Monday, 19 December 2016

RPP PENJASKES SMK = SENAM IRAMA




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan                :  SMK PANCASILA 10 WURYANTORO
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                       :  X / 1 (Ganjil )          
Materi Pokok                         : Senam Irama Tanpa alat (senam ritmik)       
Alokasi Waktu                       : 3 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :           
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati  dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif, dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam  serta dalam menenmpatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusaiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Tujuan:
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.      Membiasakan berdoa sebelum melakukan aktivitas
2.      Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pelajan.
3.      Menunjukkan sikap kerja sama dalam melakukan latihan gerak
4.      Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembeajaran.
5.      Menjelaskan  manfaat latihan senam ritmik
6.      Menjelaskan cara melakukan gerakan  langkah dan lompat dalam senam ritmik
7.      Menjelaskan cara melakukan gerakan latihan ayunan lengan dalam senam ritmik
8.      Menjelaskan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi gerakan langkah,lompat dan ayunan lengan   pada senam ritmik
9.      Melakukan latihan gerak langkah dan lompat dalam gerak ritmik
10.  Melakukan latihan gerak ayunan lengan pada gerak ritmik
11.  Mempraktekkan  variasi dan kombinasi gerak langkah,lompat dan ayunan lengan pada gerak ritmik
C.        Kompetensi Dasar dan Indikator:                
1.1.  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.1.1 Berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran

2.2. Bertanggung jawab  terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain,  dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran,:
2.2.1    Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai  dengan penggunaannya
2.2.2    Mengembalikan peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
2.2.3    Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
   2.2.4    Menjaga ketertiban lingkungan sekitar
2.4   Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan aktivitas fisik.
2.4.1   Bersama-sama menyiapkan alat
2.4.2   Mau melakukan latihan bersama
2.4.3   Mau mengoreksi kesalahan orang lain.
2.6  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik:
2.6.1   Hadir tepat waktu
2.6.2   Mengikuti seluruh proses pembelajaran
2.6.3   Selesai tepat waktu
2.6.4   Gerakan dilakukan dengan tertib.
      3.7 Menganalisis variasi dan kombinasi ketrampilan rangkaian gerak ritmik untuk
            menghasilkan koordinasi  gerak yang baik
2.7.1        Menjelaskan cara melakukan gerak langkah dalam aktivitas gerak ritmik
2.7.2        Menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi gerak lompat dalam aktifitas
gerak ritmik 
3.7.3    Menjelaskan variasi dan kombinasi gerak ayunan lengan dalam aktifitas ritmik
      4.7 Mempraktikkan variasi dan kombinasi rangkaian aktivitas gerak ritmik dengan koordinasi
            gerak yang  baik  
4.7.1    Melakukan variasi dan kombinasi gerak langkah dalam aktivitas gerak ritmik
4.7.2    Melakukan variasi dan kombinasi gerak lompat dalam aktifitas gerak ritmik
4.7.3    Melakukan variasi dan kombinasi gerak ayunan lengan dalam aktifitas ritmik

D.   Materi Pembelajaran :

Senam irama sering di sebut juga dengan senam ritmik.senam ini dapat digunakan dengan alat ataupun tanpa menggunakan alat.senam irama adalah bentuk-bentuk gerakan senam yang merupakan perpaduan antara berbagai bentuk gerakan dengan irama yang mengiringinya.misalnya seperti irama tepukan,ketukan,tamborin,nyanyian musik,dan sbgainya.


