RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Pancasila 10 Wuryantoro
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1 (Ganjil )
Materi Pokok : Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam
menenmpatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisi
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusaiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Tujuan:
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1. Membiasakan
berdoa sebelum melakukan aktivitas
2. Menunjukkan sikap sportif
dalam bermain.
3. Menunjukkan sikap tanggung
jawab dalam keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembeajaran
4. Menunjukkan sikap disiplin
selama mengikuti pembelajaran .
5. Menyebutkan urutan teknik lompat jauh gaya berjalan di
udara.
6. Menjelaskan cara melakukan
ancang-ancang lompat jauh gaya berjalan diudara dengan teknik yang benar
7. Menjelaskan cara melakukan
tolkan kaki lompat jauh gaya berjalan diudara dengan teknik yang benar. 8. Menjelaskan teknik melayang
lompat jauh gaya berjalan diudara dengan teknik yang benar
9. Menyebutkan
kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat
melakukan lompat jauh gaya berjalan diudara
10. Mempraktekkan lompat jauh gaya
berjalan di udara dengan baik
C. Kompetensi Dasar dan Indikator:
1.1.
Menghargai tubuh
dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang
tidak ternilai
1.1.1
Berdo’a
sebelum dan sesudah pembelajaran
1.1.2
Mengucapkan
sal
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain:
2.1.1. Menghargai
teman dan lawan
2.1.2. Menerima
kekalahan
2.1.3. Mentaati
peraturan permainan
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri
sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta
dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran,:
2.2.1
Menjaga dan menggunakan
peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
2.2.2
Mengembalikan peralatan
pembelajaran ketempat yang telah disediakan
2.2.3
Menjaga keselamatan
diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
2.2.4
Menjaga ketertiban
lingkungan sekitar
2.6
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik:
2.6.1 Mengikuti
kegiatan sesuai waktu yang ditentukan
2.6.2
Mengikuti semua proses
pembelajaran
3.3. Menganalisis
variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar) untuk menghasilkan
koordinasi gerak yang baik
4.3. Mempraktikan perbaikan keterampilan salah satu nomor
atletik (jalan cepat, lari, lompat dan lempar sesuai hasil analisis dan
katagorisasi Menyebutkan jenis-jenis teknik dasar permainan
bolavoli yang dapat divariasikan
dan dikombinasikan.
4.3.1.
Melakukan bentuk latuhan teknik ancang-ancang lompat
jauh dengan teknik yang baik
4.3.2.
Melakukan bentuk latuhan teknik tolakan lompat
jauh dengan teknik yang baik
4.3.3.
Melakukan bentuk latuhan teknik melayang lompat
jauh dengan teknik yang baik
4.3.4.
Melakukan bentuk latuhan teknik mendarat lompat
jauh dengan teknik yang baik
4.3.5.
Menyebutkan urutan teknik lompat jauh gaya berjalan
diudara lompat jauh gauh berjalan di udara:
4.3.6.
Menjelaskan kegunaan latihan lompat jauh
4.3.7.
Mempraktekkan latihan lompat jauh gaya berjalan di udara dengan baik dan
benar
D. Materi Pembelajaran :
1.
Teknik
latihan lompat jauh gaya berjalan di udara
1.1.Latihan lari ancang-ancang

-
Lari sejauh 30-40m dengan lutut diangkat
-
Badan agak
condong kedepan
-
Kedua lengan
diangkat, dengan kedua sikut ditekuk
-
Pandangan
kedepan
-
Menjaga
kecepatan lari
1.2.Latihan menolak
-
Merupakan upaya
pelompat melakukan tolakan pada
papan
tumpuan menggunakan kaki yang terkuat
-
Saat kaki melakukan
tolakan,
-
posisi badan
didorong kedepan atas,
-
dan kaki belakang
serta kedua lengan di-ayunkan ke depan atas menjaga keseimbangan
-
Urutan tolakan kaki
pada papan tumpuan, dimulai dari tumit, telapak kaki diteruskan pada ujung
telapak kaki.
1.3.Latihan teknik
melayang
-
Kedua kaki di gerakan seperti
berjalan ( diudara)
-
Badan tegak didorong kedepan atas
-
Kedua lengan relaks di samping badan menjaga keseimbangan
-
Pandangan mata ke arah depan
1.4.Latihan mendarat
-
Mendarat dengan dua kaki rapat
-
Kedua lutut ditekuk/mengeper
-
Kedua lengan kearah depan menjaga
keseimbangan
-
Berat badan didorong kedepan

E. Metode
Pembelajaran.
