RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMK PANCASILA 10 WURYANTORO
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1 (Ganjil )
Materi Pokok : Senam Irama Tanpa alat (senam ritmik)
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit ( 1
x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun,
responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menenmpatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusaiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Tujuan:
Setelah mengikuti pembelajaran ini,
diharapkan peserta didik dapat:
1. Membiasakan
berdoa sebelum melakukan aktivitas
2.
Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pelajan.
3.
Menunjukkan sikap kerja sama dalam melakukan latihan gerak
4.
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam keselamatan dan kemajuan diri
sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan
prasarana pembeajaran.
5.
Menjelaskan manfaat latihan senam
ritmik
6.
Menjelaskan cara melakukan gerakan
langkah dan lompat dalam senam ritmik
7.
Menjelaskan cara melakukan gerakan latihan ayunan lengan dalam senam ritmik
8.
Menjelaskan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi gerakan
langkah,lompat dan ayunan lengan pada
senam ritmik
9.
Melakukan
latihan gerak langkah dan lompat dalam gerak ritmik
10. Melakukan latihan gerak ayunan lengan pada gerak
ritmik
11. Mempraktekkan variasi dan
kombinasi gerak langkah,lompat dan ayunan lengan pada gerak ritmik
C. Kompetensi Dasar dan Indikator:
1.1.
Menghargai tubuh
dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang
tidak ternilai
1.1.1 Berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran
2.2.
Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri
sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta
dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran,:
2.2.1 Menjaga
dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan
penggunaannya
2.2.2 Mengembalikan
peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
2.2.3 Menjaga
keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
2.2.4 Menjaga ketertiban
lingkungan sekitar
2.4
Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan aktivitas fisik.
2.4.1 Bersama-sama menyiapkan alat
2.4.2 Mau melakukan latihan bersama
2.4.3 Mau mengoreksi kesalahan orang lain.
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik:
2.6.1 Hadir
tepat waktu
2.6.2
Mengikuti seluruh proses pembelajaran
2.6.3 Selesai
tepat waktu
2.6.4 Gerakan
dilakukan dengan tertib.
3.7 Menganalisis variasi dan kombinasi
ketrampilan rangkaian gerak ritmik untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang baik
2.7.1
Menjelaskan cara melakukan gerak langkah dalam
aktivitas gerak ritmik
2.7.2
Menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi gerak
lompat dalam aktifitas
gerak ritmik
3.7.3 Menjelaskan
variasi dan kombinasi gerak ayunan lengan dalam aktifitas ritmik
4.7 Mempraktikkan variasi dan kombinasi
rangkaian aktivitas gerak ritmik dengan koordinasi
gerak yang baik
4.7.1
Melakukan variasi dan kombinasi gerak langkah dalam aktivitas gerak
ritmik
4.7.2 Melakukan variasi dan kombinasi gerak lompat
dalam aktifitas gerak ritmik
4.7.3 Melakukan variasi dan kombinasi gerak ayunan
lengan dalam aktifitas ritmik
D. Materi Pembelajaran :
Senam irama
sering di sebut juga dengan senam ritmik.senam ini dapat digunakan dengan alat
ataupun tanpa menggunakan alat.senam irama adalah bentuk-bentuk gerakan senam
yang merupakan perpaduan antara berbagai bentuk gerakan dengan irama yang
mengiringinya.misalnya seperti irama tepukan,ketukan,tamborin,nyanyian
musik,dan sbgainya.
- Variasi dan kombinasi gerak langkah dalam aktifitas ritmik

1) berdiri tegak,kaki lurus,badan lemas atau
jangan
kaku.kedua lengan,punggung,tangan,dan
pinggang
bebas
2) gerakannya
hitunglah 1 :langkahkan kaki kiri ke depan
mulaii dari
tumit menggelinding ke ujung kaki.
Hitunglah 2 :langkahkan kaki kanan ke
depan kaki kiri
juga di mulai dari tumit menggelindiing
kaki lakukan
berulang-rulang dapat menggunakan irama
2/4,
3/4,4/4. Pada saat melangkah usahakan lutut
mengeper
atau jangan kaku
b. Bentuk
ayunan lengan
![]() |
1) sikap permulaan :Berdiri
tegak ,tegak kaki rapat ,ibu jari
kaki sejajar,kedua lengan ke depan lurus
2) Gerakan
a.
hitungan 1-2 :ayunkan lengan samping kanan dan
kembali lagi lurus ke depan
b.
hitungan 3-4: kebalikan dari gerakan 1-2
c.
hitungan 5-6 : ayunkan lengan kanan ke belakang
dan kembali lagi lurus ke depan
d.
hitungan 7-8 : kebalikan dari gerakan 5-6.
