Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Mata Pelajaran
|
:
|
IPS
|
Kelas / Semester
|
:
|
X/1
|
Pertemuan ke
|
:
|
1
|
Alokasi waktu
|
:
|
1 X 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
|
Memahami kehidupan sosial manusia
|
Kompetensi Dasar
|
|
Mendiskripsikan sosialisasi sebagai proses
pembentukan kepribadian
|
Indikator
|
|
1. Sosialisasi dijelaskan berdasarkan pengertiannya
|
|
|
2. Sosialisasi diidentifikasi menurut media yang dilalui
|
|
|
3. Pembentukan kepribadian dideskrisikan menurut
|
A.
Tujuan
Pembelajaran
·
Pada akhir pelajaran siswa dapat
menjelaskan pengertian sosialisasi
·
Pada akhir pelajaran siswa dapat
menyebutkan media yang dapat digunakan untuk sosialisasi
·
Pada akhir pelajaran siswa dapat
menyebutkan faktor-faktor yang mempenga -ruhi pembentukan kepribadian
B.
Materi
ajar
Pengertian sosialisasi
1. Media sosialisasi
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian
1. Media sosialisasi
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian
Uraian Materi
1.
Pengertian Sosialisasi
Sosialisasi adalah proses belajar individu untuk mengenal dan
menghayati norma-norma serta nilai-nilai sosial sehingga terjadi pembentukan
sikap untuk berperilaku sesuai dengan tuntutan atau perilaku masyarakatnya.
1.
Media Sosialisasi
Media sosialisasi sangat berperan dalam pembentukan kepribadian seseorang Media sosialisasi meliputi :
Media sosialisasi sangat berperan dalam pembentukan kepribadian seseorang Media sosialisasi meliputi :
a. Keluarga
b. Kelompok bermain
c. Lingkungan sekolah
d. Lingkungan kerja
e. Media masa
Bentuk-bentuk
Sosialisasi
a.
Sosialisasi Primer
Sosialisdasi primer merupakan sosialisasi pertama yang
dialami individu sewaktu kecil. Pada tahap ini anak mulai mengenal keluarga-nya
dan berlangsung sebelum anak memasuki lingkungan yang lebih luas.
b.
Sosialisasi Sekender
Sosialisasi sekender merupakan tahapan lanjutan setelah
sosialisasi primer.
·
Pembentukan Kepribadian
·
Pengertian kepribadian
·
Merupakan organisasi sikap yang
dimiliki seseorang sebagai latar
belakang dari perilakunya.
Faktor-faktor
Pembentuk Kepribadian
a. Faktor pembawaan
b. Faktor lingkungan fisik
c. Faktor kelompok
d. Faktor kebudayaan khusus
e. Faktor pengalaman yang unik
C. Metode
Pembelajaran
a. Pendekatan Cooperatif
Learning
b. Metode/model Pembelajaran Jig Saw
c. Teknik Diskusi dan Representasi
D. Langkah-langkah
Pembelajaran /Proses pembelajaran
TAHAP KEGIATAN
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
Karakter
|
TAHAP AWAL
|
Pendahuluan
:
·
Memberikan
penjelasan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar Indikator dan Tujuan
Pembelajaran
·
Memberikan
pretest kepada siswa tentang pengertian sosialisasi
|
5
|
Personal dan akademik
|
TAHAP INTI
|
1). Ek splorasi
Guru menjelaskan kembali secara
singkat tentang proses pembentukan kepribadian
2). Elaborasi
Guru menyampaikan aturan
permainan model Pembelajaran Jig Saw.
Langkah-langkah model Jigsaw II
1.Membentuk
kelompok yang anggotanya 4orang secaraheterogen (campuran menurut prestasi,
jenis kelamin)
2. Tiap
siswa dalam tim diberi materi yang sama
3. Tiap
siswa dalam tim diberi materi yang berbeda yaitu
a.
Jelaskan
pengertian dari interaksi sosial itu dan beri
contohnya.
b.
Sebutkan
ciri-ciri dari interaksi social
c.
Sebutkan
faktor-faktor yang melandasi terbentuknya interaksi sosial
d.
Menyebutkan
syarat-syarat terjadinya interaksi sosial
4. Anggota
dari tim yang berbeda yang telah mempelajari
materi yang sama bertemu dalam
kelompok baru (kelompok ahli)
5. Setelah
selesai diskusi sebagaian tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan
bergantian menginformasikan materi yang mereka kuasai
6. tim ahli
mempresentasikan hasil diskusi
7. Guru dan
siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
3) Konfirmasi
1.
Guru
memberikan klarifikasi.
2.
Guru
meminta beberapa siswa untuk memberikan penilaian terhadap hasil diskusi
|
30
|
Personal dan akademik
|
TAHAP AKHIR
|
·
Memberikan
pekerjaan rumah
·
Guru
mengucapkan salam kepada siswa sebelum meninggalkan kelas
|
10
|
Personal dan akademik
|
E . Media dan Sumber Belajar
1. Sumber Belajar :
Media massa, lingkungan,masyarakat
2. Bahan :
Buku referensi
·
LKS
IPS Mentari
·
Modul
IPS MGMP Jawa Tengah
·
Buku
IPS SMK Nur Wahyu Rohmadi
3. Media :
LCD, Laptop
F. Penilaian
a. Test Tulis
b. Lembar
Pengamatan
Bentuk soal :
1.
Apa pengertian sosialisasi ?
2.
Sebutkan media sosialisasi !
Score Nilai
:
Kriteria Nilai
|
Bobot Nilai
|
-
Jika
jawaban benar sempurna
|
10
|
` -
Jika Jawaban benar kurang sempurna
|
8
|
-
Jika
jawaban tidak sempurna
|
5
|
-
Jika
jawaban salah
|
2
|
-
Jika
tidak menjawab
|
0
|
Lembar Pengamatan :
No
|
Nama Siswa
|
Perilaku
|
Nilai
|
Ket
|
||||
Kerjasama
|
Inisiatif
|
Keaktifan
|
Sikap pribadi
|
Keberanian
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai
Nilai rata-rata Kerjasama
keaktifan, Inisiatif, Sikap
priabdi, Keberanian
Kriteria:
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = Baik sekali
Kriteria penilai, jika rata-rata =
1 – 2,25 = kurang
2,6 – 3,25 = Cukup
3,26 –4= Baik sekali
1 – 2,25 = kurang
2,6 – 3,25 = Cukup
3,26 –4= Baik sekali
Mengetahui
Kepala SMK Pancasila 10 Wuryantoro Guru Mata Diklat IPS
Drs.Sunowo Gito Wahono Utomo Setiyawan , S.Pd
NIP. NUPTK.
No comments:
Post a Comment