RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK PANCASILA 10 WURYANTORO
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1 (Ganjil )
Materi Pokok : Lompat Tinggi
Gaya Stradlle
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam
menenmpatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisi
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusaiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Tujuan:
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1. Membiasakan
berdoa sebelum melakukan aktivitas
2. Menunjukkan sikap sportif
dalam bermain.
3. Menunjukkan sikap tanggung
jawab dalam keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembeajaran
4. Menunjukkan sikap disiplin
selama mengikuti pembelajaran .
5. Menyebutkan urutan teknik lompat
tinggi gaya stradlle.
6. Menjelaskan cara melakukan
ancang-ancang lompat tinggi
gaya stradlle
dengan teknik yang benar
7. Menjelaskan cara melakukan
tolkan kaki lompat tinggi
gaya stradlle
dengan teknik yang benar
8. Menjelaskan teknik melayang
lompat tinggi gaya
stradlle dengan teknik yang benar
9. Menyebutkan
kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat
melakukan lompat tinggi gaya stradlle
10. Mempraktekkan lompat
tinggi
gaya stradlle dengan baik
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator:
1.1.1. Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan
kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.1.1
Berdo’a
sebelum dan sesudah pembelajaran
1.1.2
Mengucapkan
salam
1.1.3
Berperilaku
sportif dalam bermain:
2.1.1.
Menghargai teman dan
lawan
2.1.2.
Menerima kekalahan
2.1.3.
Mentaati peraturan
permainan
Bertanggung
jawab terhadap
keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan
sarana dan prasarana pembelajaran,:
2.1.1
Menjaga dan menggunakan
peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
2.1.2
Mengembalikan peralatan
pembelajaran ketempat yang telah disediakan
2.1.3
Menjaga keselamatan
diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
2.1.4
Menjaga ketertiban
lingkungan sekitar
2.6
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik:
2.6.1 Mengikuti
kegiatan sesuai waktu yang ditentukan
2.6.2
Mengikuti semua proses
pembelajaran
3.3. Menganalisis
variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari,
lompat dan lempar) untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
4.3. Mempraktikan perbaikan keterampilan salah satu nomor
atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar sesuai hasil analisis dan katagorisasi Menyebutkan jenis-jenis teknik lompat tinggi gaya stradle yang dapat divariasikan dan
dikombinasikan.
4.3.1.
Melakukan bentuk latihan teknik awalan lompat tinggi gaya stradle dengan teknik yang baik
4.3.2.
Melakukan bentuk latihan teknik tolakan lompat tinggi gaya stradle dengan teknik yang baik
4.3.3.
Melakukan bentuk latuhan teknik lompat tinggi
gaya stradle dengan teknik yang baik
4.3.4.
Melakukan bentuk latihan lompat tinggi gaya straddle dengan
teknik yang baik
3.3.1.
Menyebutkan urutan tekniklompat tinggi gaya stradlle:
3.3.2.
Menjelaskan kegunaan latihan lompat tinggi
gaya stradle
3.3.3.
menjelaskan gerakan lompat tinggi gaya
stradle
4.3.5. Mempraktekkan latihan lompat tinggi gaya stradlle dengan baik dan benar
D. Materi Pembelajaran
Ø Teknik
Dasar Lompat Tinggi Gaya Straddle
Kelangsungan
gekan lompat gaya straddle dapat dibagi ata awalan, tumpuan , melewati mistar
dan mendarat.
a.
Awalan
Awalan
lompatan tinggi gaya straddle dilakukan dalam garis lurus yang menyerong dari
permukaan depan matras pendaratan. Sudut yang disarankan adalah sekitar 200 -
300 dari garis lurus matras, tetapi dapat juga awalan tersebut
berbentuk lengkungan dengan sudut 450 – 55 0 terhadap
letak mistar.

Kecepatan
dalam melakukan awalan diperlukam untuk member momentum terhadap badan untuk
melewati mistar. Oleh sebab itu awaln dilakukan dengan kecepatan yang cukup
tinggi. Panjang awalan sebanyak delapan langkah yang terdiri dari empat langkah
terakhir lebih dari pada empat langkah yang pertama. Agar selalu bertumpu pada
titik tumpu yang tepat dianjurkan menggunakan tanda-tanda. Kalau tumpuan
dilakukan dengan kaki kiri, maka awalan dimulai dari sebelah kiri bak lompat.
b.
Tolakan
Tolakan
pada saat melakukan tumpuan dilakukan dengan kuat agar menghasilkan gerakan
naik yang maksimal. Untuk mencapai ini, langkah terakhir agar lebih lebar
dengan sikap badan agak menengadah disertai gerakan ayunan ke atas untuk
membantu mengangkat titik berat badan lebih tinggi.
Sikap
badan yang agak menengadah menyebabkan sudut tumpuan yang besar. Sehingga akan
mempermudah gerakan mengayun kaki yang juga membantu gerakan ke atas. Gerakan
kaki ayuna dalam keadaan luru tetapi tidak kaku.
Setelah
kaki kanan ayunkan ke atas dan badan terangkat dengan kaki tumpu lepas dari
tanah, kaki ayun tersebut tidak lurus lagi. Ayunan kaki lebih tinggi dari pada
kepala dan melewati mistar lebih dalu dari badan yang lain dan di usahakan agar
lengan kiri tidak sampai ,menyentuh mistar.
c.
Bentuk badan saat
melewati mistar
Setelah
mencapai titik tonggi maksimum, badan diputar ke kiri penuh dengan kepala
mendahului lewat mistar. Perut dan dada menghadap ke bawah, kaki tumpuan yang
semula bergantung, ditarik dalam sikap kangkang pada saat ini kaki kanan sudah
turun dan tngan sudah bersiap-siap membantu mendarat.

d.
Mendarat
Setelah
melewati mistar, pelompat dapat langsung jatuh bertumpu pada punggung yang
tidak membahayakan. Tetapi kalau tempat pendaratan terbuat dari bak pasir
pendaratan dilakukan dengan kaki kanan( kaki ayun ) dan di bantu oleh kedua
tangan. Kalau badan akan di jatuhkan, yang jatuh terlebih dahulu adalah pundak
bagaian kanan dan kemudian terus berguling.

E. Metode
Pembelajaran.
1.
Pendekatan: saintifik (scientific)
2.
Resiprokal
F. Kegiatan
Pembelajaran.
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Berbaris,
berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau
pembelajaran sebelumnya.
·
Pengkondisian fisik, mental, untuk
mengikuti pembelajaran.
·
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencari dan membaca informasi
tentang variasi dan kombinasi teknik
perlombaan lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas
mistar, dan pendaratan) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik dan
membuat catatan/laporan, dan
·
Peserta didik mengamati perlombaan
lompat tinggi gaya straddle secara langsung dan atau di TV/video dan membuat
catatan tentang variasi dan kombinasi
teknik lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas
mistar, dan pendaratan), atau
·
Peserta didik mengamati tentang variasi dan kombinasi teknik lompat tinggi
gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan pendaratan)
yang diperagakan oleh guru atau salah satu perserta didik yang mampu dan
membuat catatan hasil pengamatan.
Menanya
·
Peserta didik secara bergantian saling
bertanya tentang variasi dan kombinasi teknik lompat tinggi gaya straddle
(awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan pendaratan) misalnya : apakah teknik tumpuan mempengaruhi
kemampuan melompat, apakah tingginya awalan mempengaruhi tingginya lompatan,
apakah terdapat perbedaan apabila
menggunakan pendekatan yang berbeda.
·
Peserta didik saling bertanya tentang
manfaat olahraga cabang atletik lompat tinggi terhadap kesehatan
·
Peserta didik saling bertanya tentang
otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam lompat tinggi
·
Peserta didik saling bertanya tentang
bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan lompat tinggi
gaya straddle.
Eksplorasi
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi teknik gerakan awalan lompat tinggi
gaya straddlesecara individu atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi teknik gerakan tumpuan lompat tinggi
gaya straddlesecara individu atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi teknik gerakan sikap tubuh di atas mistar lompat
tinggi gaya straddlesecara individu atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi teknik gerakan sikap tubuh saat mendarat lompat
tinggi gaya straddlesecara individu atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi teknik gerakan awalan dan tumpuan lompat tinggi
gaya straddlesecara individu atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi teknik gerakan awalan, tumpuan dan sikap tubuh di atas
mistar lompat
tinggi gaya straddlesecara individu atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi teknik gerakan awalan, tumpuan, sikap tubuh di atas
mistardan sikap tubuh saat mendarat lompat tinggi gaya straddlesecara individu atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Menjelaskan variasi dan kombinasi lompat tinggi gaya straddle (awalan, tolakan, sikap tubuh
di atas mistar, dan sikap tubuh sewaktu mendarat) dengan benar dan membuat laporan hasil diskusi secara
berkelompok.
·
Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan
kombinasi teknik gerakan lompat tinggi
gaya straddle (awalan, tolakan,
sikap tubuh di atas mistar, dan sikap tubuh sewaktu mendarat) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·
Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan
saat melakukan variasi dan kombinasi teknik gerakan lompat tinggi gaya straddle
(awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan sikap tubuh sewaktu
mendarat) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mengasosiasi
·
Menemukan dan
menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam
mempraktikkan
variasi dan kombinasi olahraga atletik lompat tinggi gaya straddle
(awalan, tolakan, sikap tubuh di atas mistar, dan sikap tubuh sewaktu
mendarat)
Mengkomunikasikan
·
Melakukan perlombaan
lompat tinggi gaya straddle dengan menggunakan
peraturan sesungguhnya dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain
·
Menunjukkan perilaku menerima
kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·
Memberikan saran perbaikan
keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
|
100 menit
|
Penutup
|
·
Pendinginan.
·
Evaluasi
proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau
tertulis tentang materi lompat jauh gaya berjalan di udara
·
Melakukan refleksi
oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi lompat jauh gaya berjalan di udara
·
Memberikan umpan balik
dan penugasan pada peserta didik
·
Menarik
kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan berdoa
|
25 Menit
|
G. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat :
-
Bak lompat tinggi, lintasan, matras,kapur,bendera pluit.
