REMEDIAL TAHUN DIKLAT 2013 /2014
MATA PELAJARAN :
IPS
KELAS/SEMESTER :
X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Pemahaman Kehidupan Sosial manusia
KOMPETENSI DASAR : 1.1.
Mengindentifikasi Sosial sebagai
proses Sosial
1.2. Mendiskripsikan
sosialisasi sebagai proses
pembentukan kepribadian
1.3.
Mengindentifikasi bentuk-bentuk
interaksi social
SOAL-SOAL
1. Hidup bersama antara sesama
manusia sangat diperlukan karena….
a. manusia punya keterbatasan dan naluri untuk bergaul
b. masyarakat adalah kumpulan manusia
c. manusia selalu ingin bergaul
d. manusia memerlukan kasih sayang
e. masyarakat adalah makhluk yang berbudaya
a. manusia punya keterbatasan dan naluri untuk bergaul
b. masyarakat adalah kumpulan manusia
c. manusia selalu ingin bergaul
d. manusia memerlukan kasih sayang
e. masyarakat adalah makhluk yang berbudaya
2. Perhatikan pernyataan berikut ini
1.
terjadinya
kerjasama yang kuat
2.
adanya
komunikasi antar pelaku
3.
jumlah pelakunyalebih
dari seorang
4.
mempunyai
karakteristik tertentu
5. harus ada tujuan yang jelas
Ciri interaksi sosial pada pernyataan diatas adalah….
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 2 dan 4
c. 2, 3 dan 4
d. 2, 3 dan 5
e. 3, 4 dan 5
3.
Salah
satu faktor yang mempengaruhi interaksi sosial adalah sugesti. Sugesti adalah….
a. mengikuti pihak lain tanpa alasan rasional
b. melakukan perbuatannya seperti orang lain
c. merasakan apa yang dirasakan orang lain
d. melakukan perbuatan tanpa memperhatikan keberadaan orang lain
e. meniru perbuatan orang lain dengan berbagai perubahan
a. mengikuti pihak lain tanpa alasan rasional
b. melakukan perbuatannya seperti orang lain
c. merasakan apa yang dirasakan orang lain
d. melakukan perbuatan tanpa memperhatikan keberadaan orang lain
e. meniru perbuatan orang lain dengan berbagai perubahan
4.
Interaksi
sosial dapat berlangsung apabila memenuhi dua syarat yakni....
a. imitasi dan kontak sosial
b. kontak sosial dan komunikasi
c. sugesti dan empati
d. simpati dan motivasi
e. identifikasi dan empati
a. imitasi dan kontak sosial
b. kontak sosial dan komunikasi
c. sugesti dan empati
d. simpati dan motivasi
e. identifikasi dan empati
5. Seseorang mengadakan hubungan
langsung dengan bertatap muka, maka orang tersebut telah melakukan....
a. kontak
b. interaksi sosial
c. kontak primer
d. kontak sekunder
e. komunikasi
a. kontak
b. interaksi sosial
c. kontak primer
d. kontak sekunder
e. komunikasi
6.
Kontak
sekunder atau kontak tidak langsung terjadi apabila....
a. masing-masing pihak melalui perantara sebagai media
b. kedua belah pihak bertatap mata dan berjabat tangan
c. kontak antara guru dan alumni
d. kontak antara ayah dan anaknya
e. antar perusahaan melakukan hubungan bisnis
a. masing-masing pihak melalui perantara sebagai media
b. kedua belah pihak bertatap mata dan berjabat tangan
c. kontak antara guru dan alumni
d. kontak antara ayah dan anaknya
e. antar perusahaan melakukan hubungan bisnis
7. Sesuatu yang dianggap baik, buruk, pantas, berharga, dan berguna oleh seseorang
dinamakan….
a.
