Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Mata Pelajaran
|
:
|
IPS
|
Kelas / Semester
|
:
|
X/1
|
Pertemuan ke
|
:
|
1
|
Alokasi waktu
|
:
|
1 X 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
Memahami kehidupan sosial manusia
|
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi interaksi sebagai proses social
|
Indikator
|
:
|
1.
Interaksi
sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
|
:
|
2.
Proses sosial dijelaskan berdasarkan Pengertiannya
|
|
:
|
3.
Interaksi
social diidentifikasi menurut
syarat- syaratnya
|
A.Tujuan Pembelajaran
·
Pada akhir pelajaran siswa dapat
menjelaskan pengertian interaksi social
·
Pada akhir pelajaran siswa dapat
menjelaskan pengertian proses social
·
Pada akhir pelajaran siswa dapat
menyebutkan syarat-syarat interaksi sosial
B. Materi ajar
·
Interaksi sosial dijelaskan
berdasarkan pengertiannya
·
Proses sosial dijelaskan berdasarkan
pengertinnya
·
Interaksi sosial diidentifikasi
menurut syarat-syaratnya
Uraian Materi
1.
Pengertian Interaksi Sosial
Interaksi
sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau
kelompok dengan kelompok dalam masyarakat.
Ciri-ciri interaksi sosial
a. Jumlah pelakuknya lebih dari satu orang
b. Terjadinya komunikasi di antara pelaku melalui kontak sosial
c. Mempunyai tujuan yang jelas
d. Dilaksanakan melalui suatu pola sistem sosial tertentu
2.
Pengertian Proses Sosial
Proses sosial merupakan pengaruh timbal balik antara berbagai segi
kehidupan bersama.
3.
Syarat – syarat dan Bentuk-bentuk Interaksi Sosial
Syarat
terjadinya interaksi sosial
a.
Adanya tindakan social
Tindakan
yang diambil oleh individu –individu atau orang perorang dengan suatu kelompok,
atau suatu kelompok dengan kelompok lain yang saling mempengaruhi
b.
Adanya kontak social
Hubungan
antara satu pihak dengan pihak lain yang merupakan awal terjadinya interaksi
sosial dan masing-masing pihak saling bereaksi meski tidak bersentuhan secara
fisik.
c.
Adanya komunikasi social
Komunikasi
berasal dari bahasa Latincom m unicar e yang berarti berhubungan. Jadi secara
harfiah komunikasi bedrarti berhubungan atau bergaul dengan orang lain. Pada
kontak sosial pengertiannya lebih ditekankan kepada orang atau kelompok yang
berinteraksi, sedang komunikasi lebih ditekankan pada bagaimana pesanya itu
diproses.
Bentuk-Bentuk
interaksi sosial
1. Interaksi
antara individu dengan individu
2. Interaksi
antara individu dengan kelompok
3. Interaksi
antara kelompok dengan kelompok
Faktor-faktor
pendorong interaksi sosial
a.
Imitasi adalah proses sosial atau
tindakan seseorang untuk meniru orang lain melalui sikap,penampilan, atau gaya
hidup, bahkan apa saja yang dimiliki orang lain.
b.
Identifikasi adalah upaya yang
dilakukan oleh seseorang individu untuk menjadi sama (identik) dengan individu
yang ditirunya.
c.
Sugesti adalah rangsangan, pengarah
atau stimulus yang diberikan oleh seseorang individu kepada individu lainnya,
sehingga orang yang diberi sugesti melaksanakan apa yang disugestikannya tanpa
berfikir lagi secara kritis dan rasional.
d.
Motivasi adalah dorongan,
rangsangan, pengaruh, atau stimulus yang diberikan oleh seseorang individu kepada
individu lainnya sedemikian rupa, sehingga orang yang diberi motivasi tersebut
menuruti apa yang dimotivasikan secara kritis, rasional, dan penuh rasa
tanggung jawab.
e.
Simpati adalah suatu proses kejiwaan
di mana seorang individu merasa tertarik kepada seseorang atau sekelompok
orang, karena sikapnya, penampilannya, wibawanya, atau perbuatannya.
f.
Empati adalah mirip perasaan
simpati, akan tetapi tidak semata-mata perasaan kejiwaan saja. Empati dibarengi
perasaan organisma tubuh yang sangat intens/dalam
C. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Cooperatif Learning
2.
Ceramah
D. Langkah-langkah Pembelajaran /Proses pembelajaran
TAHAP KEGIATAN
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
Karakter
|
TAHAP AWAL
|
Pendahuluan :
· Apersepsi
Mempersiapkan
kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas, dan lain-lain)
· Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
· Memberikan
informasi tentang kompetensi yang akan dicapai. Memberikan penjelasan Standar Kompetensi,
Kompetensi Dasar Indikator dan Tujuan Pembelajaran.
