Monday, 19 December 2016

RPP PENJASKES SMK = BOLA BASKET



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                : SMK Pancasila 10 Wuryantoro
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                       :  X / 1 (Ganjil )          
Materi Pokok                         : Teknik Dasar Bola Basket   
Alokasi Waktu                       : 6 x 45 menit ( 2 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :           
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati  dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif, dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam  serta dalam menenmpatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusaiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Tujuan:
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.      Membiasakan berdoa sebelum melakukan aktivitas
2.      Menunjukkan sikap sportif dalam bermain.
3.      Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembeajaran
4.      Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran .
5.      Menyebutkan jenis-jenis teknik dasar yang dapat divariasikan dan dikombinasikan.
6.      Menjelaskan cara melakukan variasi dn kombinasi teknik dasar pemainan bola basket
7.      Menjelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket
8.      Melakukan berbagai teknik dasar permainan bola basketmlempar,menangkap,mendrible dan menembak)
9.      Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket
10.  Mempraktekkan  variasi dan kombinasi teknik dasar bola basket dalam permainan sederhana

C.        Kompetensi Dasar dan Indikator:

D.   Materi Pembelajaran :

Description: Description: bsk 0191.Melempar dan menangkap bola
    1.1 lemparan chess pass
    1.2 Lemparan bound pass 
Description: Description: bsk 92. Mendrible bola
     2.1 mendrible di tempat dengan tangan kanan dan kiri
     2.2 mendrible dengan kiri dan kanan sambil bergerak kedepan
Description: Description: bsk 0203.Menembak bola dari berbagai variasi
     3.1 Menembak bola dari sudut kanan Ring basket.
     3.2 Menembak bola dari tengah ring basket
     3.3 Menembak bola dari sudut ring basket.
4.Bermain bola basket dengan peraturan yg sebenarnya
     4.1 Bemain dengan  Sportif
     4.2 bermain dengan menghargai serta menghormati orang lain                        
      4.3  Bermain dengan peraturan yang sebenarnya   

E.    Metode Pembelajaran.
2.      Pendekatan: saintifik (scientific)
3.      Discoveryl

F.   Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·       Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
·       Pengkondisian fisik, mental, untuk mengikuti pembelajaran.
·       Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
15 menit
Inti
Mengamati
·      Mencari dan membaca informasi tentang teknik variasi dan kombinasi teknik permainan bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik dan membuat laporannya.
·      Peserta didik mengamati pertandingan bola basket secara langsung dan atau di TV dan membuat catatan tentang teknik variasi dan kombinasi teknik permainan bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket).
·      Peserta didik bermain bola basket dan yang lainnya mengamati pertandingan tersebut, dan membuat catatan tentang teknik variasi dan kombinasi teknik permainan bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) yang dilakukan oleh temannya selama bermain.
Menanya
·      Peserta didik secara bergantian saling mempertanyakan dalam kegiatan praktik tentang teknik dasar bola basket, misalnya : bagaimana jalannya bola jika (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket)   dengan cara 1, apa yang akan terjadi bila menggunakan cara 2 untuk  (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) manakah yang lebih hasilnya?
·      Peserta didik saling bertanya tentang manfaat permainan bola basket terhadap kesehatan
·      Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan bola basket
·      Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan variasi dan kombinasi permainan bola basket
Eksplorasi
Variasi dan kombinasi bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket)
·      Memantulkan bola dengan berbagai variasi menggunakan tangan kanan dan tangan kiri dalam posisi di tempat dan bergerak secara individu dengan menunjukkan nilai percaya diri dan disiplin.
·      Melemparkan bola dengan berbagai varisi menggunakan satu tangan dan dua tangan ke berbagai arah dalam posisi di tempat dan sambil bergerak secara individu dengan menunjukkan nilai percaya diri dan disiplin.
·      Menembakan bola ke jaring dengan berbagai variasi menggunakan satu atau dua tangan dalam posisi diam dan bergerak secara individu dengan menunjukkan nilai percaya diri dan disiplin.
·      Melakukan gerakan lay up dengan berbagai variasi menggunakan tangan kanan dan tangan kiri secara individu dengan menunjukkan nilai percaya diri dan disiplin.
·      Melemparkan dan menangkap bola menggunakan satu atau dua tangan dengan berbagai variasi dalam posisi diam dan bergerak secara berpasangan atau berkelompok dengan menunjukkan nilai kerjasaman, percaya diri, disiplin dan toleransi.
·      Mendiskusikansetiap teknik dasar keterampilan gerak bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·      Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknik dasar  permainan bola  basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket)dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·      Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknik dasar   permainan bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket)dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mengasosiasi
·      Membandingkan hasil pengamatan pertandingan bola basket (langsung atau TV) dengan penampilan gerak di kelas dalam (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket).
·      Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket) dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain. 
Mengkomunikasikan
·      Melakukan permainan bola voli dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan variasi dan kombinasi teknik permainan bola basket (melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola ke ring basket)yang telah dipelajari serta menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·         Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·         Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
100 menit
Penutup
·         Pendinginan.
·         Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi bola basket
·         Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi  bola basket
·         Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan  berdoa
20Menit

