RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013
KELAS X SEMESTER 1 (GANJIL)
![]() |
PJOK
PENDIDIKAN
JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Pancasila 10 Wuryantoro
Kelas/Semester : X / 1 ( Ganjil )
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Tema/Topik : Teknik Dasar Sepak
Bola
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit ( 2 x Pertemuan )
A. Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Tujuan:
Setelah Kalian menyelesaikan pembelajaran dengan
bahasan “Menendang, mengontrol/menghentikan bola.(Sepakbola Permainan yang
Menyenangkan)” ini, Kalian akan dapat:
1.
Menjelaskan pengertian tehnik
tendangan pada permainan sepakbola.
2.
Menjelaskan berbagai macam tehnik
mengontrol/menghentikan bola pada permainan
sepakbola.
3.
Menjelaskan bagian-bagian kaki yang
dapat digunakan untuk menendang.
4.
Menjelaskan bagian-bagian kaki yang
dapat digunakan mengontrol bola
5.
Menjelaskan berbagai
jenis menerima umpan pada permainan
sepakbola.
6.
Menjelaskan cara menerima
umpan pada permainan sepakbola.
7.
Menjelaskan pengertian
menggiring pada permainan sepakbola.
8.
Menjelaskan cara menggiring
pada permainan sepakbola.
9.
Menjelaskan bagian kaki mana yang dapat
digunakan untuk menendang jarak jauh
10.
Menjelaskan bagian kaki mana yang paling
efktif untuk mengumpan pada jarak pendek
C. Kompetensi Dasar dan Indikator:
1.1
Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama
yang dianut dalam melakukan aktivitas
jasmani, permainan, dan olahraga:
1.1.1 Berdo’a sebelum dan sesudah
pembelajaran
2.1 Berperilaku sportif
dalam bermain:
2.1.1. Menghargai teman dan lawan
2.1.2. Menerima kekalahan
2.1.3. Mentaati peraturan permainan
2.2 Bertanggung
jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran:
2.2.1 Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran
sesuai dengan penggunaannya
2.2.2 Mengembalikan peralatan pembelajaran
ketempat yang telah disediakan
2.2.3 Menjaga keselamatan diri sendiri dan
orang lain dalam beraktivitas.
2.2.4 Menjaga ketertiban lingkungan sekitar
2.3 Menghargai perbedaan
karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman
dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6
Disiplin selama melakukan berbagai
aktivitas fisik:
2.6.1 Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang
ditentukan
2.6.2 Mengikuti semua proses pembelajaran
2.7 Menerima kekalahan dan
kemenangan dari suatu permainan
3.1
Menganalisis
variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang baik:
4.1
Mempraktikkan
variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola
besar dengan koordinasi gerak yang baik:
D. Materi Pembelajaran :
·
Latihan
dasar menendang
a)
menendang
bola dengan kaki bagian dalam
-. Kaki tumpu
berada di samping bola
-. Lutut
ditekuk sedikit
-. Kaki
diputar ke luar pada pangkal paha membentuk sudut 90 derajat
-.
Pergelangan kaki yang akan menendang dikencangkan
-. Bagian
dalam kaki tepat mengenai pertengahan bola lalu kaki tendang
- Bergerak lurus searah bola.

b)
Menendang
bola dengan kaki bagian luar
-. Badan
lurus dengan bola
-. Kaki tumpu
berada di samping bola
-.
Pergelangan Kaki diputar ke dalam, selanjutnya bola ditendang dengan
Kaki bagian
luar.
|

c) Menendang bola dengan punggung kaki
-. Badan lurus dengan bola
-. Kaki tumpu
berada di samping bola
-. Pergelangan Kaki dikuatkan, punggung kaki
menghadap ke
Depan, ujung
kaki lebih rendah dari tumit selanjutnya bola ditendang dengan
Kaki
bagian atas atau bagian punggung.