1.
Pendekatan: saintifik (scientific)
2.
Resiprokal
F. Kegiatan
Pembelajaran.
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Berbaris,
berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau
pembelajaran sebelumnya.
·
Pengkondisian fisik, mental, untuk
mengikuti pembelajaran.
·
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencari dan membaca informasi
tentang variasi dan kombinasi teknik
perlombaan lompat jauh gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan,
melayang di udara dan mendarat) dari berbagai sumber media cetak atau
elektronik dan membuat catatan/laporan, dan
·
Peserta didik mengamati
perlombaanlompat jauh gaya berjalan di udara secara langsung dan atau di
TV/video dan membuat catatan tentang
variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh gaya berjalan di udara
(awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat), atau
·
Peserta didik mengamati tentang variasi dan kombinasi teknik lompat jauh
gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan
mendarat) yang diperagakan oleh guru atau salah satu perserta didik yang
mampu dan membuat catatan hasil pengamatan.
Menanya
·
Peserta didik secara bergantian saling
bertanya tentang variasi dan kombinasi teknik lompat jauh gaya menggantung di
udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) misalnya : apakah teknik tumpuan
mempengaruhi kemampuan melompat, apakah jauhnya awalan mempengaruhi tingginya
lompatan, apakah terdapat perbedaan
apabila menggunakan pendekatan yang berbeda.
·
Peserta didik saling bertanya tentang
manfaat olahraga cabang atletiklompat jauh terhadap kesehatan
·
Peserta didik saling bertanya tentang
otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam olahraga cabang atletik lompat
jauh
·
Peserta didik saling bertanya tentang
bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan olahraga
cabang atletik lompat jauh
Eksplorasi
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi teknik gerakan awalan/ancang-ancang lompat jauh gaya
berjalan di udara secara individu atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi teknik gerakan tumpuan lompat jauh gaya berjalan di
udara secara individu atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan variasi
dan kombinasi teknik gerakan saat melayang di udara lompat jauh gaya berjalan
di udara secara individu atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi teknik gerakan mendarat lompat jauh gaya berjalan di
udara secara individu atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Mendiskusikanvariasi dan kombinasi teknik gerakan lompat juah gaya berjalan di
udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan benar dan membuat laporan hasil
diskusi secara berkelompok.
·
Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan
kombinasi teknik gerakan lompat juah
gaya berjalan di udara (awalan/ ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan
mendarat) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·
Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan
saat melakukan variasi dan kombinasi teknik gerakan lompat juah
gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara dan
mendarat) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mengasosiasi
·
Menemukan dan
menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam
mempraktikkan
variasi dan kombinasi olahraga atletik lompat jauh gaya berjalan di udara (awalan/ancang-ancang, tumpuan, melayang di udara
dan mendarat).
Mengkomunikasikan
·
Melakukan perlombaan lompat jauhmenggunakan gaya berjalan di udara dengan
menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggung-jawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
|
100 menit
|
Penutup
|
·
Pendinginan.
·
Evaluasi
proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau
tertulis tentang materi lompat jauh gaya berjalan di udara
·
Melakukan refleksi
oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi lompat jauh gaya berjalan di udara
·
Memberikan umpan balik
dan penugasan pada peserta didik
·
Menarik
kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan berdoa
|
25 Menit
|
G. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat :
-
Bak lompat, lintasan, tali, pluit.
2.
Sumber
Belajar
-
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum
2013
-
Buku referensi lain yang
sesuai
H. Penilaian
1.
Penilaian sikap
Selama proses
pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan
aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran,
yaitu bertanggung jawab, sportif, dan
disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda
cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan
atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1.
RUBRIK PENILAIAN
SIKAP DALAM LOMPAT JAUH GAYA BERJALAN DI UDARA
Aspek yang
Diukur
|
Deskripsi
Sikap yang Diukur
|
BT
|
MT
|
TN
|
1.
Disiplin
|
Hadir tepat
waktu
|
|||
Mengikuti
seluruh proses pembelajaran
|
||||
Selesai tepat
waktu
|
||||
2.
