Monday, 19 December 2016

RPP PENJASKES SMK = LOMPAT TINGGI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                :  SMK PANCASILA 10 WURYANTORO
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                       :  X / 1 (Ganjil )          
Materi Pokok                         : Lompat Tinggi Gaya Stradlle
Alokasi Waktu                       : 3 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :                     
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati  dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif, dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam  serta dalam menenmpatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusaiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Tujuan:
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.      Membiasakan berdoa sebelum melakukan aktivitas
2.      Menunjukkan sikap sportif dalam bermain.
3.      Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembeajaran
4.      Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran .
5.      Menyebutkan urutan teknik lompat tinggi gaya stradlle.
6.      Menjelaskan cara melakukan ancang-ancang lompat tinggi gaya stradlle dengan teknik yang benar
7.      Menjelaskan cara melakukan tolkan kaki lompat tinggi gaya stradlle dengan teknik yang benar
8.      Menjelaskan teknik melayang lompat tinggi gaya stradlle dengan teknik yang benar
9.      Menyebutkan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat  melakukan lompat tinggi gaya stradlle
10.  Mempraktekkan  lompat tinggi gaya stradlle dengan baik

B.            Kompetensi Dasar dan Indikator:               
1.1.1.      Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.1.1          Berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran
1.1.2          Mengucapkan salam
1.1.3          Berperilaku sportif dalam bermain:
2.1.1.      Menghargai teman dan lawan
2.1.2.      Menerima kekalahan
2.1.3.      Mentaati peraturan permainan

     Bertanggung jawab  terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain,  dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran,:
2.1.1    Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
2.1.2    Mengembalikan peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
2.1.3    Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
2.1.4    Menjaga ketertiban lingkungan sekitar
2.6  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik:
2.6.1    Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan
2.6.2    Mengikuti semua proses pembelajaran
3.3. Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
4.3. Mempraktikan perbaikan keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar sesuai hasil analisis dan katagorisasi Menyebutkan jenis-jenis teknik lompat tinggi gaya stradle yang dapat divariasikan dan  dikombinasikan.
4.3.1.      Melakukan bentuk latihan teknik awalan lompat tinggi gaya stradle dengan teknik yang baik
4.3.2.      Melakukan bentuk latihan teknik tolakan lompat tinggi gaya stradle dengan teknik yang baik
4.3.3.      Melakukan bentuk latuhan teknik lompat tinggi gaya stradle dengan teknik yang baik
4.3.4.      Melakukan bentuk latihan lompat tinggi gaya straddle dengan teknik yang baik
3.3.1.      Menyebutkan urutan tekniklompat tinggi gaya stradlle: 
3.3.2.      Menjelaskan kegunaan latihan lompat tinggi gaya stradle
3.3.3.      menjelaskan gerakan lompat tinggi gaya stradle
4.3.5.      Mempraktekkan latihan lompat tinggi gaya stradlle dengan baik dan benar

D. Materi Pembelajaran
Ø  Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Straddle
Kelangsungan gekan lompat gaya straddle dapat dibagi ata awalan, tumpuan , melewati mistar dan mendarat.
a.             Awalan
Awalan lompatan tinggi gaya straddle dilakukan dalam garis lurus yang menyerong dari permukaan depan matras pendaratan. Sudut yang disarankan adalah sekitar 200 - 300 dari garis lurus matras, tetapi dapat juga awalan tersebut berbentuk lengkungan dengan sudut 45–  55 0 terhadap letak mistar.
Description: Description: l13.jpg
Kecepatan dalam melakukan awalan diperlukam untuk member momentum terhadap badan untuk melewati mistar. Oleh sebab itu awaln dilakukan dengan kecepatan yang cukup tinggi. Panjang awalan sebanyak delapan langkah yang terdiri dari empat langkah terakhir lebih dari pada empat langkah yang pertama. Agar selalu bertumpu pada titik tumpu yang tepat dianjurkan menggunakan tanda-tanda. Kalau tumpuan dilakukan dengan kaki kiri, maka awalan dimulai dari sebelah kiri bak lompat.
b.                 Tolakan
Tolakan pada saat melakukan tumpuan dilakukan dengan kuat agar menghasilkan gerakan naik yang maksimal. Untuk mencapai ini, langkah terakhir agar lebih lebar dengan sikap badan agak menengadah disertai gerakan ayunan ke atas untuk membantu mengangkat titik berat badan lebih tinggi.
Sikap badan yang agak menengadah menyebabkan sudut tumpuan yang besar. Sehingga akan mempermudah gerakan mengayun kaki yang juga membantu gerakan ke atas. Gerakan kaki ayuna dalam keadaan luru tetapi tidak kaku.
Setelah kaki kanan ayunkan ke atas dan badan terangkat dengan kaki tumpu lepas dari tanah, kaki ayun tersebut tidak lurus lagi. Ayunan kaki lebih tinggi dari pada kepala dan melewati mistar lebih dalu dari badan yang lain dan di usahakan agar lengan kiri tidak sampai ,menyentuh mistar.
c.                  Bentuk badan saat melewati mistar
Setelah mencapai titik tonggi maksimum, badan diputar ke kiri penuh dengan kepala mendahului lewat mistar. Perut dan dada menghadap ke bawah, kaki tumpuan yang semula bergantung, ditarik dalam sikap kangkang pada saat ini kaki kanan sudah turun dan tngan sudah bersiap-siap membantu mendarat.
Description: Description: guling-perut-stradel.jpg
d.                 Mendarat
Setelah melewati mistar, pelompat dapat langsung jatuh bertumpu pada punggung yang tidak membahayakan. Tetapi kalau tempat pendaratan terbuat dari bak pasir pendaratan dilakukan dengan kaki kanan( kaki ayun ) dan di bantu oleh kedua tangan. Kalau badan akan di jatuhkan, yang jatuh terlebih dahulu adalah pundak bagaian kanan dan kemudian terus berguling.
Description: Description: l12.jpg