moral
b. norma
c. nilai
d. kebiasaan
e. hobi
b. norma
c. nilai
d. kebiasaan
e. hobi
8. Merupakan peraturan sosial yang berpangkal
pada aturan tingkah laku yang berlaku di masyarakat. Norma ini berkenaan dengan
bagaimana seseorang bertingkah laku wajar dalam kehidupan masyarakat disebut….
a. Norma kebiasaan
b. Norma hukum
c. Norma agama
d. Norma kesusilaan
e. Norma kesopanan
a. Norma kebiasaan
b. Norma hukum
c. Norma agama
d. Norma kesusilaan
e. Norma kesopanan
9. Proses
seumur hidup dimana seseorang mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang
meliputi cara-cara hidup, nilai-nilai
dan norma-norma sosial yang terdapat dalam masyarakat agar dapat diterima oleh
masyarakatnya disebut….
a. sosialisasi
b. mores
c. kebiasaan
d. habit
e. usage
a. sosialisasi
b. mores
c. kebiasaan
d. habit
e. usage
10. Dibawah ini
merupakan media sosialisasi, kecuali….
a. lingkungan kerja
b. media massa
c. keluarga
d. sekolah
e. kelompok mores
a. lingkungan kerja
b. media massa
c. keluarga
d. sekolah
e. kelompok mores
11. Proses sosial yang mengindikasikan adanya gerakan
pendekatan atau penyatuan disebut ….
a. kerjasama
b. akomodasi
c. kontravensi
d. asosiatif
e. disosiatif
a. kerjasama
b. akomodasi
c. kontravensi
d. asosiatif
e. disosiatif
12. Usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok
untuk mencapai tujuan bersama disebut….
a. akomodasi
b. akulturasi
c. asimilasi
d. persaimngan
e. kerjasama
a. akomodasi
b. akulturasi
c. asimilasi
d. persaimngan
e. kerjasama
13. Kerjasama atas dasar syarat-syarat ketetapan yang
disepakati bersama disebut….
a. kerjasama spontan
b. kerjasama langsung
c. kerjasama kontrak
d. kerjasama tradisional
e. kerjasama konstruktif
a. kerjasama spontan
b. kerjasama langsung
c. kerjasama kontrak
d. kerjasama tradisional
e. kerjasama konstruktif
14. Usaha bersama untuk mengusahakan suatu kegiatan
demi keuntungan bersama yang kelak akan dibagi secara separo/setengah disebut….
a. kooptasi (coopttition)
b. bargaining/tawar menawar
c. joint-venture/patungan
d. coalition/koalisi
e. kerukunan
a. kooptasi (coopttition)
b. bargaining/tawar menawar
c. joint-venture/patungan
d. coalition/koalisi
e. kerukunan
15. Dibawah ini adalah faktor-faktor yang mempermudah
asimilasi kecuali….
a. toleransi
b. seimbang dalam ekonomi
c. terbuka
d. memandang rendah budaya lain
e. adanya musuh bersama dari luar
a. toleransi
b. seimbang dalam ekonomi
c. terbuka
d. memandang rendah budaya lain
e. adanya musuh bersama dari luar
16. Kebudayaan baru relatif mudah diterima apabila
disebabkan faktor dibawah ini kecuali ….
a. memberikan manfaat
b. bersifat kebendaan
c. memberikan kerugian bagi budaya lama
d. kesiapan pengetahuan dan ketrampilan
e. tidak terdapat hambatan geografis
a. memberikan manfaat
b. bersifat kebendaan
c. memberikan kerugian bagi budaya lama
d. kesiapan pengetahuan dan ketrampilan
e. tidak terdapat hambatan geografis
17. Proses sosial yang disebut pula oposisi sebagai cara berjuang melawan seseorang atau
kelompok
orang untuk mencapai tujuan tertentu disebut….