·
Latihan
dasar menahan bola
Mengontrol bola
dengan kaki bagian dalam
-. Badan
tegak, kaki kanan di depan, lutut sedikit ditekuk
-. Pergelangan kaki dikunci dengan mata
kaki menghadap ke depan
-. Kaki kiri
digunakan sebagai tumpuan dan menopang berat badan dikaki kiri
-. Tangan
rileks untuk menjaga keseimbangan badan
·
Latihan
dasar menahan bola
Mengontrol bola
dengan kaki bagian luar
-. kaki kanan
di depan,
-. Pergelangan
kaki diputar, ujung kaki menghadap kebawah, lutut ditekuk
-. Kaki kiri
digunakan sebagai tumpuan, lutut ditekuk hingga berat badan ada
Dikaki
kiri
-. Badan
sedikit condong
-. Tangan
rileks untuk menjaga keseimbangan badan
E. Metode
Pembelajaran.
1. Pendekatan: saintifik (scientific)
2. Resiprokal
F. Kegiatan Pembelajan
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Berbaris,
berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau
pembelajaran sebelumnya.
·
Pengkondisian fisik, mental, untuk
mengikuti pembelajaran.
Memberikan motivasi dan menjelaskan
tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
|
Mengamati
· Mencari
dan membaca informasi variasi dan kombinasi teknik teknik permainan sepak
bola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi,
dan menembak bola ke gawang) dari
berbagai sumber media cetak atau elektronik, dan
· Mengamati
pertandingan sepak bola secara langsung dan atau di TV/Video dan membuat
catatan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar (mengumpan, mengontrol, menggiring, , dan menembak bola ke gawang) dan membuat catatan hasil
pengamatan, atau
· Bermain
sepak bola dan yang lainnya mengamati pertandingan tersebut, dan membuat
catatan tentang kekuatan dan kelemahan variasi dan kombinasi (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi,
dan menembak bola ke gawang) yang
dilakukan oleh temannya selama bermain.
Menanya
· Secara
bergantian saling bertanya tentang teknik dasar sepak bola, misalnya :
bagaimana jalannya bola jika (mengumpan,
mengontrol, menggiring, dan menembak bola ke gawang) dengan
menendang pada bagian bawah/dasar bola “bagaimana pergerakan bola?”, apa yang
akan terjadi bila menendang pada titik tengah bola, berpakah kekuatan yang
diberikan kepada bola untuk sampai pada titik sasaran yang akan di tuju.
· Secara
bergantian saling bertanya tentang manfaat permainan sepak bola terhadap
kesehatan dan otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan sepak
bola.
Eksplorasi
· Mengumpan
bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri di tempat dan
sambil bergerak secara indual, berpasangan, atau berkelompok dengan
menunjukkan nilai kerjasama,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi
selama bermain
· Mengontrol
bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri secara indual,
berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan bertanggung jawab dan
disiplin
· Mengontrol
bola dengan berbagai bagian tubuh
· Menggiring
bola dengan berbagai variasi menggungkan satu kaki secara individual dengan
menunjukkan bertanggung jawab dan disiplin
Menggiring
bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri secara
individual dengan
· menunjukkan
bertanggung jawab dan disiplin
· Menembak
bola dengan berbagai variasi dari berbagai sudut gawang
· Mengkombinasikan
gerakan mengontrol dengan gerakan menendang menggunakan kaki kanan dan kiri
·
Mendiskusikansetiap teknik dasar keterampilan gerak sepakbola (mengumpan,
mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·
Mendiskusikan kekuatan dan kelemahan yang sering dilakukan saat
melakukan variasi
teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan,
mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang)dengan benar dan membuat kesimpulannya.
· Mendiskusikan
bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang
sering dilakukan saat melakukan teknik dasarpermainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang) dengan benar dan
membuat kesimpulannya.
Mengasosiasi
·
Membandingkan hasil pengamatan
pertandingan sepak bola (langsung atau TV) dengan penampilan gerak di kelas
dalam (mengumpan,
mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang)
hingga menemukan pola yang paling sesuai untuk diterapkan di dalam permainan.
·
Menemukan variasi pola (mengumpan,
mengontrol, menggiring, posisi, dan menembak bola ke gawang)
yang paling sesuai untuk kebutuhan sendiri
· Menemukan
dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik
dengan menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggung jawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain., merobah
posisi/bagian kaki yang berkenaan dengan bola.
Mengkomunikasikan
·
Melakukan
permainan sepakbola dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan
variasi dan kombinasi teknik
menendang, menahan, menggiring, dan menembak bola ke gawang serta menunjukkan
perilaku kerjasama,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi
selama bermain.