E. Metode
Pembelajaran.
1.
Pendekatan: saintifik (scientific)
2.
Resiprokal
F.
Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Berbaris,
berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau
pembelajaran sebelumnya.
·
Pengkondisian fisik, mental, untuk
mengikuti pembelajaran.
·
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta didik diberikan tugas untuk
mencari berbagai informasi tentang variasi dan kombinasi rangkaian gerak ritmik langkah kaki dan ayunan lengan
melalui Video, TV ataupun pengamatan langsung dan selanjutnya membuat catatan
hasil pengamatan.
·
Peserta didik mengamati berbagai
variasi dan kombinasi rangkaian gerak
ritmik langkah kaki dan ayunan lengan yang diperagakan oleh guru
ataupun peserta didik lainnya yang berkompeten
Menanya
·
Peserta didik mencari informasi
berkaitan dengan berbagai informasi tentang
variasi dan kombinasi rangkaian gerak
ritmik langkah kaki dan ayunan lengan selanjutnya mendiskusikan dan
membuat laporan secara kelompok
·
Peserta didik mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan berbagai
variasi dan kombinasi rangkaian gerak
ritmik langkah kaki dan ayunan lengan i dengan
benar dan
membuat kesimpulannya.
·
Peserta didik mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan
saat melakukan gerakan variasi dan kombinasi rangkaian gerakan ritmik
dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mengeksplor:
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi gerakan langkah kaki
pada aktivitas ritmik tanpa menggunakan alat secara
berkelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kedisiplinan,
toleransi, keluwesan dan estetika.
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi gerakan ayunan lengan pada
aktivitas ritmik tanpa menggunakan alat secara
berkelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku disiplinan,
toleransi, keluwesan dan estetika.
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi gerakan langkah kaki dan ayunan lengan pada aktivitas rimik tanpa
menggunakan alat secara berkelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku disiplinan,
toleransi, keluwesan dan estetika
Mangasosiasi:
· Memilih
rangkain gerakan langkah kaki dan ayunan
lengan pada aktivitas rimik sesuai
dengan kemampuan.
Mangkomunikasikan:
·
Melakukan perlombaan senam
rimik tanpa menggunakan alat dengan
menunjukkan perilaku disiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika
sesuai dengan teknik yang telah dipelajari.
·
Menunjukkan perilaku menerima
kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
Memberikan saran perbaikan
keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
|
100 menit
|
Penutup
|
·
Pendinginan.
·
Evaluasi
proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau
tertulis tentang materi aktifitas
ritmik
·
Melakukan refleksi
oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi aktifitas ritmik
·
Memberikan umpan balik
dan penugasan pada peserta didik
·
Menarik
kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan berdoa
|
25 Menit
|
G. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat :
-
Lapangan, pluit.
2. Sumber Belajar
-
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum
2013
-
Buku referensi lain yang
sesuai
H.
Penilaian
1.
Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati
sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang
diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, kerjasama, dan
disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang
sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku
yang diharapkan. Tiap perilaku yang di
cek ( √ ) mendapat nilai 1.
RUBRIK PENILAIAN
SIKAP DALAM AKTIFITAS SENAM RITMIK
Aspek yang Diukur
|
Deskripsi Sikap yang Diukur
|
BT
|
MT
|
TN
|
1.
Disiplin
|
Hadir tepat waktu
|
|
|
|
Mengikuti seluruh proses pembelajaran
|
|
|
|
|
Selesai tepat waktu
|
|
|
|
|
Gerakan dilakukan dengan tertib.
|
|
|
|
|
2.
Kerja sama
|
Bersama-sama menyiapkan peralatan
|
|
|
|
Mau melakukan latihan bersama
|
|
|
|
|
Mau mengureksi kesalahan teman
|
|
|
|
|
3.