Kerjasama
|
Bersama-sama
menyiapkan peralatan
|
|||
Mau menjaga
keselamatan teman
|
||||
Mau turut
mengukur hasil lompatan
|
||||
3.
Kerja keras
|
Tidak mengenal
lelah
|
|||
Mengikuti
pembelajaran dengan tekun
|
||||
Mengulang-ulang
latihan
|
||||
4.
Tanggung jawab
|
Mau mengakui
kesalahan yang dilakukan
|
|||
Tidak mencari
cari kesalahan teman
|
||||
Mengerjakan
tugas yang diterima
|
Keterangan:
a.
BT :
Belum Tampak
b.
MT :
Mulai Tampak
c.
TN :
Tampak Nyata
2.
Pengetahuan:
Jawab secara
lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep
gerak glompat jauh gaya berjalan di
udara.
No
|
Pertanyaan
|
Kriteria
Persekoran
|
Jumlah
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Sebutkan urutan teknik lompat jauh
gaya berjalan di udara
|
|||||
2
|
Jelaskan teknik yang benar melakukan awalan lari lompat jauh
gaya berjalan di udara
|
|||||
3
|
Jelaskan sikap/teknik
menolak
lompat jauh
( sikap kaki, badan, tangan dan pandangan)
|
|||||
4
|
Jelaskan teknik melayang lompat jauh ( sikap kaki, badan, tangan dan
pandangan)
|
|||||
5
|
Jelaskan /teknik
mendarat
lompat jauh ( sikap kaki,
badan, tangan dan pandangan)
|
|||||
6
|
Jelaskan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan pada latihan
lompat jaug!
|
|||||
7
|
Jelaskan Kegunaan latihan lompat jauh
|
Keterangan:
1.
Skor
4: Jika peserta didik mampu menjelaskan empat indikator (kaki, tangan, badan
dan pandangan)
2.
Skor
3: Jika peserta didik mampu
menjelaskan tiga indikator.
3.
Skor
2: Jika peserta didik mampu menjelaskan dua
indikator indikator.
4.
Skor
1: Jika peserta didik hanya satu indikator di atas mampu dijelaskan
Keterangan:
Penilaian
terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan
4
|
|
Nilai =
Jumlah skor maksimal
3.
Tes unjuk kerja (keterampilan):
1). Lakukan teknik dasar lompat jauh
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja
peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
|
|

Jumlah
skor maksimal
UBRIK PENILAIAN KETERAMPILAN LOMPAT JAUH
GAYA BERJALAN DI UDARA
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Esensial
|
Uraian
Gerak
|
Pen-skoran
|
1.
|
Mempraktikkan keterampilan
salah satu nomor atletik (lompat jauh gaya berjalan di udara)
|
a.
Sikap ancang-ancang
|
1.
Melakukan awalan lari sejauh 30 – 40
meter
2.
Saat
berlari langkah kaki jauh, lutut diangkat
3.
Kedua lengan dan tangan relaks di
samping badan
4.
Pandangan mata ke arah bak lompat
|
Skor
4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
b.
Sikap
dasar menolak
|
1.
Tolakan salah satu kaki terkuat pada
papan tolak, kaki yang lain diangkat ke depan atas
2.
Gerakan badan agak condong ke depan,
3.
Kedua lengan dayun kedepan mengikuti
diayun ke depan atas menjaga keseimbangan
4.
Pandangan mata ke arah depan
|
Skor
4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
||
c.
Teknik melayang di udara
|
1.
Kedua kaki di gerakan seperti
berjalan ( diudara)
2.
Badan tegak didorong kedepan atas
3.
Kedua lengan relaks di samping badan menjaga
keseimbangan
4.
Pandangan mata ke arah depan
|
Skor
4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
||
d.
Teknik mendarat
|
1.
Mendarat dengan dua kaki rapat
2.
Kedua lutut ditekuk/mengeper
3.
Kedua lengan kearah depan menjaga
keseimbangan
4.
Berat badan didorong kedepan
|
Skor
4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
Mengetahui,
Kepala SMK Pancasila 10 Wuryantoro
Drs.
Sunowo Gito Wahono
NIP.
|
Wonogiri, 01 Juli 2016
Guru mapel PJOK
Sadjadi Munandar S.Pd
|
SADJADI MUNANDAR S.PD,SMK PANCASILA 10
WURYANTORO
|
No comments:
Post a Comment