· Menunjukkan
perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan
kemenangan tidak berlebih
Memberikan
saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
|
|
Penutup
|
·
Pendinginan.
·
Evaluasi
proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau
tertulis tentang materi passing bawah
·
Melakukan refleksi
oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi passing bawah
·
Memberikan umpan balik
dan penugasan pada peserta didik
Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan berdoa
|
|
G.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat :
-
Lapangan,
Bola sepak, bola karet, cone, pluit.
2.
Sumber
Belajar
-
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013
-
Buku
referensi lain yang sesuai
H. Penilaian
1. Penilaian
sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati
sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang
diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, sportif, dan disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang
sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku
yang diharapkan.
Aspek
yang Diukur
|
Deskripsi
Sikap yang Diukur
|
BT
|
MT
|
TN
|
1. Disiplin
|
Hadir tepat waktu
|
|
|
|
Menggunakan seragam OR
|
|
|
|
|
Mengikuti
seluruh proses pembelajaran
|
|
|
|
|
Selesai tepat waktu
|
|
|
|
|
2. Kerja
sama
|
Bersama-sama menyiapkan peralatan
|
|
|
|
Saling memberikan umpan secara bergantian
|
|
|
|
|
Menjaga
bola secara bergantian
|
|
|
|
|
3. Tanggung jawab
|
Menyelesaikan
tugas yang diterima
|
|
|
|
Menjaga keselamatan diri dn orang lain
|
|
|
|
|
Tidak mencari cari kesalahan teman
|
|
|
|
|
Saling
menghargai
|
|
|
|
|
Mau mengakui kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
Pengetahuan: Keterangan:
a.
BT : Belum Tampak
b.
MT : Mulai Tampak
c.
TN : Tampak Nyata
2.
Jawab
secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak passing
bawah dalam permainan bolavoli.
B.
INSTRUMEN KISI-KISI PENILAIAN PENGETAHUAN
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Esensial
|
Level Pengetahuan
|
Jumlah Butir
|
No Soal
|
Pen-skoran
|
1.
|
Menentukan
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola besar
|
a.
Menyebut bagian kaki
mana saja yang dapat digunakan menendang, dapat memvariasikan dan
dikombinasikan
|
C-1
|
1
|
1
|
Skor 3, jika
jenis disebut secara lengkap
Skor 2, jika
jenis disebut secara kurang lengkap
Skor 1, jika
jenis disebut tidak lengkap
|
b.
Menjelaskan berbagai
kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar
menendang dan mengontrol/ menghentikan bola
|
C-3
|
1
|
2
|
Skor 4, jika
penjelasan benar dan lengkap
Skor 3, jika
penjelasan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2, jika
sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika
hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
|
||
c.
Menjelaskan cara
melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan bola besar
(sepak bola)
|
C-3
|
1
|
2
|
Skor 4, jika
urutan benar dan lengkap
Skor 3, jika
urutan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2, jika
sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika
hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap
|
C.
INSTRUMEN KISI-KISI PENILAIAN KETERAMPILAN
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Esensial
|
Uraian Gerak
|
Pen-skoran
|
1.
|
Mempraktikkan
keterampilan dasar menendang yang baik
|
a.
Posisi dan sikap awal
|
1.
Kedua kaki dibuka
selebar bahu dengan posisi tungkai kaki yang akan menendang berada sedikit di
belakang
2.
Badan agak condong ke
depan, berat badan berada dikaki depan
3.
Kedua lengan dan
tangan relaks di samping menyesuaikan dengan posisi badan
4.
Pandangan mata tertuju pada bola yang akan ditendang
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
b.
Pelaksanaan gerakan
|
1.
Salah satu kaki yang berada di belakang
diayun ke depan lalu bagian kaki (bagian dalam, punggung, bagian luar)
menyentuh bagian bola
2.
Badan agak condong ke
kaki yang di depan, bola di letakan di
depan kaki yang akan menendang
3.
Kedua lengan relaks
bergerak mengimbangi gerakan kaki
4.
Pandangan mata ke
arah lepasnya bola
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
||
c.
Posisi dan sikap
akhir
|
1.