2.
Sumber
Belajar
-
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum
2013
-
Buku referensi lain yang
sesuai
H. Penilaian
1.
Penilaian sikap
Selama proses
pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan
aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran,
yaitu bertanggung jawab, sportif, dan
disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda
cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan
atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1.
RUBRIK PENILAIAN
SIKAP DALAM LOMPAT TINGGI GAYA STRADLE
Aspek yang
Diukur
|
Deskripsi
Sikap yang Diukur
|
BT
|
MT
|
TN
|
1.
Disiplin
|
Hadir tepat
waktu
|
|
|
|
Mengikuti
seluruh proses pembelajaran
|
|
|
|
|
Selesai tepat
waktu
|
|
|
|
|
2.
Kerjasama
|
Bersama-sama
menyiapkan peralatan
|
|
|
|
Mau menjaga
keselamatan teman
|
|
|
|
|
Mau turut
mengukur hasil lompatan
|
|
|
|
|
3.
Kerja keras
|
Tidak mengenal
lelah
|
|
|
|
Mengikuti
pembelajaran dengan tekun
|
|
|
|
|
Mengulang-ulang
latihan
|
|
|
|
|
4.
Tanggung jawab
|
Mau mengakui
kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
Tidak mencari
cari kesalahan teman
|
|
|
|
|
Mengerjakan
tugas yang diterima
|
|
|
|
Keterangan:
a.
BT :
Belum Tampak
b.
MT :
Mulai Tampak
c.
TN :
Tampak Nyata
2.
Pengetahuan:
Jawab secara
lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep
gerak lompat tinggi gaya stradle
No
|
Pertanyaan
|
Kriteria
Persekoran
|
Jumlah
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Sebutkan urutan teknik lompat
tinggi gaya stradle
|
|
|
|
|
|
2
|
Jelaskan teknik yang benar melakukan awalan lari lompat
tinggi gaya stradle
|
|
|
|
|
|
3
|
Jelaskan
sikap/teknik menolak lompat tinggi gaya stradle
|
|
|
|
|
|
4
|
Jelaskan teknik melayang lompat tinggi gaya
stradle
|
|
|
|
|
|
5
|
Jelaskan /teknik
mendarat
lompat tinggi gaya stradle
|
|
|
|
|
|
6
|
Jelaskan
kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan lompat tinggi gaya stradle
|
|
|
|
|
|
7
|
Jelaskan Kegunaan latihan lompat tinggi gaya stradle
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1. Skor 4: Jika peserta didik mampu menjelaskan empat indikator (kaki, tangan, badan
dan pandangan)
2. Skor 3: Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator.
3. Skor 2: Jika
peserta didik mampu menjelaskan dua indikator
indikator.
4. Skor 1: Jika peserta didik hanya satu indikator di atas mampu dijelaskan
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban
peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
|
|
Nilai =
Jumlah skor maksimal
3.
Tes unjuk kerja (keterampilan):
1). Lakukan teknik dasar lompat
tinggi gaya stradle
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian,
dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
|
|

Jumlah
skor maksimal
RUBRIK
PENILAIAN KETERAMPILAN LOMPAT TINGGI
GAYA STRADLE
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Esensial
|
Uraian
Gerak
|
Pen-skoran
|
||||
1.
|
Mempraktikkan keterampilan
salah satu nomor atletik (lompat jauh gaya berjalan di udara)
|
a.
Sikap ancang-ancang
|
1.
Melakukan awalan lari sejauh 30 – 40
meter
2.
Saat
berlari langkah kaki jauh, lutut diangkat
3.
Kedua lengan dan tangan relaks di
samping badan
4.
Pandangan mata ke arah bak lompat
|
Skor
4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
||||
b.
Sikap
dasar menolak
|
1.
Tolakan salah satu kaki terkuat pada
papan tolak, kaki yang lain diangkat ke depan atas
2.
Gerakan badan agak condong ke depan,
3.
Kedua lengan dayun kedepan mengikuti
diayun ke depan atas menjaga keseimbangan
4.
Pandangan mata ke arah depan
|
Skor
4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
||||||
c.
Teknik Diatas mistar
|
1.
Kaki kanan di tolak melewati mistar
2.
Badan stramline dengan mistar
3.
Kaki kiri di lentingkan ke atas
belakang
4.
Pandangan mata ke arah mistar
|
Skor
4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
||||||
d.
Teknik mendarat
|
1.
Mendarat dengan dua kaki merapat
2.
Kedua lutut ditekuk/mengeper
3.
Kedua lengan kearah depan menjaga
keseimbangan
4.
Berat badan didorong kedepan
|
Skor
4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
||||||
Mengetahui,
Kepala SMK Pancasila 10 Wuryantoro
Drs.
Sunowo Gito Wahono
NIP.
|
|
Wonogiri, 01 Juli 2016
Guru mapel PJOK
Sadjadi Munandar S.Pd
|
||||||
SADJADI
MUNANDAR S.PD,SMK
PANCASILA 10 WURYANTORO
|
By Wawan
No comments:
Post a Comment