RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Pancasila 10 Wuryantoro
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1 (Ganjil )
Materi Pokok : Teknik Dasar Bola Basket
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit ( 2 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun,
responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menenmpatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusaiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Tujuan:
Setelah mengikuti pembelajaran ini,
diharapkan peserta didik dapat:
1. Membiasakan
berdoa sebelum melakukan aktivitas
2.
Menunjukkan sikap sportif dalam bermain.
3. Menunjukkan sikap tanggung
jawab dalam keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembeajaran
4. Menunjukkan sikap disiplin
selama mengikuti pembelajaran .
5. Menyebutkan jenis-jenis teknik dasar yang dapat
divariasikan dan dikombinasikan.
6. Menjelaskan cara melakukan
variasi dn kombinasi teknik dasar pemainan bola basket
7. Menjelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar
permainan bola basket
8. Melakukan berbagai teknik dasar permainan bola
basketmlempar,menangkap,mendrible dan menembak)
9. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket
10. Mempraktekkan variasi dan
kombinasi teknik dasar bola basket dalam permainan sederhana
C. Kompetensi Dasar dan Indikator:

D. Materi Pembelajaran :

1.1 lemparan chess pass
1.2 Lemparan bound pass

2.1 mendrible di tempat dengan tangan
kanan dan kiri
2.2 mendrible dengan kiri dan kanan sambil
bergerak kedepan

3.1 Menembak bola dari sudut kanan Ring
basket.
3.2 Menembak bola dari tengah ring basket
3.3 Menembak bola dari sudut ring basket.
4.Bermain
bola basket dengan peraturan yg sebenarnya
4.1 Bemain dengan Sportif
4.2 bermain dengan menghargai serta
menghormati orang lain
4.3 Bermain dengan peraturan yang sebenarnya
E. Metode Pembelajaran.
2.
Pendekatan: saintifik (scientific)
3.
Discoveryl
F.
Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Berbaris,
berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau
pembelajaran sebelumnya.
·
Pengkondisian fisik, mental, untuk
mengikuti pembelajaran.
·
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati
· Mencari
dan membaca informasi tentang teknik variasi dan kombinasi teknik permainan
bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke
ring basket)
dari berbagai sumber media cetak atau elektronik dan membuat laporannya.
· Peserta
didik mengamati pertandingan bola basket secara langsung dan atau di TV dan
membuat catatan tentang teknik variasi dan kombinasi teknik permainan bola
basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke
ring basket).
· Peserta
didik bermain bola basket dan yang lainnya mengamati pertandingan tersebut,
dan membuat catatan tentang teknik variasi dan kombinasi teknik permainan
bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke
ring basket)
yang dilakukan oleh temannya selama bermain.
Menanya
·
Peserta didik
secara bergantian saling mempertanyakan dalam kegiatan praktik tentang teknik
dasar bola basket, misalnya : bagaimana jalannya bola jika (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke
ring basket) dengan cara
1, apa yang akan terjadi bila menggunakan cara 2 untuk (melempar,
menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) manakah yang lebih hasilnya?
· Peserta
didik saling bertanya tentang manfaat permainan bola basket terhadap
kesehatan
· Peserta
didik saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam
permainan bola basket
· Peserta
didik saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan untuk
meningkatkan keterampilan variasi dan kombinasi permainan bola basket
Eksplorasi
Variasi dan kombinasi bola basket (melempar,
menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket)
·
Memantulkan bola dengan berbagai
variasi menggunakan tangan kanan dan tangan kiri dalam posisi di tempat dan
bergerak secara individu dengan menunjukkan nilai percaya diri dan disiplin.
·
Melemparkan bola dengan berbagai
varisi menggunakan satu tangan dan dua tangan ke berbagai arah dalam posisi
di tempat dan sambil bergerak secara individu dengan menunjukkan nilai
percaya diri dan disiplin.
·
Menembakan bola ke jaring dengan
berbagai variasi menggunakan satu atau dua tangan dalam posisi diam dan bergerak
secara individu dengan menunjukkan nilai percaya diri dan disiplin.
·
Melakukan gerakan lay up dengan
berbagai variasi menggunakan tangan kanan dan tangan kiri secara individu
dengan menunjukkan nilai percaya diri dan disiplin.
·
Melemparkan dan menangkap bola
menggunakan satu atau dua tangan dengan berbagai variasi dalam posisi diam
dan bergerak secara berpasangan atau berkelompok dengan menunjukkan nilai
kerjasaman, percaya diri, disiplin dan toleransi.