  1. Variasi dan kombinasi gerak langkah dalam aktifitas ritmik
Description: Description: 79a. gerakan langkah biasa
                    1) berdiri tegak,kaki lurus,badan lemas atau jangan
                        kaku.kedua lengan,punggung,tangan,dan pinggang
                        bebas
                   2) gerakannya
                        hitunglah 1 :langkahkan kaki kiri ke depan mulaii dari
                        tumit menggelinding ke ujung kaki.
                        Hitunglah 2 :langkahkan kaki kanan ke depan kaki kiri
                        juga di mulai dari tumit menggelindiing kaki lakukan
                        berulang-rulang dapat menggunakan irama 2/4,
                       3/4,4/4. Pada saat melangkah usahakan lutut mengeper
                       atau jangan kaku


b. Bentuk ayunan lengan


Description: Description: 83
 
1)      sikap permulaan :Berdiri tegak ,tegak kaki rapat ,ibu jari
kaki sejajar,kedua lengan ke depan lurus
2)      Gerakan
a.         hitungan 1-2 :ayunkan lengan samping kanan dan
 kembali lagi lurus ke depan
b.        hitungan 3-4: kebalikan dari gerakan 1-2
c.         hitungan 5-6 : ayunkan lengan kanan ke belakang
 dan kembali lagi lurus ke depan
d.        hitungan 7-8 : kebalikan dari gerakan 5-6.

E.    Metode Pembelajaran.
1.      Pendekatan: saintifik (scientific)
2.      Resiprokal
F.   Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·       Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
·       Pengkondisian fisik, mental, untuk mengikuti pembelajaran.
·       Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
10 menit
Inti
Mengamati
·       Peserta didik diberikan tugas untuk mencari berbagai informasi tentang variasi dan kombinasi rangkaian gerak  ritmik langkah kaki dan ayunan lengan melalui Video, TV ataupun pengamatan langsung dan selanjutnya membuat catatan hasil pengamatan.
·       Peserta didik mengamati berbagai variasi dan kombinasi rangkaian gerak  ritmik langkah kaki dan ayunan lengan yang diperagakan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang berkompeten
Menanya
·       Peserta didik mencari informasi berkaitan dengan berbagai informasi tentang  variasi dan kombinasi rangkaian gerak  ritmik langkah kaki dan ayunan lengan selanjutnya mendiskusikan dan membuat laporan secara kelompok
·       Peserta didik mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan berbagai variasi dan kombinasi rangkaian gerak  ritmik langkah kaki dan ayunan lengan i dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·       Peserta didik mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerakan variasi dan kombinasi rangkaian gerakan ritmik dengan benar dan membuat kesimpulannya.

Mengeksplor:
·       Memperagakan variasi dan kombinasi gerakan langkah kaki pada aktivitas ritmik tanpa menggunakan alat secara berkelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kedisiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika.
·       Memperagakan variasi dan kombinasi gerakan ayunan lengan pada aktivitas ritmik tanpa menggunakan alat secara berkelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku disiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika.
·       Memperagakan variasi dan kombinasi gerakan langkah kaki dan ayunan lengan pada aktivitas rimik tanpa menggunakan alat secara berkelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku disiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika
Mangasosiasi:
·       Memilih rangkain gerakan langkah kaki dan ayunan lengan pada aktivitas rimik sesuai dengan kemampuan.
Mangkomunikasikan:
·       Melakukan perlombaan senam rimik tanpa menggunakan alat  dengan menunjukkan perilaku disiplinan, toleransi, keluwesan dan estetika sesuai dengan teknik yang telah dipelajari.
·        Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
100 menit
Penutup
·         Pendinginan.
·         Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi aktifitas ritmik
·         Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi aktifitas ritmik
·         Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan  berdoa
25 Menit
G.   Alat dan  Sumber Belajar
1. Alat :
-     Lapangan, pluit.
2. Sumber Belajar
-     Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013
-     Buku referensi lain yang sesuai
H.   Penilaian
1.      Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, kerjasama, dan disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1.
RUBRIK PENILAIAN
SIKAP DALAM AKTIFITAS SENAM RITMIK
Aspek yang Diukur
Deskripsi Sikap yang Diukur
BT
MT
TN
1.   Disiplin
Hadir tepat waktu



Mengikuti seluruh proses pembelajaran



Selesai tepat waktu



Gerakan dilakukan dengan tertib.



2.   Kerja sama
Bersama-sama menyiapkan peralatan



Mau melakukan latihan bersama



Mau mengureksi kesalahan teman



3.   Tanggung jawab
Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya



Mengembalikan peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan



Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.