E.    Metode Pembelajaran.
1.    Pendekatan: saintifik (scientific)
2.    Resiprokal

F.   Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·       Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
·       Pengkondisian fisik, mental, untuk mengikuti pembelajaran.
·       Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
10 menit
Inti
Mengamati
·         Mencari dan membaca informasi tentang  variasi dan kombinasi teknik perlombaan lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan pendaratan) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik dan membuat catatan/laporan, dan
·         Peserta didik mengamati perlombaan lompat tinggi gaya straddle secara langsung dan atau di TV/video dan membuat catatan tentang  variasi dan kombinasi teknik lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan pendaratan), atau
·         Peserta didik mengamati tentang  variasi dan kombinasi teknik lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan pendaratan) yang diperagakan oleh guru atau salah satu perserta didik yang mampu dan membuat catatan hasil pengamatan.

Menanya
·         Peserta didik secara bergantian saling bertanya tentang variasi dan kombinasi teknik lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan pendaratan)   misalnya : apakah teknik tumpuan mempengaruhi kemampuan melompat, apakah tingginya awalan mempengaruhi tingginya lompatan, apakah terdapat perbedaan   apabila menggunakan pendekatan yang berbeda.
·         Peserta didik saling bertanya tentang manfaat olahraga cabang atletik lompat tinggi terhadap kesehatan
·         Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam lompat tinggi
·         Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan lompat tinggi gaya straddle.

Eksplorasi
·         Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan awalan lompat tinggi gaya straddlesecara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·         Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan tumpuan lompat tinggi gaya straddlesecara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·         Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan sikap tubuh di atas mistar lompat tinggi gaya straddlesecara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·         Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan sikap tubuh saat mendarat lompat tinggi gaya straddlesecara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·         Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan awalan dan tumpuan lompat tinggi gaya straddlesecara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·         Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan awalan, tumpuan dan sikap tubuh di atas mistar lompat tinggi gaya straddlesecara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·         Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan awalan, tumpuan, sikap tubuh di atas mistardan sikap tubuh saat mendarat lompat tinggi gaya straddlesecara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·         Menjelaskan variasi dan kombinasi lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan sikap tubuh sewaktu mendarat) dengan benar dan membuat laporan hasil diskusi secara berkelompok.
·         Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik gerakan lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan sikap tubuh sewaktu mendarat) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·         Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik gerakan lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan sikap tubuh sewaktu mendarat) dengan benar dan membuat kesimpulannya.

Mengasosiasi
·         Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi olahraga atletik lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan sikap tubuh sewaktu mendarat)
Mengkomunikasikan
·         Melakukan perlombaan lompat tinggi gaya straddle dengan menggunakan peraturan sesungguhnya dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain
·         Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·         Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
100 menit
Penutup
·         Pendinginan.
·         Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi lompat jauh gaya berjalan di udara
·         Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi lompat jauh gaya berjalan di udara
·         Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan  berdoa
25 Menit
G.   Alat dan  Sumber Belajar
1.    Alat :
-                           Bak lompat tinggi, lintasan, matras,kapur,bendera  pluit.
2.                  Sumber Belajar
-                 Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013
-                 Buku referensi lain yang sesuai
H.   Penilaian
1.      Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, sportif, dan disiplin.

Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1.
 
 RUBRIK PENILAIAN
SIKAP DALAM LOMPAT TINGGI GAYA STRADLE

Aspek yang Diukur
Deskripsi Sikap yang Diukur
BT
MT
TN
1.      Disiplin
Hadir tepat waktu



Mengikuti seluruh proses pembelajaran



Selesai tepat waktu



2.   Kerjasama
Bersama-sama menyiapkan peralatan



Mau menjaga keselamatan teman



Mau turut mengukur hasil lompatan



3.      Kerja keras
Tidak mengenal lelah



Mengikuti pembelajaran dengan tekun



Mengulang-ulang latihan



4.   Tanggung jawab
Mau mengakui kesalahan yang dilakukan



Tidak mencari cari kesalahan teman



Mengerjakan tugas yang diterima




Keterangan:
a.              BT     : Belum Tampak
b.             MT : Mulai Tampak
c.              TN    : Tampak Nyata

2.      Pengetahuan:

Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak  lompat tinggi gaya stradle
No
Pertanyaan
Kriteria Persekoran
Jumlah
1
2
3
4
1
Sebutkan urutan teknik lompat tinggi gaya stradle






2
Jelaskan teknik yang benar melakukan awalan lari lompat tinggi gaya stradle





3
Jelaskan sikap/teknik menolak lompat tinggi gaya stradle





4
Jelaskan teknik melayang lompat tinggi gaya stradle






5
Jelaskan /teknik mendarat lompat tinggi gaya stradle






6
Jelaskan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan lompat tinggi gaya stradle





7
Jelaskan Kegunaan latihan lompat tinggi gaya stradle








Keterangan:
1.      Skor 4: Jika peserta didik mampu menjelaskan empat  indikator (kaki, tangan, badan dan pandangan)
2.      Skor 3:     Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator.
3.      Skor 2:     Jika  peserta didik mampu menjelaskan dua indikator indikator.
4.      Skor 1:     Jika peserta didik hanya satu indikator di atas mampu dijelaskan
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
100
 
X
 
                                                            Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  = 
                                                            Jumlah skor maksimal

3.      Tes unjuk kerja  (keterampilan): 
1). Lakukan teknik dasar lompat tinggi gaya stradle
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
100
 
X
 
                        Jumlah skor yang diperoleh
       Nilai = 
                        Jumlah skor maksimal

 
 RUBRIK PENILAIAN  KETERAMPILAN LOMPAT TINGGI
GAYA STRADLE
No
Kompetensi Dasar
Indikator Esensial
Uraian Gerak

Pen-skoran
1.
Mempraktikkan keterampilan salah satu nomor atletik (lompat jauh gaya berjalan di udara)
a.       Sikap ancang-ancang
1.      Melakukan awalan lari sejauh 30 – 40 meter
2.    Saat  berlari langkah kaki jauh, lutut diangkat
3.    Kedua lengan dan tangan relaks di samping badan
4.    Pandangan mata ke arah bak lompat
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
b.    Sikap  dasar menolak
1.      Tolakan salah satu kaki terkuat pada papan tolak, kaki yang lain diangkat ke depan atas
2.    Gerakan badan agak condong ke depan,
3.    Kedua lengan dayun kedepan mengikuti diayun ke depan atas menjaga keseimbangan
4.    Pandangan mata ke arah depan
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
c.    Teknik Diatas mistar
1.      Kaki kanan di tolak melewati mistar
2.    Badan stramline dengan mistar
3.    Kaki kiri di lentingkan ke atas belakang
4.    Pandangan mata ke arah mistar
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar


d.   Teknik mendarat
1.      Mendarat dengan dua kaki  merapat
2.      Kedua lutut ditekuk/mengeper
3.      Kedua lengan kearah depan menjaga keseimbangan
4.      Berat badan didorong kedepan
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar

Mengetahui,
Kepala SMK Pancasila 10 Wuryantoro


Drs. Sunowo Gito Wahono
      NIP.

Wonogiri,  01 Juli 2016
Guru mapel PJOK



Sadjadi Munandar S.Pd














SADJADI MUNANDAR S.PD,SMK PANCASILA 10 WURYANTORO


By Wawan

No comments:

Post a Comment