakang dari perilakunya.
Faktor-faktor Pembentuk Kepribadian
a. Faktor pembawaan
b. Faktor lingkungan fisik
c. Faktor kelompok
d. Faktor kebudayaan khusus                           
e. Faktor pengalaman yang unik
C. Metode Pembelajaran
a. Pendekatan Cooperatif  Learning
b. Metode/model Pembelajaran Jig Saw
c. Teknik Diskusi dan Representasi
D. Langkah-langkah Pembelajaran /Proses pembelajaran         
TAHAP KEGIATAN
KEGIATAN
WAKTU
  Karakter
TAHAP AWAL
Pendahuluan :                                                        
·         Memberikan penjelasan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar Indikator dan Tujuan Pembelajaran
·         Memberikan pretest kepada siswa tentang pengertian sosialisasi
5
Personal dan akademik
TAHAP INTI
1). Ek splorasi
Guru menjelaskan kembali secara singkat tentang proses pembentukan kepribadian
2).  Elaborasi
Guru menyampaikan aturan permainan model Pembelajaran Jig Saw.
Langkah-langkah model Jigsaw II
1.Membentuk kelompok yang anggotanya 4orang secaraheterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin)
2. Tiap siswa dalam tim diberi materi yang sama
3. Tiap siswa dalam tim diberi materi yang berbeda yaitu
a.       Jelaskan pengertian dari interaksi sosial itu dan beri  contohnya.
b.      Sebutkan ciri-ciri dari interaksi social
c.       Sebutkan faktor-faktor yang melandasi terbentuknya interaksi sosial
d.      Menyebutkan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial
4. Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari  materi  yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli)
5. Setelah selesai diskusi sebagaian tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian  menginformasikan   materi yang mereka kuasai
6. tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
7. Guru dan siswa menyimpulkan hasil  pembelajaran
 3) Konfirmasi
1.      Guru memberikan klarifikasi.                                                       
2.      Guru meminta beberapa siswa untuk memberikan penilaian terhadap hasil diskusi
30
Personal dan akademik
TAHAP AKHIR
·         Memberikan pekerjaan rumah
·         Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum meninggalkan kelas

10
Personal dan akademik



E . Media dan Sumber Belajar
1.    Sumber Belajar      : Media massa, lingkungan,masyarakat
2.    Bahan                                : Buku referensi
·         LKS IPS Mentari
·         Modul IPS MGMP Jawa Tengah
·         Buku IPS SMK Nur Wahyu Rohmadi
3.    Media                                : LCD, Laptop
F.  Penilaian
a. Test Tulis
b. Lembar Pengamatan
Bentuk soal :
1.      Apa pengertian sosialisasi ?
2.      Sebutkan media sosialisasi !

Score Nilai :
Kriteria Nilai
Bobot Nilai
-          Jika jawaban benar sempurna
10
`    -    Jika Jawaban benar kurang sempurna
8
-          Jika jawaban tidak sempurna
5
-          Jika jawaban salah
2
-          Jika tidak menjawab
0
Lembar Pengamatan :
No
Nama Siswa
Perilaku

Nilai

Ket

Kerjasama
Inisiatif
Keaktifan
Sikap pribadi
Keberanian





























            Aspek yang dinilai
Nilai rata-rata Kerjasama keaktifan, Inisiatif,  Sikap priabdi,  Keberanian
Kriteria:            
                        1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = Baik sekali
Kriteria penilai, jika rata-rata =
1 – 2,25 = kurang
2,6 – 3,25 = Cukup
3,26 –4= Baik sekali




                                                                                                     Wonogiri,        Juli 2016

Mengetahui
Kepala SMK Pancasila 10 Wuryantoro                                  Guru Mata Diklat IPS




Drs.Sunowo Gito Wahono                                                     Utomo Setiyawan , S.Pd
NIP.                                                                                      NUPTK.

No comments:

Post a Comment