· Memberikan
pretest kepada siswa tentang pengertian Interaksi social
|
5
|
Personal dan akademik
|
TAHAP INTI
|
1). Eksplorasi
1.
Menjelaskan tentang konsep-konsep dasar interaksi
sosial, definisi interaksi sosial, sejarah perkembangan interaksi sosial,
manfaat mempelajari interaksi sosial, fungsi, tujuan, dan hakikat interaksi
sosial, orientasi interaksi sosial, dan interaksi sosial sebagai metode
dengan pola interaksi dan membangun pengetahuan
2.
Siswa :Menyimak
dan memperhatikan penjelasan guru serta aktif dalam diskusi dan tanya jawab
2). Elaborasi
Guru menyampaikan materi
1.
Jelaskan
pengertian dari interaksi sosial itu dan beri
contohnya.
2.
Sebutkan
ciri-ciri dari interaksi social
3.
Sebutkan
faktor-faktor yang melandasiTerbentuknya interaksi sosial
4.
Menyebutkan
syarat-syarat terjadinya interaksi sosial
3) Konfirmasi
1.
Guru
memberikan klarifikasi.
2.
Guru
meminta beberapa siswa untuk memberikan penilaian terhadap hasil diskusi
|
30
|
Personal dan akademik
|
TAHAP AKHIR
|
Penutup :
·
Bersama siswa, guru menyimpulkan materi
pembelajaran yang telah dilakukan.
·
Memberikan pekerjaan rumah
·
Tes lisan
|
10
|
Personal dan akademik
|
E . Media dan Sumber
Belajar
1.
Sumber
Belajar : Media massa,
lingkungan,masyarakat
2.
Bahan : Buku referensi
·
LKS
IPS Mentari
·
Modul
IPS MGMP Jawa Tengah
·
Buku
IPS SMK Nur Wahyu Rohmadi
3.
Media : LCD, Laptop
F. Penilaian
a. Test Tulis
b. Lembar Pengamatan
Alat Penilaian
Soal Tes Tulis.
Pilihlah satu jawaban yang paling
tepat
1.
Sebutkan contoh tindakan social yang
kamu ketahui……….
2.
Suatu perbuatan atau aktivitas
manusia yang sudah dinyatakan pada orang lain atau dipengaruhi orang lain disebut
:
3.
Kebutuhan seorang pelajar yang
termasuk dalam kebutuhan sosial,adalah….
4.
Syarat-syarat terjadinya interaksi
social yang paling tepat di bawah ini adalah Contoh-contoh dari interaksi
sosial
Kunci jawaban :
1.Tindakan social
:
a. seorang siswa mengirim surat
kepada gurunya
b. pedagang kaki lima menjajakan dagangannya pada seseorang
b. pedagang kaki lima menjajakan dagangannya pada seseorang
c. Seorang pengamen bernyanyi di
depan penumpang bis
d. Ibu guru menghukum seorang siswa yang nakal
d. Ibu guru menghukum seorang siswa yang nakal
2. tindakan
social
3.pendidkan,
pergaulan dan kegiatan bersama
4. adanya
kontak social dan komunikasi social
Score nilai
Kriteria Nilai
|
Bobot Nilai
|
-
Jika
jawaban benar sempurna
|
10
|
` - Jika Jawaban benar kurang sempurna
|
8
|
-
Jika
jawaban tidak sempurna
|
5
|
-
Jika
jawaban salah
|
2
|
-
Jika
tidak menjawab
|
0
|
Lembar Pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Perilaku
|
Nilai
|
Ket
|
||||
Bekerjasama
|
Penuh inisiatif
|
Keaktifan
|
Sikap Pribadi
|
Keberanian
|
||||
1
|
||||||||
2
|
Aspek yang dinilai
Nilai rata-rata Kerjasama
keaktifan, Inisiatif, Sikap
priabdi, Keberanian
Kriteria: 1 = kurang 3 = baik
2 = cukup 4
= Baik sekali
Kriteria penilai, jika rata-rata =
1 – 2,25 = kurang
2,6 – 3,25 = Cukup
3,26 –4 = Baik sekali
1 – 2,25 = kurang
2,6 – 3,25 = Cukup
3,26 –4 = Baik sekali
Wonogiri, Juli 2016
Mengetahui
Kepala SMK Pancasila 10 Wuryantoro Guru Mata Diklat IPS
Drs.Sunowo Gito Wahono Utomo
Setiyawan , S.Pd
NIP. NUPTK
No comments:
Post a Comment