G.   Alat dan  Sumber Belajar

1.    Alat :
-     Lapangan, Bola basket, bola karet, cone, pluit.

    2.     Sumber Belajar
-     Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013
-     Buku referensi lain yang sesuai

H.   Penilaian
a.       Menyusun kisi-kisi instrument  penilaian pengetahuan
No
Kompetensi Dasar
Indikator Esensial
Level Pengetahuan
Jumlah Butir
No Soal
Pen-skoran
1.
3.1Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.



4.1Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola besar
a. Menyebut jenis-jenis teknik dasar Permainan bola basket yang dapat divariasikan dan dikombinasikan.
C-1
1
1
Skor 3, jika jenis disebut secara lengkap
Skor 2, jika jenis disebut secara kurang lengkap
Skor 1, jika jenis disebut tidak lengkap
b.    Menjelaskan teknik mendrible berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar
C-3
1
2
Skor 4, jika penjelasan benar dan lengkap
Skor 3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
Nilai2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
c.    Menjelaskan cara melakukan drible permainan bola basket permainan bola besar
d. Menjelaskan posisi badan dan kaki pada saat mendrible ditempat
e.  Menjelaskan pandangan mata saat mendrible
C-3




C-3



C-3
1




1



1
3




4



5
Skor 4, jika urutan benar dan lengkap
Skor 3, jika urutan benar tetapi kurang lengkap

Nilai2, jika sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap

Skor 1, jika hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap

b.      Dari kisi-kisi tersebut dapat disusun contoh instrument penilaian dalam bentuk soal uji tulis, sebagai berikut:
1.      Ada berapakah teknik dasar yang dapat kalian kombinasikan dalam permainan bola besar (contoh sepakbola)? Sebutkan jenis-jenis teknik dasar tersebut!
2.      Sebut dan jelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar dalam melakukan permainan bola besar (contoh sepakbola)!
3.      Jelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan bola besar (contoh; sepakbola)!
c.       Berdasarkan hasil dari uji tulis yang telah dilakukan, skor dapat diolah sebagai berikut:
Perolehan skor peserta didik (P) dibagi dengan skor maksimum (Max) (sesuai contoh; 3 soal X 11 = 33) dikalikan dengan satuan penilaian (satuan, atau puluhan).
Rumus    : P/ Max X 100
Contoh   : 8/ 11 X 100
Nilai Peserta Didik : 72,72
Contoh pengembangan instrument penilaian sikap
a.       Menyusun kisi-kisi penilaian sikap, misalnya sikap disiplin, kerja sama, dan tanggung jawab dalam konteks permainan bola besar. Kisi-kisi ini sekaligus dapat dijadikan sebagai instrument penilaian.
Aspek yang Diukur
Deskripsi Sikap yang Diukur
BT
MT
TN
1.   Disiplin
Mengikuti pembelajara bola basket dari awal sampai akhir



Berlatih secara individu tentang teknik bola basket



Bermain dengan menerapkan tekhnik-tekhnik permainan bola basket dengan mematuhi  peraturan yang ada.