·
Mendiskusikansetiap teknik dasar keterampilan gerak bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke
ring basket) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·
Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknik dasar permainan bola basket
(melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket)dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·
Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan
saat melakukan teknik dasar permainan bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke
ring basket)dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mengasosiasi
·
Membandingkan hasil pengamatan
pertandingan bola basket (langsung atau TV) dengan penampilan gerak di kelas
dalam (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke
ring basket).
· Menemukan
dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik
dalam (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke
ring basket)
dengan menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggung jawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
Mengkomunikasikan
·
Melakukan
permainan bola voli dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan
menerapkan variasi dan kombinasi teknik permainan bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke
ring basket)yang
telah dipelajari serta menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi
selama bermain.
·
Menunjukkan perilaku menerima
kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·
Memberikan saran perbaikan
keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
|
100 menit
|
Penutup
|
·
Pendinginan.
·
Evaluasi
proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau
tertulis tentang materi bola basket
·
Melakukan refleksi
oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi bola basket
·
Memberikan umpan balik
dan penugasan pada peserta didik
·
Menarik
kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan berdoa
|
20Menit
|
G. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat :
-
Lapangan,
Bola basket, bola karet, cone, pluit.
-
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum
2013
-
Buku referensi lain yang
sesuai
H. Penilaian
a.
Menyusun kisi-kisi instrument penilaian pengetahuan
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Esensial
|
Level
Pengetahuan
|
Jumlah Butir
|
No Soal
|
Pen-skoran
|
1.
|
3.1Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak
salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang
baik.
4.1Menentukan
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola besar
|
a. Menyebut
jenis-jenis teknik dasar Permainan bola basket yang dapat divariasikan dan
dikombinasikan.
|
C-1
|
1
|
1
|
Skor 3, jika
jenis disebut secara lengkap
Skor 2, jika
jenis disebut secara kurang lengkap
Skor 1, jika
jenis disebut tidak lengkap
|
b.
Menjelaskan teknik mendrible berbagai
kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar
|
C-3
|
1
|
2
|
Skor 4, jika
penjelasan benar dan lengkap
Skor 3, jika
penjelasan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2, jika
sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika
hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
|
||
c. Menjelaskan
cara melakukan drible permainan bola basket permainan bola besar
d. Menjelaskan posisi badan dan kaki pada
saat mendrible ditempat
e. Menjelaskan
pandangan mata saat mendrible
|
C-3
C-3
C-3
|
1
1
1
|
3
4
5
|
Skor 4, jika
urutan benar dan lengkap
Skor 3, jika
urutan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2, jika
sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika
hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap
|
b. Dari
kisi-kisi tersebut dapat disusun contoh instrument penilaian dalam bentuk soal
uji tulis, sebagai berikut:
1. Ada
berapakah teknik dasar yang dapat kalian kombinasikan dalam permainan bola
besar (contoh sepakbola)? Sebutkan jenis-jenis teknik dasar tersebut!
2. Sebut
dan jelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar dalam
melakukan permainan bola besar (contoh sepakbola)!
3. Jelaskan
cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan bola
besar (contoh; sepakbola)!
c. Berdasarkan
hasil dari uji tulis yang telah dilakukan, skor dapat diolah sebagai berikut:
Perolehan skor
peserta didik (P) dibagi dengan skor maksimum (Max) (sesuai contoh; 3 soal X 11
= 33) dikalikan dengan satuan penilaian (satuan, atau puluhan).
Rumus : P/ Max X 100
Contoh : 8/ 11 X 100
Nilai
Peserta Didik : 72,72
Contoh pengembangan instrument penilaian
sikap
a.
Menyusun kisi-kisi penilaian sikap,
misalnya sikap disiplin, kerja sama, dan tanggung jawab dalam konteks permainan
bola besar. Kisi-kisi ini sekaligus dapat dijadikan sebagai instrument
penilaian.
Aspek
yang Diukur
|
Deskripsi
Sikap yang Diukur
|
BT
|
MT
|
TN
|
1.
Disiplin
|
Mengikuti
pembelajara bola basket dari awal sampai akhir
|
|
|
|
Berlatih
secara individu tentang teknik bola basket
|
|
|
|
|
Bermain
dengan menerapkan tekhnik-tekhnik permainan bola basket dengan mematuhi peraturan yang ada.
|
|
|
|
|
2.
Kerja sama
|
Bersama-sama
menyiapkan peralatan dan mengumpulkan bola pada saat pembelajaran selesai
|
|
|
|
Mau
memberi umpan ketika bermain
|
|
|
|
|
Mau
menjadi penjaga bola
|
|
|
|
|
3.
Tanggung
jawab
|
Mau
mengakui kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
Tidak
mencari cari kesalahan teman
|
|
|
|
|
Mengerjakan
tugas yang diterima
|
|
|
|
Keterangan:
a.
