Monday 23 January 2017

RPP IPS SMK Kelas X.1 Pertemuan 3



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
                                                         ( RPP )
Mata Pelajaran
:
IPS
Kelas / Semester
:
X/1
Pertemuan ke
:
3
Alokasi waktu
:
1 X 45 menit
Standar Kompetensi
:
Memahami kehidupan sosial manusia
Kompetensi Dasar
:
Mengindentifikasi bentuk-bentuk interaksi social

:
1.       Interaksi primer diindentifikasi berdasarkan fenomena social di lingkungan sekitar

:
2.       Interaksi sekunder diindentifikasi berdasarkan fenomena social di lingkungan sekitar

A.        Tujuan Pembelajaran
·         Pada akhir pelajaran siswa dapat menjelaskan pengertian  interaksi primer
·         Pada akhir pelajaran siswa dapat menyebutkan pengertian interaksi sekunder

B.        Materi ajar
1. Bentuk-bentuk interaksi sosial
2. Interaksi primer
3. Interaksi sekender

Uraian Materi
a.    Bentuk-bentuk interaksi sosial
b.   Bentuk-bentuk interaksi sosial ada tiga yaitu :
1. Interaksi antara individu dan individu
yaitu individu yang satu memberikan pengaruh, rangsangan, atau stimulus kepada individu
lainnya. sebaliknya individu yang terkena pengaruh itu akan memberikan reaksi tanggapan
atau respons, bentunya bisa berjabat tangan, saling menegur, bercakap-cakap bahkan
bertengkar.
2. Interaksi antar individu dan kelompok
Secara kongkret bentuk interaksi sosial antara individu dengan kelompok bisa dilihat pada
contoh berikut :
Seorang guru yang sedang mengajari siswa-siswanya dalam kelas, atau seorang orator yang
sedang berpidato di depan orang banyak.
3. Interaksi antara kelompok dan kelompok
Bentuk interaksi seperti ini menunjukkan bahwa kepentingan individu dalam kelompok  merupakan satu-kesatuan, berhubungan dengan kepentingan individu dengan kelompok lain.
Contohnya, satu kesebelasan sepak bola bertanding dengan kesebelasan lainnya.
·         Interaksi Primer
Interaksi primer terjadi apabila seseorang mengadakan hubungan secara langsung bertemu atau bertatap muka, berjabat tangan, saling senyum dan lainnya
·         Interaksi Sekunder
Interaksi sekunder terjadi memerlukan suatu perantara
Misalnya Yudi berkata kepada Yuni bahwa Budi sangat mengagumi gaya permainan Yuni ketika bertanding basket. Di sini telah terjadi interaksi walaupun yuni tidak bertemu langsung dengan Budi
C.. Metode Pembelajaran
a. Pendekatan Cooperatif Learning
b. Ceramah bervariasi
c. Teknik Diskusi dan Representasi
D.       Proses Pembelajaran
TAHAPAN KEGIATAN
KEGIATAN
WAKTU
  Karakter
TAHAP AWAL
·   Memberikan penjelasan Setandar Kompetensi,
Dasar Indikator dan Tujuan Pembelajaran
·   Memberikan pretest kepada siswa tentang pengertian proses pembentukan kepribadian
·   Siswa membaca modul
5
Personal dan akademik
TAHAP INTI
1.      Siswa mencatat hal-hal yang penting dalam modul
2.      Menanyakan hal-hal yang kurang di pahami
3.      Guru bertanya kepada siswa
4.      Tanya jawab guru dengan kelompok secara insentif
5.      Mengerjakan Pre test
6.      Menyimpulkan hasil pembelajaran
30
Personal dan akademik
TAHAP AKHIR
·      Memberikan pekerjaan rumah
·      Remidial
·      Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum meninggalkan kelas
10
Personal dan akademik

E . Media dan Sumber Belajar
1.      Sumber Belajar                        : Media massa, lingkungan,masyarakat
2.      Bahan                          : Buku referensi
·         LKS IPS Mentari
·         Modul IPS MGMP Jawa Tengah
·         Buku IPS SMK Nur Wahyu Rohmadi
3.      Media                          : LCD, Laptop
F.  Penilaian
a.Teknik
b. Test Tulis
c. Lembar Pengamatan

No

Nama
Perilaku

Nilai

Ket
Kerjasama
keaktifan
Inisiatif
Sikap pribadi
Keberanian



















Aspek yang dinilai
Nilai rata-rata Kerjasama keaktifan, Inisiatif,  Sikap priabdi,  Keberanian
Kriteria:           1 = kurang
 2 = cukup
 3 = baik
 4 = Baik sekali
Nilai Pilihan Ganda 1 soal nilai 2

      Alat Penilaian
      Soal Tes Tulis. : Pilihan Ganda
      Pilihlah jawaban yang paling tepat


  1. Proses pembelajaran seorang individu tantang nilai-nilai dalammasyarakat, sehingga terbentuksuatu sikap dan perilaku yang sesuai dengan perilaku masyarakat dikenal dengan istilah 
        a. interaksi social                                            d. pembentukan kepribadian
b. sosialisasi                                                    e. pembelajaran
c. pemberdayaan
2. Pilihlah pernyataan yang paling benar diantara pernyataan –pernyataan di  bawah ini ...                   
     a. Proses sosialisasi dan enkulturasi akan berhenti saat seseorang berusia lanjut
     b. norma-norma dan nilai-nilai sosial yang berlaku  dalam  suatu  masyarakat disosialisasikan saat seorang anak memasuki masa remaja
c. pembentukan kepribadian tidak dipengaruhi oleh keadaan fisik seseorang
d. proses enkulturasi tidak begitu berperan penting dalam pelestarian kebudayaan nasional 
     e. kepribadian seseorang akan berkembang jika ia berinteraksi dengan orang lain
3. Salah satu kebijaksanaan orang tua yang paling baik dalam proses sosialisasi pada anak-anak ,adalah
a.menekan anak dalam pendidikan
b.membelikan handphon kepada anak agar mudah dikontrol
c.mengendalikan anak secara wajar
d.memaksa anak selalu berprestasi
e.menyewa pramuwisma untuk mengganti orang tua yang sibuk
4.Setiap kali naik kelas, Iwan selalu diberi hadiah oleh ayahnya agar ia termotivasi untuk belajar lebih giat. Tindakan ayah Iwan tersebut tergolong sebagai jenis pola sosialisasi ….
a.  keluarga                              d. psikologi                                                         
     b. represi                                 e. Partisipasi                                                    
     c. pendidikan
5. Keterlibatan para remaja dalam kasus narkotika dan obat-obat terlarang lebih disebabkan oleh pengaruh sosialisasi dari luar lingkungan keluarga yaitu.......                     
     a. sosialisasi sekolah                                                
     b sosialisasi lingkungan kerja                                          
     c. sosialisasi media masa 
    d. Sosialisasi lingkungan pergaulan           
    e. Sosialisasi kekerabatan     

                                                                                                Wonogiri,        Juli 2016

Mengetahui
Kepala SMK Pancasila 10 Wuryantoro                                  Guru Mata Diklat IPS




Drs.Sunowo Gito Wahono                                                     Utomo Setiyawan , S.Pd
NIP.                                                                                      NUPTK.

No comments:

Post a Comment