Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP
)
Mata Pelajaran
|
:
|
IPS
|
Kelas / Semester
|
:
|
X/1
|
Pertemuan ke
|
:
|
3
|
Alokasi waktu
|
:
|
1 X 45 menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami kehidupan sosial manusia
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengindentifikasi bentuk-bentuk interaksi social
|
|
:
|
1. Interaksi
primer diindentifikasi berdasarkan fenomena social di lingkungan sekitar
|
|
:
|
2. Interaksi
sekunder diindentifikasi berdasarkan fenomena social di lingkungan sekitar
|
A.
Tujuan
Pembelajaran
·
Pada akhir pelajaran siswa dapat
menjelaskan pengertian interaksi primer
·
Pada akhir pelajaran siswa dapat
menyebutkan pengertian interaksi sekunder
B.
Materi
ajar
1. Bentuk-bentuk interaksi sosial
2. Interaksi primer
3. Interaksi sekender
1. Bentuk-bentuk interaksi sosial
2. Interaksi primer
3. Interaksi sekender
Uraian Materi
a.
Bentuk-bentuk interaksi sosial
b.
Bentuk-bentuk interaksi sosial ada
tiga yaitu :
1. Interaksi antara individu dan
individu
yaitu individu yang satu memberikan pengaruh, rangsangan, atau stimulus kepada individu
lainnya. sebaliknya individu yang terkena pengaruh itu akan memberikan reaksi tanggapan
atau respons, bentunya bisa berjabat tangan, saling menegur, bercakap-cakap bahkan
bertengkar.
yaitu individu yang satu memberikan pengaruh, rangsangan, atau stimulus kepada individu
lainnya. sebaliknya individu yang terkena pengaruh itu akan memberikan reaksi tanggapan
atau respons, bentunya bisa berjabat tangan, saling menegur, bercakap-cakap bahkan
bertengkar.
2. Interaksi antar individu dan
kelompok
Secara kongkret bentuk interaksi sosial antara individu dengan kelompok bisa dilihat pada
contoh berikut :
Seorang guru yang sedang mengajari siswa-siswanya dalam kelas, atau seorang orator yang
sedang berpidato di depan orang banyak.
Secara kongkret bentuk interaksi sosial antara individu dengan kelompok bisa dilihat pada
contoh berikut :
Seorang guru yang sedang mengajari siswa-siswanya dalam kelas, atau seorang orator yang
sedang berpidato di depan orang banyak.
3. Interaksi antara kelompok dan
kelompok
Bentuk interaksi seperti ini menunjukkan bahwa kepentingan individu dalam kelompok merupakan satu-kesatuan, berhubungan dengan kepentingan individu dengan kelompok lain.
Bentuk interaksi seperti ini menunjukkan bahwa kepentingan individu dalam kelompok merupakan satu-kesatuan, berhubungan dengan kepentingan individu dengan kelompok lain.
Contohnya, satu kesebelasan sepak bola bertanding dengan
kesebelasan lainnya.
·
Interaksi Primer
Interaksi primer terjadi apabila
seseorang mengadakan hubungan secara langsung bertemu atau bertatap muka,
berjabat tangan, saling senyum dan lainnya
·
Interaksi Sekunder
Interaksi sekunder terjadi memerlukan suatu perantara
Misalnya Yudi berkata kepada Yuni bahwa Budi sangat mengagumi gaya permainan Yuni ketika bertanding basket. Di sini telah terjadi interaksi walaupun yuni tidak bertemu langsung dengan Budi
Misalnya Yudi berkata kepada Yuni bahwa Budi sangat mengagumi gaya permainan Yuni ketika bertanding basket. Di sini telah terjadi interaksi walaupun yuni tidak bertemu langsung dengan Budi
C.. Metode Pembelajaran
a. Pendekatan Cooperatif Learning
b. Ceramah bervariasi
c. Teknik Diskusi dan Representasi
D.
Proses Pembelajaran
TAHAPAN KEGIATAN
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
Karakter
|
TAHAP AWAL
|
· Memberikan penjelasan Setandar Kompetensi,
Dasar Indikator dan Tujuan
Pembelajaran
· Memberikan pretest kepada siswa tentang pengertian proses
pembentukan kepribadian
· Siswa membaca modul
|
5
|
Personal dan akademik
|
TAHAP INTI
|
1.