Tanggung
jawab
|
Menjaga
dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
|
|
|
|
Mengembalikan
peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
|
|
|
|
|
Menjaga
keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
|
|
|
|
|
Menjaga
ketertiban lingkungan sekitar
|
|
|
|
|
Menjaga
dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
|
|
|
|
Keterangan:
a.
BT :
Belum Tampak
b.
MT :
Mulai Tampak
c.
TN :
Tampak Nyata
2.
Pengetahuan:
Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak
langkah,lompat dan ayunan lengan dalam senam ritmik.
No
|
Pertanyaan
|
Kriteria
Persekoran
|
Jumlah
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Jelaskan
sikap awal kaki, lengan, dan pandangan ketika akan melakukan gerak langkah pada gerak ritmik !
|
|
|
|
|
|
2
|
Jelaskan
sikap awal kaki, lengan, dan pandangan ketika akan melakukan gerak lompat pada gerak ritmik !
|
|
|
|
|
|
3
|
Jelaskan
sikap awal kaki, lengan, dan pandangan ketika akan melakukan gerakan ayunan lengan pada gerak ritmik !
|
|
|
|
|
|
4
|
Jelaskan
sikap awal kaki, lengan, dan pandangan ketika akan melakukan gerakan variasi dan kombinasi
gerak ritmik !
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Skor
4: Jika peserta didik mampu menjelaskan
tiga indikator (kaki, tangan, dan pandangan)
2.
Skor
3: Jika peserta didik mampu
menjelaskan dua indikator.
3.
Skor
2: Jika peserta didik mampu menjelaskan salah satu
indikator.
4.
Skor
1: Jika peserta didik tidak satupun
pertanyaan di atas mampu dijelaskan
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan
rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
|
|

Jumlah skor maksimal
3.
Tes unjuk kerja (keterampilan):
Lakukanlah variasi dan
kombinasi gerak ritmik (langkah,lompat dan ayunan lengan) pada aktifitas ritmik
a. Menyusun
kisi-kisi instrument penilaian
keterampilan gerak
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Esensial
|
Uraian
Gerak
|
Pen-skoran
|
1.
|
Menganalisis variasi dan
kombinasi
keterampilan rangkaian aktivitas gerak
ritmik untuk menghasilkan
koordinasi
gerak yang baik.
|
a.
Posisi dan sikap awal
|
1.
Kedua kaki rapat
2.
Badan tagak
3.
Kedua lengan dan tangan relaks di
samping badan
4.
Pandangan kedepan
|
Skor
4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
b.
Pelaksanaan gerakan
|
1.
Langkahkan kaki kanan ke depan
kemudian disusul kaki yang lain
2.
Langkahkan kaki kiri ke depan kemudian
diikuti kaki yang lain
3.
Ayunan lengan mengper/luwes
4.
Pandangan mata ke depan
|
Skor
4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
||
c.
Posisi dan sikap akhir
|
1.
Kedua kaki kembali ke posisi semula
2.
Badan tegak
3.
Kedua lengan dan tangan kembali relaks
di samping badan
4.
Pandangan mata kedepan
|
Skor
4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
RUBRIK PENILAIAN AKTIFITAS RITMIK
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Posisi/ Sikap
Awal
|
Pelaksanaan
Gerak
|
Posisi/ Sikap
Akhir
|
Jumlah Skor
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Abdan
Hidayaturrahman.T
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Abdul
Halim Immadudin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ahmad
Wildan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
dst
|
Keterangan :
a.
Peserta mendapatkan
nilai 4, apabila ada empat
indikator yang dilakukan benar.
b.
Peserta mendapatkan
nilai 3, apabila ada tiga indikator yang
dilakukan benar.
c.
Peserta mendapatkan
nilai 2, apabila ada dua indikator yang dilakukan benar.
d.
Peserta mendapatkan
nilai 1, apabila ada satu indikator yang
dilakukan benar dan tidak ada satu indikator pun yang dilakukan benar
|
|

Jumlah
skor maksimal
Mengetahui,
Kepala SMK Pancasila 10 Wuryantoro
Drs.
Sunowo Gito Wahono
NIP.
|
|
Wonogiri, 01 Juli 2016
Guru mapel PJOK
Sadjadi Munandar S.Pd
|
SADJADI
MUNANDAR S.PD,SMK
PANCASILA 10 WURYANTORO
|
No comments:
Post a Comment