2.   Kerja sama
Bersama-sama menyiapkan peralatan dan mengumpulkan bola pada saat pembelajaran selesai



Mau memberi umpan ketika bermain



Mau menjadi penjaga bola



3.   Tanggung jawab
Mau mengakui kesalahan yang dilakukan



Tidak mencari cari kesalahan teman



Mengerjakan tugas yang diterima




Keterangan:
a.    BT     : Belum Tampak
b.    MT : Mulai Tampak
c.    TN     : Tampak Nyata

b.      Menggunakan instrumen penilaian
Guru, peserta didik yang bersangkutan (self assessment), rekan sebaya (peer assessment) memberi tanda contreng (V) pada kolom BT (belum tampak), MT (mulai tampak), TN (tampak nyata) sesuai dengan kondisi obyek pengamatan untuk guru dan pasangan atau yang dirasakan sendiri oleh peserta didik.
c.       Memaknai hasil
Dari kisi dan instrument tersebut, guru dapat memberikan simpulan akhir bahwa “secara umum ketiga sikap peserta didik terlihat “jelaskan kondisi sesuai hasil pengamatan” namun demikian pada aspek “disiplin/ kerja sama/ tanggung jawab” perlu ditingkatkan.



Contoh Pengembangan Instrument Penilaian Keterampilan Gerak
a.       Menyusun kisi-kisi instrument  penilaian keterampilan gerak
No
Kompetensi Dasar
Indikator Esensial
Uraian Gerak

Pen-skoran
1.

3.1Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.



4.1Menentukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola besar












a.   Posisi dan sikap awal
1.     Kedua kaki  dibuka selebar bahu lutut sedikit ditekuk.
2.    Badan agak condong ke depan, berat badan antara kedua kaki
3.    Kedua tangan kanan dan kiri melakukan drible di tempat.
4.    Pandangan mata ke arah depan.
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
b.    Pelaksanaan gerakan
1.     Badan agak condong ke depan, berusaha memantulkan bola dengan tangan kanan dan kiri,diikuti dengan gerak kedepan posisi bola memantul didepan badan.
2.    Kedua tangan kanan dan kiri melakukan drible sambil berjalan dan berlari
3.    Mendrible dengan satu tangan badan sedikit condong kedepan sambil berjalan.
4.    Mendrible dengan kedua tangan posisi badan tegak.
5.    Pandangan mata ke arah depan.
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
c.    Posisi dan sikap akhir
1.     Kedua kaki dibuka selebar bahu mendrible ditempat dengan tangan kanan dan kiri, sikap badan condong kedepan pandangan mata kedepan.
2.    Badan kembali agak condong ke depan, dan berat badan antara kedua kaki,
3.    Kedua kaki dibuka selebar bahu dan tangan kembali relaks di samping badan badan sedikit condong kedepan.
4.    Pandangan mata ke arah depan
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
b.      Dari kisi-kisi tersebut dapat disusun contoh instrument penilaian dalam bentuk lembar pengamatan, sebagai berikut:
No
Indikator Esensial
Uraian Gerak
Ya
 (1)
Tidak
 (0)
1.
Posisi dan Sikap Awal
a.     Kaki


b.     Badan


c.     Lengan dan tangan


d.    Pandangan mata


2.
Pelaksanaan Gerak
a.     Kaki




b.     Badan




c.     Lengan dan tangan




d.    Pandangan mata


3.
Posisi dan Sikap Akhir
a.     Kaki




b.     Badan




c.     Lengan dan tangan




d.    Pandangan mata



Atau dapat disederahanakan menjadi:
No
Nama Peserta Didik
Posisi/ Sikap Awal
Pelaksanaan Gerak
Posisi/ Sikap Akhir
Jumlah Skor
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1.
Budi













2.
Dwi













3.
Hardi














c.       Berdasarkan hasil dari uji tulis yang telah dilakukan, skor dapat diolah sebagai berikut:
Perolehan skor peserta didik (P) dibagi dengan skor maksimum (Max) (sesuai contoh; 3 Indikator Esensial X 4 = 12) dikalikan dengan satuan penilaian (satuan, atau puluhan).
Rumus    : P/ Max X 100
Contoh   : 9/ 12 X 100
Nilai Peserta Didik : 75





Mengetahui,

Kepala SMK Pancasila 10 
Wuryantoro



Drs. Sunowo Gito Wahono
      NIP.

Wonogiri,  01 Juli 2016

Guru mapel PJOK




Sadjadi Munandar S.Pd






SADJADI MUNANDAR S.PD,SMK PANCASILA 10 WURYANTORO



By. Wawan

No comments:

Post a Comment