Kedua kaki sejajar
terbuka selebar bahu
2.
Badan tegak
3.
Kedua lengan relaks
di samping badan
4.
Pandangan mata ke
arah lepasnya bola
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Esensial
|
Uraian Gerak
|
Pen-skoran
|
1.
|
Mempraktikkan
keterampilan dasar mengontrol bola/menghentikan bola yang baik
|
a.
Posisi dan sikap awal
|
1.
Kedua kaki dibuka
selebar bahu dengan posisi tungkai kaki sejajar
2.
Badan agak condong ke
depan, berat badan berada dikaki depan
3.
Kedua lengan dan
tangan relaks di samping menyesuaikan dengan posisi badan
4.
Pandangan mata tertuju pada datangnya bola
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
b.
Pelaksanaan gerakan
|
1.
Salah satu bagian tungkai/kaki diarahkan
sesuai datangnya bola ( kaki bagian dalam, punggung, kaki bagian luar)
menyentuh bagian bola yang datang
2.
Badan agak condong
mengimbangi bagian kaki akan menerima
atau mengontrol bola.
3.
Kedua lengan relaks
bergerak mengimbangi gerakan kaki
4.
Pandangan mata ke
arah datangnya bola
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
||
c.
Posisi dan sikap
akhir
|
1.
Kedua kaki sejajar
terbuka selebar bahu
2.
Badan tegak
3.
Kedua lengan relaks
di samping badan
4.
Pandangan mata ke
arah bola yang sudah terkontrol.
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
Keterangan:
1.
Skor 4: Jika
peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator (kaki, tangan, dan pandangan)
2.
Skor 3: Jika
peserta didik mampu menjelaskan dua indikator.
3.
Skor 2:
Jika peserta didik mampu
menjelaskan salah satu indikator.
4.
Skor 1: Jika
peserta didik tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban
peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
|
|

Jumlah skor maksimal
3. Tes
unjuk kerja (keterampilan):
1). Lakukan teknik dasar menendang bola
2). Lakukan teenik dasar mengontrol/menghentikan bola
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan
rentang nilai antara 1 sampai dengan 3
|
|

Jumlah
skor maksimal
D. Dari kisi-kisi
tersebut dapat disusun contoh instrument penilaian dalam bentuk lembar
pengamatan, sebagai berikut:
No
|
Indikator Esensial
|
Uraian Gerak
|
Ya
(1)
|
Tidak
(0)
|
1.
|
Posisi
dan Sikap Awal
|
a.
Kaki
|
|
|
b.
Badan
|
|
|
||
c.
Lengan
|
|
|
||
d.
Pandangan mata
|
|
|
||
2.
|
Pelaksanaan
Gerak
|
a.
Kaki
|
|
|
|
|
b.
Badan
|
|
|
|
|
c.
Lengan
|
|
|
|
|
d.
Pandangan mata
|
|
|
3.
|
Posisi
dan Sikap Akhir
|
a.
Kaki
|
|
|
|
|
b.
Badan
|
|
|
|
|
c.
Lengan
|
|
|
|
|
d.
Pandangan mata
|
|
|
Atau dapat disederahanakan menjadi:
No
|
Nama Peserta Didik
|
Posisi/ Sikap Awal
|
Pelaksanaan Gerak
|
Posisi/ Sikap Akhir
|
Jumlah Skor
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E. Bentuk
soal uraian (Essay)
1. Sebutkan bagian kaki mana saja yang dapat
digunakan untuk menendanag bola.
2. Sebutkan bagian kaki mana saja yang dapat
digunakan untuk mengontrol/ menghentikan bola.
3. Jelaskan bagian kaki mana yang dapat dengan
efektif untuk menontrol bola yang datangnya
menyusur tanah.
4. Bagian kaki mana yang paling efektif untuk
menendang jarak jauh
5. jelaskan keuntungan menghentikan bola
dengan bagian dada.
Wonogiri, 01 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala SMK Pancasila 10 Wuryantoro
Drs.
Sunowo Gito Wahono
NIP.
|
|
Guru mapel PJOK
Sadjadhi Munandar S.Pd
|
SADJADI MUNANDAR S.PD, SMK PANCASILA 10
WURYANTORO
|
By.Wawan
No comments:
Post a Comment