Menjaga ketertiban lingkungan sekitar



Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya




Keterangan:
a.    BT     : Belum Tampak
b.    MT : Mulai Tampak
c.    TN     : Tampak Nyata
2.      Pengetahuan:
Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak langkah,lompat dan ayunan lengan dalam senam ritmik.
No
Pertanyaan
Kriteria Persekoran
Jumlah
1
2
3
   4
1
Jelaskan sikap awal kaki, lengan, dan  pandangan ketika akan melakukan gerak langkah pada gerak ritmik !





2
Jelaskan sikap awal kaki, lengan, dan  pandangan ketika akan melakukan gerak lompat pada gerak ritmik !





3
Jelaskan sikap awal kaki, lengan, dan  pandangan ketika akan melakukan gerakan ayunan lengan  pada gerak ritmik !





4
Jelaskan sikap awal kaki, lengan, dan  pandangan ketika akan melakukan gerakan variasi dan kombinasi gerak ritmik !






Keterangan:
1.      Skor 4: Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator (kaki, tangan, dan pandangan)
2.      Skor 3:     Jika peserta didik mampu menjelaskan dua indikator.
3.      Skor 2:     Jika  peserta didik mampu menjelaskan salah satu indikator.
4.      Skor 1:     Jika peserta didik tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
100
 
X
 
                                             Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  = 
                                             Jumlah skor maksimal

3.      Tes unjuk kerja  (keterampilan): 
Lakukanlah variasi dan kombinasi gerak ritmik (langkah,lompat dan ayunan lengan) pada aktifitas ritmik
a.       Menyusun kisi-kisi instrument  penilaian keterampilan gerak
No
Kompetensi Dasar
Indikator Esensial
Uraian Gerak

Pen-skoran
1.
Menganalisis variasi dan kombinasi
keterampilan rangkaian aktivitas gerak
ritmik  untuk menghasilkan koordinasi
gerak yang baik.
a.   Posisi dan sikap awal
1.    Kedua kaki rapat
2.    Badan tagak
3.    Kedua lengan dan tangan relaks di samping badan
4.    Pandangan kedepan
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
b.    Pelaksanaan gerakan
1.     Langkahkan kaki kanan ke depan kemudian disusul kaki yang lain
2.    Langkahkan kaki kiri ke depan kemudian diikuti kaki yang lain
3.    Ayunan lengan mengper/luwes
4.    Pandangan mata ke depan
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
c.    Posisi dan sikap akhir
1.     Kedua kaki kembali ke posisi semula
2.    Badan tegak
3.    Kedua lengan dan tangan kembali relaks di samping badan
4.    Pandangan mata kedepan
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar


RUBRIK PENILAIAN  AKTIFITAS RITMIK
No
Nama Peserta Didik
Posisi/ Sikap Awal
Pelaksanaan Gerak
Posisi/ Sikap Akhir
Jumlah Skor
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1
Abdan Hidayaturrahman.T













2
Abdul Halim Immadudin













3
Ahmad Wildan













4
dst














Keterangan :
a.       Peserta mendapatkan nilai 4, apabila  ada empat indikator yang dilakukan benar.
b.      Peserta mendapatkan nilai 3, apabila  ada tiga indikator yang dilakukan benar.
c.       Peserta mendapatkan nilai 2, apabila  ada dua indikator  yang dilakukan benar.
d.      Peserta mendapatkan nilai 1, apabila  ada satu indikator yang dilakukan benar dan tidak ada satu indikator pun yang dilakukan benar
        
100
 
X
 
                        Jumlah skor yang diperoleh
       Nilai = 
                                                Jumlah skor maksimal
                       
Mengetahui,
Kepala SMK Pancasila 10 Wuryantoro


Drs. Sunowo Gito Wahono
      NIP.

Wonogiri,  01 Juli 2016
Guru mapel PJOK



Sadjadi Munandar S.Pd






SADJADI MUNANDAR S.PD,SMK PANCASILA 10 WURYANTORO

No comments:

Post a Comment