Monday, 19 December 2016

RPP PENJASKES SMK = SEPAK BOLA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



KURIKULUM 2013

KELAS X SEMESTER 1 (GANJIL)





 
















PJOK


PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                : SMK Pancasila 10 Wuryantoro
Kelas/Semester                       : X / 1 ( Ganjil )
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Tema/Topik                           : Teknik Dasar Sepak Bola
Alokasi Waktu                       : 6 x 45 menit ( 2 x Pertemuan )
A. Kompetensi Inti :           
1.     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Tujuan:
Setelah Kalian menyelesaikan pembelajaran dengan bahasan “Menendang, mengontrol/menghentikan bola.(Sepakbola Permainan yang Menyenangkan)” ini, Kalian akan dapat:
1.        Menjelaskan pengertian tehnik tendangan pada permainan sepakbola.
2.        Menjelaskan berbagai macam tehnik mengontrol/menghentikan bola pada permainan sepakbola.
3.        Menjelaskan bagian-bagian kaki yang dapat digunakan untuk menendang.
4.        Menjelaskan bagian-bagian kaki yang dapat digunakan mengontrol bola
5.        Menjelaskan berbagai jenis menerima umpan pada permainan sepakbola.
6.        Menjelaskan cara menerima umpan pada permainan sepakbola.
7.        Menjelaskan pengertian menggiring pada permainan sepakbola.
8.        Menjelaskan cara menggiring pada permainan sepakbola.
9.        Menjelaskan bagian kaki mana yang dapat digunakan untuk menendang jarak jauh 
10.    Menjelaskan bagian kaki mana yang paling efktif untuk mengumpan pada jarak pendek
C.  Kompetensi Dasar dan Indikator:
1.1      Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas  
jasmani, permainan, dan olahraga:
1.1.1   Berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran
2.1  Berperilaku sportif dalam bermain:
2.1.1. Menghargai teman dan lawan
2.1.2. Menerima kekalahan
2.1.3. Mentaati peraturan permainan
2.2                Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran:
2.2.1    Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
2.2.2    Mengembalikan peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
2.2.3    Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
2.2.4    Menjaga ketertiban lingkungan sekitar
2.3  Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4  Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5  Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik:
2.6.1    Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan
2.6.2    Mengikuti semua proses pembelajaran
2.7  Menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan
3.1    Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik:
4.1    Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola besar dengan koordinasi gerak yang baik:

D.   Materi Pembelajaran :
·         Latihan dasar menendang
a)      menendang bola dengan kaki bagian dalam
      -. Kaki tumpu berada di samping bola     
                  -. Lutut ditekuk sedikit
                  -. Kaki diputar ke luar pada pangkal paha membentuk sudut 90 derajat
                  -. Pergelangan kaki yang akan menendang dikencangkan
                  -. Bagian dalam kaki tepat mengenai pertengahan bola lalu kaki tendang
- Bergerak lurus searah bola.

Description: Description: 090128_131709



b)      Menendang bola dengan kaki bagian luar
      -. Badan lurus dengan bola          
                  -. Kaki tumpu berada di samping bola
                  -. Pergelangan Kaki diputar ke dalam, selanjutnya bola ditendang dengan
                      Kaki bagian luar.               
Menendang dengan kaki bagian luar
 
        Description: Description: 090128_131725

      c)  Menendang bola dengan punggung kaki
         -. Badan lurus dengan bola          
                  -. Kaki tumpu berada di samping bola
            -. Pergelangan Kaki dikuatkan, punggung kaki menghadap ke
       Depan, ujung kaki lebih rendah dari tumit selanjutnya bola ditendang dengan
                      Kaki bagian atas atau bagian punggung.
                       Description: Description: 090128_131759
·         Latihan dasar menahan bola
Mengontrol  bola dengan kaki bagian dalam
      -. Badan tegak, kaki kanan di depan, lutut sedikit ditekuk         
                  -. Pergelangan kaki dikunci dengan mata kaki menghadap ke depan     
                  -. Kaki kiri digunakan sebagai tumpuan dan menopang berat badan dikaki kiri
                  -. Tangan rileks untuk menjaga keseimbangan badan
·         Latihan dasar menahan bola
Mengontrol  bola dengan kaki bagian luar
      -. kaki kanan di depan,     
                  -. Pergelangan kaki diputar, ujung kaki menghadap kebawah, lutut ditekuk
                  -. Kaki kiri digunakan sebagai tumpuan, lutut ditekuk hingga berat badan ada
                      Dikaki kiri
                  -. Badan sedikit condong 
                  -. Tangan rileks untuk menjaga keseimbangan badan

E.    Metode Pembelajaran.
1.      Pendekatan: saintifik (scientific)
2.      Resiprokal
F.   Kegiatan Pembelajan
KEGIATAN

DISKRIPSI
WAKTU



Pendahuluan
·       Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
·       Pengkondisian fisik, mental, untuk mengikuti pembelajaran.
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
10 menit