a. kerjasama
b. akomodasi
c. kontravensi
d. asosiatif
e. disosiatif
a. kerjasama
b. akomodasi
c. kontravensi
d. asosiatif
e. disosiatif
18. Proses sosial dimana dimana individu atau
kelompok manusia yang bersaing mencari
keuntungan melalui bidang-bidang kejidupan
tertentu….
a. persaingan
b. pertentangan
c. kontravensi
d. akomodasi
e. asimilasi
a. persaingan
b. pertentangan
c. kontravensi
d. akomodasi
e. asimilasi
19. Sikap mental yang tersembunyi terhadap orang
lain atau terhadap unsur-unsur kebudayaan suatu golongan tertentu yang ditandai
perasaan tidak senang, kebencian, keraguan terhadap sikap dan kepribadian
seseorang tetapi tidak diutarakan secara terang-terangan….
20. Suatu proses sosial dimana individu atau kelompok berusaha memenuhi tujuan dengan jalan menantang pihak lawan dengan ancaman atau kekerasan….
20. Suatu proses sosial dimana individu atau kelompok berusaha memenuhi tujuan dengan jalan menantang pihak lawan dengan ancaman atau kekerasan….
21. Sejalan dengan penjelajahan samudra yang dilakukan oleh bangsa bangsa Eropa juga berlangsung imperialisme kuno yang menonjolkan aspek-aspek berikut ….
a. agama, politik, sosial, dan budaya
b. perdagangan, sosial, dan budaya
c. agama, kekayaan, dan kejayaan
d. ekonomi, agama, dan politik
e. sosial, budaya dan agama
22. Perlombaan mencari tanah jajahan oleh negara-negara Eropa Barat yang meningkat pada abad XIX merupakan dampak dari ….
a. perkembangan pemikiran pada abad XVII dan XVIII
b. revolusi Prancis pada akhir abad XVII
c. dari makin tingginya permintaan akan rempah-rempah
d. banyaknya perusahaan-perusahaan pelayaran di Eropa Barat
e. penemuan-penemuan baru dalam bidang teknologi pada abad XVII dan XVIII
23. Orang Portugis yang berhasil menguasai Malaka pada tahun 1511 adalah....
a. Alfonso d Albuquerque
b. Bartholomeus Dia
c. Vasco da Gama
d. Columbus
e. Magelhaens
24. Bangsa Barat yang pertama kali berhasil mencapai Maluku ialah ....
a. Spanyol
b. Portugis
c. Inggris
d. Belanda
e. Prancis
25. Sebab utama bangsa Belanda di Indonesia adalah….
a. jatuhnya kota Konstantinopel
b. masuknya paham merkantilisme
c. jatuhnya kota Lisabon ke tangan Spanyol
d. adanya Perang Salib
e. terjadinya Revolusi Prancis
26. Berikut beberapa Hak Octrooi yang memberi kekuasaan besar bagi Belanda kecuali ....
a. hak monopoli perdagangan
b. hak melakukan pungutan pajak
c. hak memiliki angkatan perang sendiri
d. hak mengadakan perjanjian
e. hak menguasai Indonesia
27. Keberadaan VOC di Indonesia menimbulkan reaksi dan perlawanan rakyat di berbagai daerah sebab ....
a. VOC menjalankan politik tanam paksa
b. VOC menarik pajak terlalu tinggi
c. VOC memiliki hak oktrooi
d. VOC menjalankan sistem monopoli dalam perdagangan
e. VOC berhak memiliki tentara
28. VOC, kongsi dagang Belanda yang berkuasa kurang lebih dua abad di Jawa khususnya, akhirnya dibubarkan oleh Kerajaan Belanda pada tanggal ….
