PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan : SMK Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : IPS
Tahun Ajaran : 2012/2013
Semester |
No.
|
Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu |
Keterangan |
1
|
1. 1 Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial
1. 2 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
1. 3 Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
|
2 JP
2
JP
2 JP
|
||
Jumlah
|
6 JP
|
|||
1
|
2. 1 Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat,
serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
2. 2 Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia,
dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia
|
2 JP
2 JP
|
||
Jumlah
|
4 JP
|
…………………………...
2012
Guru Mata
Pelajaran Mengetahui,
Kepala
Sekolah
UtomoSetiyawanS.Pd Drs.
Sunowo Gito Wahono NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Semester Gasal
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Tingkat : X/Gasal
Durasi pemelajaran : -
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desmber
|
|||||||||||||||||||||
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Mengidentifikasi
interaksi sebagai proses sosial
|
M
O
S
|
I
D
U
L
F
I
T
R
I
|
T
E
N
G
A
H
S
E
M
E
S
T
E
R
|
A
K
H
I
R
S
E
M
E
S
T
E
|
|||||||||||||||||||||||
2.
|
Mengidentifikasi
sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
|
|||||||||||||||||||||||||||
3.
|
Ulangan harian 1 (UH 1)
|
|||||||||||||||||||||||||||
4.
|
Mengidentifikasi
bentuk-bentuk interaksi sosial
|
|||||||||||||||||||||||||||
5.
|
Ulangan Harian 2 (UH 2)
|
|||||||||||||||||||||||||||
6.
|
Menjelskan proses perkembangan
kolonialisme dan imperialisme barat serta pengaruh yang ditimbulkannya di
berbagai daerah
|
|||||||||||||||||||||||||||
7.
|
Ulangan Harian 3 (UH 3)
|
|||||||||||||||||||||||||||
8.
|
Menguraikan proses
terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan pergerakan
kebangsaan Indonesia
|
|||||||||||||||||||||||||||
9.
|
Ulangan Harian 4 (UH4)
|
|||||||||||||||||||||||||||
10.
|
Pelatihan soal-soal
|
|||||||||||||||||||||||||||
11.
|
Penerimaan raport
|
|||||||||||||||||||||||||||
12.
|
Libur Semester Gasal
|
|||||||||||||||||||||||||||
…………………………...
2012
Guru Mata
Pelajaran Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Utomo Setiyawan S.Pd Drs.
Sunowo Gito Wahono
NIP. NIP.
RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Satuan Pendidikan : SMK Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : IPS
Tahun Ajaran : 2012/2013
BULAN, TAHUN
|
JUMLAH
|
JUMLAH HARI LIBUR
|
JUMLAH HARI
|
|||||||
HARI EFEKTIF BELAJAR
|
HAR–HARI PERTAMA MASUK
|
KEGIATAN TENGAH SEMESTER
|
MENGIKUTI UPACARA
|
PENYERAHAN BLMB
|
AKHIR SEMESTER
|
MINGGU
|
UMUM
|
RAMuri/HARI RAYA
|
||
JULI
|
9
|
3
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
3
|
16
|
AGUSTUS
|
15
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
3
|
-
|
12
|
31
|
SEPTEMBER
|
24
|
-
|
-
|
1
|
-
|
-
|
5
|
-
|
-
|
30
|
OKTOBER
|
21
|
-
|
4
|
2
|
-
|
-
|
3
|
1
|
-
|
31
|
NOPEMBER
|
24
|
-
|
1
|
-
|
-
|
4
|
1
|
-
|
30
|
|
DESEMBER
|
1
|
-
|
11
|
-
|
1
|
15
|
2
|
1
|
-
|
31
|
JUMLAH
|
94
|
3
|
15
|
5
|
1
|
15
|
18
|
3
|
16
|
169
|
JANUARI
|
25
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
2
|
-
|
31
|
FEBRUARI
|
24
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3
|
1
|
-
|
28
|
MARET
|
20
|
-
|
4
|
-
|
-
|
-
|
5
|
2
|
-
|
31
|
APRIL
|
26
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4
|
-
|
-
|
30
|
MEI
|
23
|
-
|
-
|
2
|
-
|
-
|
4
|
2
|
-
|
31
|
JUNI
|
6
|
-
|
11
|
-
|
1
|
8
|
3
|
1
|
-
|
30
|
JULI
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
14
|
0
|
-
|
-
|
14
|
JUMLAH
|
124
|
0
|
-
|
2
|
-
|
22
|
23
|
-
|
0
|
195
|
JUMLAH DALAM 1 TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
|
218
|
3
|
-
|
7
|
-
|
37
|
41
|
-
|
16
|
364
|
…………………………...
2012
Guru Mata Pelajaran Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Utomo Setiyawan S.Pd Drs Sunowo Gito Wahono
NIP. NIP.
PENGEMBANGAN SISTEM PENILAIAN
Satuan Pendidikan : SMK
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : X/1
Tahun Ajaran : 2012/2013
Standar Kompetensi : memahami kehidupan sosial manusia
Kompetensi Dasar
|
Materi Pelajaran
|
Teknik Penilaian
|
Ranah Penilaian
|
Ket.
|
||||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Tagihan
|
Instrumen
|
K
|
P
|
A
|
|||
1. Mengidentifikasi interaksi sebagai proses sosial
2. Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
3. Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
|
1. pengertian interaksi sosial
2. pengertian proses sosial
3. syarat interaksi sosial
4. pengertian sosialisasi
5. media sosialisasi
6. faktor-faktor yang
mempengaruhi pembentukan kepribadian
8. interaksi primer
9. interaksi sekunder
|
- Tugas individu
- Tugas kelompok
- Ulangan
- Kuis
|
- Uraian
- Pilihan ganda
|
Pengetahuan dan Pemahaman Konsep
1. Interaksi sosial terjadi apabila dua orang atau lebih saling bertemu dan
berkomunikasi untuk …
2. berilah contoh interaksi sosial yang tidak didasarkan pada nilai dan
norma-norma sosial!
3. jelaskan bagaimana interaksi sosial terjadi!
4. interaksi sosial merupakan sarana
atau alat dalam mencapai …
5. jelaskan jika interaksi sosial tidak didasarkan pada nilai dan
norma-norma sosial!
|
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
|
…………………………...
2012
Guru Mata
Pelajaran Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Utomo Setiyawan S.Pd Drs Sunowo Gito Wahono
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment