Monday, 19 December 2016

RPP PENJASKES SMK = LOMPAT JAUH



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                :  SMK Pancasila 10 Wuryantoro
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                       :  X / 1 (Ganjil )          
Materi Pokok                         : Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara
Alokasi Waktu                       : 3 x 45 menit ( 1 x pertemuan )

           A. Kompetensi Inti :                       
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.     Menghayati  dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong  royong,            kerjasama, toleran, damai) santun, responsif, dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam  serta dalam menenmpatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusaiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
           B. Tujuan:
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
       1.      Membiasakan berdoa sebelum melakukan aktivitas
       2.      Menunjukkan sikap sportif dalam bermain.
     3.      Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan      lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembeajaran
      4.      Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran .
      5.      Menyebutkan urutan teknik lompat jauh gaya berjalan di udara.
    6.      Menjelaskan cara melakukan ancang-ancang lompat jauh gaya berjalan diudara dengan teknik yang benar
    7.      Menjelaskan cara melakukan tolkan kaki lompat jauh gaya berjalan diudara dengan teknik yang benar.          8. Menjelaskan teknik melayang lompat jauh gaya berjalan diudara dengan teknik yang benar
    9.      Menyebutkan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat  melakukan lompat jauh gaya berjalan diudara
    10.  Mempraktekkan  lompat jauh gaya berjalan di udara dengan baik



    C.             Kompetensi Dasar dan Indikator:               

1.1.  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.1.1          Berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran
1.1.2          Mengucapkan sal
2.1  Berperilaku sportif dalam bermain:
2.1.1. Menghargai teman dan lawan
2.1.2. Menerima kekalahan
2.1.3. Mentaati peraturan permainan
2.2                Bertanggung jawab  terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain,  dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran,:
2.2.1    Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
2.2.2    Mengembalikan peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
2.2.3    Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
2.2.4    Menjaga ketertiban lingkungan sekitar
2.6  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik:
2.6.1    Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan
2.6.2    Mengikuti semua proses pembelajaran
3.3. Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat,  lari, lompat dan lempar) untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
4.3. Mempraktikan perbaikan keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar sesuai hasil analisis dan katagorisasi Menyebutkan jenis-jenis teknik dasar permainan bolavoli  yang dapat divariasikan dan  dikombinasikan.
4.3.1. Melakukan bentuk latuhan teknik ancang-ancang lompat jauh  dengan teknik yang baik
4.3.2. Melakukan bentuk latuhan teknik tolakan lompat jauh  dengan teknik yang baik
4.3.3. Melakukan bentuk latuhan teknik melayang lompat jauh   dengan teknik yang baik
4.3.4. Melakukan bentuk latuhan teknik mendarat lompat jauh    dengan teknik yang baik
4.3.5. Menyebutkan urutan teknik lompat jauh gaya berjalan diudara lompat jauh gauh berjalan di udara: 
4.3.6. Menjelaskan kegunaan latihan lompat jauh
4.3.7. Mempraktekkan latihan lompat  jauh gaya berjalan di udara dengan baik dan benar

D.   Materi Pembelajaran :

1.      Teknik latihan lompat jauh gaya berjalan di udara
1.1.Latihan lari ancang-ancang





-          Lari  sejauh 30-40m dengan lutut diangkat
-          Badan agak condong kedepan
-          Kedua lengan diangkat, dengan kedua sikut ditekuk
-          Pandangan kedepan
-          Menjaga kecepatan lari

1.2.Latihan menolak
-          Merupakan upaya pelompat melakukan tolakan pada
papan tumpuan menggunakan kaki yang terkuat
-          Saat kaki melakukan tolak­an,
-          posisi badan didorong kedepan atas,
-          dan kaki belakang serta kedua lengan di-ayunkan ke depan atas menjaga keseimbangan
-          Urutan tolakan kaki pada papan tumpuan, dimulai dari tumit, telapak kaki diteruskan pada ujung telapak kaki.

1.3.Latihan  teknik melayang
-          Kedua kaki di gerakan seperti berjalan  ( diudara)
-          Badan tegak didorong kedepan atas
-          Kedua lengan  relaks di samping badan menjaga keseimbangan
-          Pandangan mata ke arah depan

1.4.Latihan mendarat
-          Mendarat dengan dua kaki rapat
-          Kedua lutut ditekuk/mengeper
-          Kedua lengan kearah depan menjaga keseimbangan
-          Berat badan didorong kedepan




E.    Metode Pembelajaran.
1.      Pendekatan: saintifik (scientific)
2.      Resiprokal


F.   Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·       Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
·       Pengkondisian fisik, mental, untuk mengikuti pembelajaran.
·       Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
10 menit
Inti
Mengamati
·         Mencari dan membaca informasi tentang  variasi dan kombinasi teknik perlombaan lompat jauh gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik dan membuat catatan/laporan, dan
·         Peserta didik mengamati perlombaanlompat jauh gaya berjalan di udara secara langsung dan atau di TV/video dan membuat catatan tentang  variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat), atau
·         Peserta didik mengamati tentang  variasi dan kombinasi teknik lompat jauh gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) yang diperagakan oleh guru atau salah satu perserta didik yang mampu dan membuat catatan hasil pengamatan.

Menanya
·         Peserta didik secara bergantian saling bertanya tentang variasi dan kombinasi teknik lompat jauh gaya menggantung di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat)   misalnya : apakah teknik tumpuan mempengaruhi kemampuan melompat, apakah jauhnya awalan mempengaruhi tingginya lompatan, apakah terdapat perbedaan   apabila menggunakan pendekatan yang berbeda.
·         Peserta didik saling bertanya tentang manfaat olahraga cabang atletiklompat jauh terhadap kesehatan
·         Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam olahraga cabang atletik lompat jauh
·         Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan olahraga cabang atletik lompat jauh

Eksplorasi
·         Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan awalan/ancang-ancang lompat jauh gaya berjalan di udara secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·         Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan tumpuan lompat jauh gaya berjalan di udara secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·         Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan saat melayang di udara lompat jauh gaya berjalan di udara secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·         Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan mendarat lompat jauh gaya berjalan di udara secara individu atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·         Mendiskusikanvariasi dan kombinasi teknik gerakan lompat juah gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan benar dan membuat laporan hasil diskusi secara berkelompok.
·         Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik gerakan lompat juah gaya berjalan di udara (awalan/ ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·         Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik gerakan lompat juah gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan benar dan membuat kesimpulannya.

Mengasosiasi
·         Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam mempraktikkan variasi dan kombinasi olahraga atletik lompat jauh gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat).

Mengkomunikasikan
·         Melakukan perlombaan lompat jauhmenggunakan gaya berjalan di udara dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung-jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.

100 menit
Penutup
·         Pendinginan.
·         Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi lompat jauh gaya berjalan di udara
·         Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi lompat jauh gaya berjalan di udara
·         Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan  berdoa
25 Menit
G.   Alat dan  Sumber Belajar
1.    Alat :
-                           Bak lompat, lintasan, tali,  pluit.
2.      Sumber Belajar
-                 Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013
-                 Buku referensi lain yang sesuai


H.   Penilaian
1.      Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, sportif, dan disiplin.

Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1.