Siswa
mencatat hal-hal yang penting dalam modul
2.
Menanyakan
hal-hal yang kurang di pahami
3.
Guru
bertanya kepada siswa
4.
Tanya
jawab guru dengan kelompok secara insentif
5.
Mengerjakan
Pre test
6.
Menyimpulkan
hasil pembelajaran
|
30
|
Personal dan akademik
|
TAHAP AKHIR
|
· Memberikan pekerjaan rumah
· Remidial
· Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum meninggalkan
kelas
|
10
|
Personal dan akademik
|
E . Media dan Sumber Belajar
1.
Sumber
Belajar : Media
massa, lingkungan,masyarakat
2.
Bahan : Buku referensi
·
LKS
IPS Mentari
·
Modul
IPS MGMP Jawa Tengah
·
Buku
IPS SMK Nur Wahyu Rohmadi
3.
Media : LCD, Laptop
F. Penilaian
a.Teknik
b. Test Tulis
c. Lembar Pengamatan
No
|
Nama
|
Perilaku
|
Nilai
|
Ket
|
||||
Kerjasama
|
keaktifan
|
Inisiatif
|
Sikap pribadi
|
Keberanian
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai
Nilai rata-rata Kerjasama
keaktifan, Inisiatif, Sikap
priabdi, Keberanian
Kriteria: 1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = Baik sekali
Nilai Pilihan Ganda 1 soal nilai 2
Alat Penilaian
Soal Tes Tulis.
: Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban
yang paling tepat
1. Proses
pembelajaran seorang individu tantang nilai-nilai dalammasyarakat, sehingga terbentuksuatu
sikap dan perilaku yang sesuai dengan perilaku masyarakat dikenal dengan
istilah
a. interaksi social d.
pembentukan kepribadian
b. sosialisasi e.
pembelajaran
c. pemberdayaan
2. Pilihlah pernyataan yang paling
benar diantara pernyataan –pernyataan di
bawah ini ...
a. Proses sosialisasi dan enkulturasi akan berhenti saat seseorang
berusia lanjut
b. norma-norma dan nilai-nilai
sosial yang berlaku dalam suatu
masyarakat disosialisasikan saat seorang anak memasuki masa remaja
c. pembentukan kepribadian tidak dipengaruhi oleh keadaan fisik seseorang
d. proses enkulturasi tidak begitu berperan penting dalam pelestarian kebudayaan nasional
c. pembentukan kepribadian tidak dipengaruhi oleh keadaan fisik seseorang
d. proses enkulturasi tidak begitu berperan penting dalam pelestarian kebudayaan nasional
e. kepribadian seseorang akan berkembang jika ia berinteraksi dengan
orang lain
3. Salah satu kebijaksanaan orang tua yang paling baik dalam
proses sosialisasi pada anak-anak ,adalah
a.menekan anak dalam pendidikan
b.membelikan handphon kepada anak agar mudah dikontrol
c.mengendalikan anak secara wajar
d.memaksa anak selalu berprestasi
e.menyewa pramuwisma untuk mengganti orang tua yang sibuk
a.menekan anak dalam pendidikan
b.membelikan handphon kepada anak agar mudah dikontrol
c.mengendalikan anak secara wajar
d.memaksa anak selalu berprestasi
e.menyewa pramuwisma untuk mengganti orang tua yang sibuk
4.Setiap kali naik kelas, Iwan
selalu diberi hadiah oleh ayahnya agar ia termotivasi untuk belajar lebih giat.
Tindakan ayah Iwan tersebut tergolong sebagai jenis pola sosialisasi ….
a. keluarga d. psikologi
a. keluarga d. psikologi
b. represi e.
Partisipasi
c. pendidikan
5. Keterlibatan para remaja dalam
kasus narkotika dan obat-obat terlarang lebih disebabkan oleh pengaruh
sosialisasi dari luar lingkungan keluarga yaitu.......
a. sosialisasi sekolah
b sosialisasi lingkungan kerja
c.
sosialisasi media masa
d.
Sosialisasi lingkungan pergaulan
e.
Sosialisasi kekerabatan
Wonogiri, Juli 2016
Mengetahui
Kepala SMK Pancasila 10 Wuryantoro Guru Mata Diklat IPS
Drs.Sunowo Gito Wahono Utomo
Setiyawan , S.Pd
NIP. NUPTK.
No comments:
Post a Comment