BT :
Belum Tampak
b.
MT :
Mulai Tampak
c.
TN :
Tampak Nyata
b.
Menggunakan instrumen penilaian
Guru, peserta didik yang bersangkutan (self assessment), rekan sebaya (peer assessment) memberi tanda contreng
(V) pada kolom BT (belum tampak), MT (mulai tampak), TN (tampak nyata) sesuai
dengan kondisi obyek pengamatan untuk guru dan pasangan atau yang dirasakan
sendiri oleh peserta didik.
c.
Memaknai hasil
Dari
kisi dan instrument tersebut, guru dapat memberikan simpulan akhir bahwa
“secara umum ketiga sikap peserta didik terlihat “jelaskan kondisi sesuai hasil
pengamatan” namun demikian pada aspek “disiplin/ kerja sama/ tanggung
jawab” perlu ditingkatkan.
Contoh
Pengembangan Instrument Penilaian Keterampilan Gerak
a. Menyusun
kisi-kisi instrument penilaian
keterampilan gerak
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Esensial
|
Uraian Gerak
|
Pen-skoran
|
1.
|
3.1Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak
salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang
baik.
4.1Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan
bola besar
|
a.
Posisi dan sikap awal
|
1.
Kedua kaki dibuka selebar bahu lutut sedikit ditekuk.
2.
Badan agak condong ke depan, berat
badan antara kedua kaki
3.
Kedua tangan kanan dan kiri melakukan
drible di tempat.
4.
Pandangan mata ke arah depan.
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
b.
Pelaksanaan gerakan
|
1.
Badan agak condong ke depan, berusaha
memantulkan bola dengan tangan kanan dan kiri,diikuti dengan gerak kedepan
posisi bola memantul didepan badan.
2.
Kedua tangan kanan dan kiri melakukan
drible sambil berjalan dan berlari
3.
Mendrible dengan satu tangan badan
sedikit condong kedepan sambil berjalan.
4.
Mendrible dengan kedua tangan posisi
badan tegak.
5.
Pandangan mata ke arah depan.
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
||
c.
Posisi dan sikap akhir
|
1.
Kedua kaki dibuka selebar bahu
mendrible ditempat dengan tangan kanan dan kiri, sikap badan condong kedepan
pandangan mata kedepan.
2.
Badan kembali agak condong ke depan,
dan berat badan antara kedua kaki,
3.
Kedua kaki dibuka selebar bahu dan
tangan kembali relaks di samping badan badan sedikit condong kedepan.
4.
Pandangan mata ke arah depan
|
Skor 4, jika
seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika
tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika
hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika
hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
b. Dari
kisi-kisi tersebut dapat disusun contoh instrument penilaian dalam bentuk
lembar pengamatan, sebagai berikut:
No
|
Indikator Esensial
|
Uraian Gerak
|
Ya
(1)
|
Tidak
(0)
|
1.
|
Posisi dan
Sikap Awal
|
a.
Kaki
|
|
|
b.
Badan
|
|
|
||
c.
Lengan dan tangan
|
|
|
||
d.
Pandangan mata
|
|
|
||
2.
|
Pelaksanaan
Gerak
|
a.
Kaki
|
|
|
|
|
b.
Badan
|
|
|
|
|
c.
Lengan dan tangan
|
|
|
|
|
d.
Pandangan mata
|
|
|
3.
|
Posisi dan
Sikap Akhir
|
a.
Kaki
|
|
|
|
|
b.
Badan
|
|
|
|
|
c.
Lengan dan tangan
|
|
|
|
|
d.
Pandangan mata
|
|
|
Atau dapat
disederahanakan menjadi:
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Posisi/ Sikap
Awal
|
Pelaksanaan
Gerak
|
Posisi/ Sikap
Akhir
|
Jumlah Skor
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Budi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Dwi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Hardi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Berdasarkan hasil dari uji tulis yang
telah dilakukan, skor dapat diolah sebagai berikut:
Perolehan
skor peserta didik (P) dibagi dengan skor maksimum (Max) (sesuai contoh; 3
Indikator Esensial X 4 = 12) dikalikan dengan satuan penilaian (satuan, atau
puluhan).
Rumus
: P/ Max X 100
Contoh
: 9/ 12 X 100
Nilai
Peserta Didik : 75
Mengetahui,
Kepala SMK Pancasila 10
Wuryantoro
Drs.
Sunowo Gito Wahono
NIP.
|
|
Wonogiri, 01 Juli 2016
Guru mapel PJOK
Sadjadi Munandar S.Pd
|
SADJADI MUNANDAR S.PD,SMK
PANCASILA 10 WURYANTORO
|
By. Wawan
No comments:
Post a Comment