RUBRIK PENILAIAN
SIKAP DALAM LOMPAT JAUH GAYA BERJALAN DI UDARA

Aspek yang Diukur
Deskripsi Sikap yang Diukur
BT
MT
TN
1.      Disiplin
Hadir tepat waktu



Mengikuti seluruh proses pembelajaran



Selesai tepat waktu



2.   Kerjasama
Bersama-sama menyiapkan peralatan



Mau menjaga keselamatan teman



Mau turut mengukur hasil lompatan



3.      Kerja keras
Tidak mengenal lelah



Mengikuti pembelajaran dengan tekun



Mengulang-ulang latihan



4.   Tanggung jawab
Mau mengakui kesalahan yang dilakukan



Tidak mencari cari kesalahan teman



Mengerjakan tugas yang diterima




Keterangan:
a.       BT         : Belum Tampak
b.             MT : Mulai Tampak
c.              TN    : Tampak Nyata


2.      Pengetahuan:

Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak  glompat jauh gaya berjalan di udara.
No
Pertanyaan
Kriteria Persekoran

Jumlah
1
2
3
4
1
Sebutkan urutan teknik lompat jauh gaya berjalan di udara






2
Jelaskan teknik yang benar melakukan awalan lari lompat jauh gaya berjalan di udara






3
Jelaskan sikap/teknik menolak lompat jauh
 ( sikap kaki, badan, tangan dan pandangan)






4
Jelaskan teknik melayang lompat jauh         ( sikap kaki, badan, tangan dan pandangan)






5
Jelaskan /teknik mendarat lompat jauh          ( sikap kaki, badan, tangan dan pandangan)






6
Jelaskan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan pada latihan lompat jaug!






7
Jelaskan Kegunaan latihan lompat jauh







Keterangan:
1.      Skor 4: Jika peserta didik mampu menjelaskan empat  indikator (kaki, tangan, badan dan pandangan)
2.      Skor 3:     Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator.
3.      Skor 2:     Jika  peserta didik mampu menjelaskan dua indikator indikator.
4.      Skor 1:     Jika peserta didik hanya satu indikator di atas mampu dijelaskan

Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
100
 
X
 
                                                            Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  = 
                                                            Jumlah skor maksimal


     3.      Tes unjuk kerja  (keterampilan): 
1). Lakukan teknik dasar lompat jauh
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4         
100
 
X
 
            Jumlah skor yang diperoleh
       Nilai = 
                        Jumlah skor maksimal

UBRIK PENILAIAN  KETERAMPILAN LOMPAT JAUH
GAYA BERJALAN DI UDARA

No
Kompetensi Dasar
Indikator Esensial
Uraian Gerak

Pen-skoran
1.
Mempraktikkan keterampilan salah satu nomor atletik (lompat jauh gaya berjalan di udara)
a.       Sikap ancang-ancang
1.      Melakukan awalan lari sejauh 30 – 40 meter
2.    Saat  berlari langkah kaki jauh, lutut diangkat
3.    Kedua lengan dan tangan relaks di samping badan
4.    Pandangan mata ke arah bak lompat
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
b.    Sikap  dasar menolak
1.      Tolakan salah satu kaki terkuat pada papan tolak, kaki yang lain diangkat ke depan atas
2.    Gerakan badan agak condong ke depan,
3.    Kedua lengan dayun kedepan mengikuti diayun ke depan atas menjaga keseimbangan
4.    Pandangan mata ke arah depan
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
c.    Teknik melayang di udara
1.      Kedua kaki di gerakan seperti berjalan  ( diudara)
2.    Badan tegak didorong kedepan atas
3.    Kedua lengan  relaks di samping badan menjaga keseimbangan
4.    Pandangan mata ke arah depan
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar


d.   Teknik mendarat
1.      Mendarat dengan dua kaki rapat
2.      Kedua lutut ditekuk/mengeper
3.      Kedua lengan kearah depan menjaga keseimbangan
4.      Berat badan didorong kedepan
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar















Mengetahui,
Kepala SMK Pancasila 10 Wuryantoro



Drs. Sunowo Gito Wahono
      NIP.

Wonogiri,  01 Juli 2016
Guru mapel PJOK




Sadjadi Munandar S.Pd










SADJADI MUNANDAR S.PD,SMK PANCASILA 10 WURYANTORO

No comments:

Post a Comment