a. 31 Desember 1795
b. 31 Desember 1796
c. 31 Desember 1797
d. 31 Desember 1798
e. 31 Desember 1799
29. Misi yang diemban oleh Daendels di Indonesia adalah ... .
a. mempertahankan Pulau Jawa dari tangan Inggris
b. memajukan perdagangan di Indonesia
c. memperbaiki nasib bangsa Indonesia
d. membuat kelancaranadministrasi di Indonesia
e. memperbaiki perekonomian nasional Indonesia
30. Sistem sewa tanah diterapkan gubernur Jendral…..
a. Raffles
b. Van Den Bosch
c. Jan Pieterzon Coen
d. Cornelis De Houtman
e. Jacob Van Neck
31. Munculnya cultuure stelsel sebagai akibat ....
a. hancurnya VOC
b. perang Paderi
c. kosongnya kas Negeri Belanda
d. kalahnya Belanda dalam peperangan
e. Perang Diponegoro
32. Latar belakang dihapuskannya sistem tanam paksa (cultuur stelsel) adalah karena ….
a. banyak pejabat pemerintah yang korupsi
b. para pekerjanya diharuskan bekerja dengan waktu lebih lama untuk mengurus tanaman ekspor daripada mengurus padi
c. terjadinya bahaya kelaparan di beberapa daerah, seperti di Cirebon pada 1843
d. adanya desakan dari kaum liberalis Belanda yang mengetahui ada praktik tanam paksa yang merugikan rakyat koloni
e. seperlima tanah garapan rakyat yang ditanami padi di desa, wajib ditanami dengan jenis tanaman ekspor
33. Perkembangan sistem tanam paksa di Indonesia membuat rakyat Indonesia ….
a. mengenal berbagai macam tanaman ekspor
b. muncul dan berkembangnya politik asosiasi
c. mendapat perhatian dari pemerintah Hindia Belanda
d. hidup bahagia dari tanaman yang melimpah
e. menderita dan miskin akibat dari tanam paksa
34. Ekonomi terbuka mulai dijalankan oleh Pemerintah Hindia-Belanda dengan dikeluarkannya ....
a. Agrarische Wet
b. Etische Politik
c. Cultuur Stelsel
d. Ordonantie
e. Landrent
35. Pelopor politik etis yang mengeluarkan pemikiran tentang pembangunan negeri jajahan adalah .…
a. Frans Van de Putte
b. Van Deventer
c. Dowes Deker
d. Baron Van Houvel
e. Multatuli
36. Tokoh yang mengatakan bahwa nasionalisme merupakan suatu paham yang menempatkan kesetiaan tertinggi individu harus diserahkan kepada negara dan bangsa adalah ....
a. Otto Bouer
b. Ernest Renan
c. Hans Kohn.
d. Lothrop Stoddard
e. Karl Marx
37. Sekolah setingkat SD yang didirikan oleh Belanda diperuntukan untuk orang-orang kulit putih adalah .…
a. Volkschool
b. Schakel School
c. Eerste klasse School
d. Twede Klasse School
e. Holland Inlansche School
38. Salah satu tujuan didirikannya Budi Utomo adalah….
a. supaya Jawa bebas Belanda
b. supaya STOVIA lebih maju
c. supaya Belanda membebaskan tawanan politik
d. supaya keberanian rakyat meningkat
e. memajukan pengajaran ilmu pengetahuan dan seni budaya Indonesia
39. Tujuan didirikannya Indische Partiij adalah....
a. menginginkan persamaan hak
b. menginginkan kemerdekaan Indonesia
c. menginginkan perbaikan di bidang sosial budaya
d. menginginkan kerja sama antara Hindia Belanda dengan pribumi
e. menginginkan perlawanan terhadap kolonial Belanda
40. Sarikat Islam lebih berhasil dalam menghimpun anggotanya dibandingkan Budi Utomo karena Sarekat Islam….
a. didukung oleh semua pemimpin Indonesia yang beragama
b. lebih dulu lahirnnya dibanding Budi Utomo
c. mendapat bantuan negara Arab
d. Sarikat Islam dalam menerima anggotanya lebih terbuka, tak terbatas pada orang Jawa saja
e. dibantu oleh pemerintah Hindia Belanda
No comments:
Post a Comment