Mengamati
·      Mencari dan membaca informasi variasi dan kombinasi teknik teknik permainan sepak bola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik, dan
·      Mengamati pertandingan sepak bola secara langsung dan atau di TV/Video dan membuat catatan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar (mengumpan, mengontrol, menggiring, , dan menembak bola ke gawang) dan membuat catatan hasil pengamatan, atau
·      Bermain sepak bola dan yang lainnya mengamati pertandingan tersebut, dan membuat catatan tentang kekuatan dan kelemahan variasi dan kombinasi (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) yang dilakukan oleh temannya selama bermain.
Menanya
·      Secara bergantian saling bertanya tentang teknik dasar sepak bola, misalnya : bagaimana jalannya bola jika (mengumpan, mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang) dengan menendang pada bagian bawah/dasar bola “bagaimana pergerakan bola?”, apa yang akan terjadi bila menendang pada titik tengah bola, berpakah kekuatan yang diberikan kepada bola untuk sampai pada titik sasaran yang akan di tuju.
·      Secara bergantian saling bertanya tentang manfaat permainan sepak bola terhadap kesehatan dan otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan sepak bola.
Eksplorasi
·      Mengumpan bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri di tempat dan sambil bergerak secara indual, berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan nilai kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain
·      Mengontrol bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri secara indual, berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan bertanggung jawab dan disiplin
·      Mengontrol bola dengan berbagai bagian tubuh
·      Menggiring bola dengan berbagai variasi menggungkan satu kaki secara individual dengan menunjukkan bertanggung jawab dan disiplin
Menggiring bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri secara individual dengan
·      menunjukkan bertanggung jawab dan disiplin
·      Menembak bola dengan berbagai variasi dari berbagai sudut gawang
·      Mengkombinasikan gerakan mengontrol dengan gerakan menendang menggunakan kaki kanan dan kiri
·      Mendiskusikansetiap teknik dasar keterampilan gerak sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·      Mendiskusikan kekuatan dan kelemahan  yang sering dilakukan saat melakukan variasi teknik dasar  permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang)dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·      Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknik dasarpermainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mengasosiasi
·      Membandingkan hasil pengamatan pertandingan sepak bola (langsung atau TV) dengan penampilan gerak di kelas dalam (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) hingga menemukan pola yang paling sesuai untuk diterapkan di dalam permainan.
·      Menemukan variasi pola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) yang paling sesuai untuk kebutuhan sendiri
·      Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain., merobah posisi/bagian kaki yang berkenaan dengan bola.
Mengkomunikasikan
·      Melakukan permainan sepakbola dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan variasi dan kombinasi teknik menendang, menahan, menggiring, dan menembak bola ke gawang serta menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan

Penutup
·         Pendinginan.
·         Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi passing bawah
·         Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi passing bawah
·         Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan  berdoa

G.   Alat dan  Sumber Belajar
1.    Alat :
-     Lapangan, Bola sepak, bola karet, cone, pluit.
2.        Sumber Belajar
-     Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013
-     Buku referensi lain yang sesuai
H.   Penilaian
1.       Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, sportif, dan disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. 
Aspek yang Diukur
Deskripsi Sikap yang Diukur
BT
MT
TN
1.   Disiplin
Hadir tepat waktu



Menggunakan seragam OR



Mengikuti seluruh proses pembelajaran



Selesai tepat waktu



2.   Kerja sama
Bersama-sama menyiapkan peralatan



Saling memberikan umpan secara bergantian



 Menjaga bola secara bergantian



3.   Tanggung jawab
Menyelesaikan tugas yang diterima



Menjaga keselamatan diri dn orang lain



Tidak mencari cari kesalahan teman



Saling menghargai



Mau mengakui kesalahan yang dilakukan




Pengetahuan: Keterangan:
a.      BT     : Belum Tampak
b.      MT : Mulai Tampak
c.      TN     : Tampak Nyata

2.      Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak passing bawah dalam permainan bolavoli.  

B. INSTRUMEN KISI-KISI PENILAIAN PENGETAHUAN
No
Kompetensi Dasar
Indikator Esensial
Level Pengetahuan
Jumlah Butir
No Soal
Pen-skoran
1.
Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola besar
a.    Menyebut bagian kaki mana saja yang dapat digunakan menendang, dapat memvariasikan dan dikombinasikan
C-1
1
1
Skor 3, jika jenis disebut secara lengkap
Skor 2, jika jenis disebut secara kurang lengkap
Skor 1, jika jenis disebut tidak lengkap
b.    Menjelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar  menendang dan mengontrol/ menghentikan bola
C-3
1
2
Skor 4, jika penjelasan benar dan lengkap
Skor 3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
c.    Menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan bola besar (sepak bola)
C-3
1
2
Skor 4, jika urutan benar dan lengkap
Skor 3, jika urutan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2, jika sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap

   C. INSTRUMEN KISI-KISI PENILAIAN KETERAMPILAN
No
Kompetensi Dasar
Indikator Esensial
Uraian Gerak

Pen-skoran
1.
Mempraktikkan keterampilan dasar menendang  yang baik
a.    Posisi dan sikap awal
1.    Kedua kaki dibuka selebar bahu dengan posisi tungkai kaki yang akan menendang berada sedikit di belakang
2.    Badan agak condong ke depan, berat badan berada dikaki depan
3.    Kedua lengan dan tangan relaks di samping menyesuaikan dengan posisi badan
4.    Pandangan mata  tertuju pada bola yang akan ditendang
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
b.    Pelaksanaan gerakan
1.     Salah satu kaki yang berada di belakang diayun ke depan lalu bagian kaki (bagian dalam, punggung, bagian luar) menyentuh bagian bola
2.    Badan agak condong ke kaki yang di depan,  bola di letakan di depan kaki yang akan menendang
3.    Kedua lengan relaks bergerak mengimbangi gerakan kaki
4.    Pandangan mata ke arah lepasnya bola
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
c.    Posisi dan sikap akhir
1.    Kedua kaki sejajar terbuka selebar  bahu
2.    Badan tegak
3.    Kedua lengan relaks di samping badan
4.    Pandangan mata ke arah lepasnya bola
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar




No
Kompetensi Dasar
Indikator Esensial
Uraian Gerak

Pen-skoran
1.
Mempraktikkan keterampilan dasar mengontrol bola/menghentikan bola yang baik
a.   Posisi dan sikap awal
1.     Kedua kaki dibuka selebar bahu dengan posisi tungkai kaki sejajar
2.    Badan agak condong ke depan, berat badan berada dikaki depan
3.    Kedua lengan dan tangan relaks di samping menyesuaikan dengan posisi badan
4.    Pandangan mata  tertuju pada datangnya bola
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
b.    Pelaksanaan gerakan
1.      Salah satu bagian tungkai/kaki diarahkan sesuai datangnya bola ( kaki bagian dalam, punggung, kaki bagian luar) menyentuh bagian bola yang datang
2.    Badan agak condong mengimbangi bagian  kaki akan menerima atau mengontrol bola.
3.    Kedua lengan relaks bergerak mengimbangi gerakan kaki
4.    Pandangan mata ke arah datangnya bola
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
c.   Posisi dan sikap akhir
1.      Kedua kaki sejajar terbuka selebar  bahu
2.    Badan tegak
3.    Kedua lengan relaks di samping badan
4.    Pandangan mata ke arah  bola yang sudah terkontrol.
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
Keterangan:
1.      Skor 4:  Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator (kaki, tangan, dan pandangan)
2.      Skor 3:     Jika peserta didik mampu menjelaskan dua indikator.
3.      Skor 2:     Jika  peserta didik mampu menjelaskan salah satu indikator.
4.      Skor 1:     Jika peserta didik tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan

Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
100
 
X
 
                                             Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =
                                             Jumlah skor maksimal

3.      Tes unjuk kerja  (keterampilan): 
1). Lakukan teknik dasar menendang bola
2). Lakukan teenik dasar mengontrol/menghentikan bola
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3
100
 
X
 
                     Jumlah skor yang diperoleh
       Nilai = 
                     Jumlah skor maksimal

D. Dari kisi-kisi tersebut dapat disusun contoh instrument penilaian dalam bentuk lembar pengamatan, sebagai berikut:
No
Indikator Esensial
Uraian Gerak
Ya
 (1)
Tidak
 (0)
1.
Posisi dan Sikap Awal
a.     Kaki


b.     Badan


c.     Lengan


d.    Pandangan mata


2.
Pelaksanaan Gerak
a.     Kaki




b.     Badan




c.     Lengan




d.    Pandangan mata


3.
Posisi dan Sikap Akhir
a.     Kaki




b.     Badan




c.     Lengan




d.    Pandangan mata





  Atau dapat disederahanakan menjadi:
No
Nama Peserta Didik
Posisi/ Sikap Awal
Pelaksanaan Gerak
Posisi/ Sikap Akhir
Jumlah Skor
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1.














2.














3.















 E. Bentuk soal uraian (Essay)
 1. Sebutkan bagian kaki mana saja yang dapat digunakan untuk menendanag bola.
 2. Sebutkan bagian kaki mana saja yang dapat digunakan untuk mengontrol/ menghentikan bola.
 3. Jelaskan bagian kaki mana yang dapat dengan efektif untuk menontrol bola yang datangnya     menyusur tanah.
  4. Bagian kaki mana yang paling efektif untuk menendang jarak jauh
  5. jelaskan keuntungan menghentikan bola dengan bagian dada.
 






Wonogiri,  01 Juli 2016




Mengetahui,

Kepala SMK Pancasila 10 Wuryantoro



Drs. Sunowo Gito Wahono
      NIP.



Guru mapel PJOK




Sadjadhi Munandar S.Pd







SADJADI MUNANDAR S.PD, SMK PANCASILA 10 WURYANTORO



By.Wawan

No comments:

Post a Comment