RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK Pancasila 10 Wuryantoro
Mata Pelajaran :
Sejarah Indonesia
Kelas / Semester :
XI / 1
Materi Pokok : Perang melawan kezaliman kolonialisme
Pertemuan ke :
1
Alokasi
Waktu : 2x 45 menit
A. KOMPETENSI INTI (KI)
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, dan
menganalisispengetahuan faktual,
konseptual, proseduralberdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1.
Menghayati nilai-nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan
pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia Tuhan Yang Maha
Esa terhadap bangsa dan Negara Indonesia.
2.1.
Mengembangkan nilai dan perilaku mempertahankan harga diri bangsa dengan
bercermin pada kegigihan para pejuang dalam melawan penjajah.
3.3.
Menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa
Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.
3.3.3.
Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia di berbagai daerah dalam melawam
kolonialisme dan imperialism Barat di Indonesia
4.3.
Mengolah informasi tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan Bangsa Barat di
Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20 dan menyajikannya dalam bentuk cerita
sejarah.
4.3.1.Menjelaskan informasi tentang
strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di
Indonesia sebelum dan sesudah abad 20
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui pengamatan gambar peserta didik
mampu mengevaluasi perang Aceh dan nilai- nilai kejuangannya
2.
Melalui diskusi kelompok peserta didik mampu menganalisis perlawanan Si
Singamangaraja XII dan nilai-nilai kejuangannya
D. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Latar
belakang terjadinya perang Aceh
2.
Nilai-nilai
kejuangan dari perlawanan rakyat Aceh melawan pemerintah colonial Belanda
3.
Latar
belakang terjadinya perlawanan Si Singamangaraja
4.
NIlai-nilai
kejuangan dari perlawanan masyarakat Batak melawan pemerintah colonial Belanda
E.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Metode : Ceramah bervariasi
, diskusi
2.
Pendekatan : Scientific
3.
Model
Pembelajaran : Learning community dengan discovery
F.
MEDIA, ALAT DAN
SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media : gambar peta Sumatra,
gambar tokoh perjuangan
2.
Alat : Laptop, LCD Monitor,
Internet, Koran/Majalah
3.
Sumber
Belajar : Buku Sejarah Indonesia
Kelas XI (Kemendikbud)
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Tahap
|
KEGIATAN
BELAJAR
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
a. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses
pembelajaran
dengan menyapa dan memberi salam
b. Meminta peserta didik untuk mempersiapkan
kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM (kerapian, kebersihan
ruang kelas, menyediakan media dan alat yang diperlukan, serta buku yang
diperlukan)
c. Mengecek
kehadiran peserta didik
d. Mengkaitkan materi
pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran
sebelumnya
e. Mengajukan
pertanyaan – pertanyaan yang menantang untuk memotivasi peserta didik
f.
Menyampaikan manfaat materi pembelajaran
g.
Mendemontrasikan sesuatu yang terkait dengan materi
pembelajaran
h.
Menyampaikan tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai
oleh peserta didik,
i.
Mengingatkan kepada peserta didik bahwa pembelajaran
ini lebih ditekankan pemaknaan dan pencapaian kompetensi
j. Menyampaikan
rencana kegiatan misalnya individu, kerja kelompok dan melakukan observasi
k.
Menjelaskan model pembelajaran yang akan dilaksanakan
yaitu diskusi kelompok
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
· Peserta
didik mengamati gambar yang ada
hubungannya dengan topik.( Guru meminta peserta
didik mengamati gambar yang ada pada buku siswa((gambar 2.11 Ilustrasi
tentang Perang Aceh)
· Gambar
peta wilayah Sumatra
· Gambar
tokoh perjuangan seperti Cut Nyak Dien dan Si Singamanngara
![]() ![]() ![]()
Menanya
Setelah mengamati peserta didik mengajukan sejumlah pertanyaan
berdasarkan hasil pengamatannya,Guru membuka kesempatan secara luas pada
peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang yang sudah dilihat
,disimak,atau dibaca oleh peserta
didik ,serta pertanyaan lain yang sesuai dengan persepsi dan pandangan
peserta didik mengenai hasil pengamatan misal:
· Mengapa rakyat Aceh melakukan perlawanan terhadap pemerintah
Kolonial Belanda
· Mengapa Si Singamangaraja melakukan perlawanan terhadap
pemerintah Kolonial Belanda
Mengeksplorasi dan mengasosiasi
a.
peserta didik duduk di kelompok masing-masing
b.
guru menayangkan beberapa gambar / foto semisal ilustrasi tentang situasi perang
Aceh,peta wilayah Sumatra dan tokoh perlawanan seperti Cut Nyak Dien, Si
Singamangaraja dan Teuku Umar
c.
Guru meminta para peserta didik mengamati
gambar-gambar yang ditayangkan dengan cermat
d.
Guru mendorong peserta didik untuk bertanya tentan
sesuatu hal yang terkait dengan gambar-gambar yang baru ditayangkan. Beberapa
pertanyaan yang muncul yang relevan dan signifikan kaitannya dengan topic
pembelajaran akan didiskusikan di kelompok
e.
Para peserta didik melakukan eksplorasi dan penalaran
melalui kegiatan pembelajaran memecahkan masalah dengan diskusi kelompok.
Oleh karena itu masing-masing kelompok sesuai dengan materi yang akan dikaji
(1) merumuskan masalah (2) mendiskripsikan masalah dengan membuat pertanyaan
terkait dengan materi ajar masing-masing (3) merumuskan hipotesis (4) mengumpulkan data/informasi bacaan lain
dan melakukan analisis data kemudian disusun laporan sehingga dapat memberi
gambaran mengapa perlawanan itu terjadi, bagaimana perang berlangsung, apa
dampaknya dan apa nilai-nilai kejuangannya.
Kelompok I membahas tentang latar belakang perlawanan rakyat Aceh,
kelompok II membahas tentang nilai-nilai kejuangan dari perlawanan masyarakat
Aceh, kelompok III membahas tentang perlawanan masyarakat Sumatra Utara dan
kelompok IV membahas tentang nilai-nilai kejuangan dari perlawanan
masyarakat Batak/ Sumatra Utara
Mengkomunikasikan
Peserta
didik menyimpulkan hasil diskusi dan
dipresentasikanan
|
70
menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik menyimpulkan
materi pembelajaran
·
Peserta didik ditanya
apakah sudah memahami materi yang telah didiskusikan
·
Peserta didik ditanya
nilai-nilai apa yang bisa diperoleh dari pelajaran hari ini
·
Peserta didik
diberikan pertanyaan lesan secara acak untuk mendaparkan umpan balik atas
pembelajaran minggu ini.
·
Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan menutup pelajaran dengan salam
|
10
menit
|
H.
Penilaian
Hasil Belajar
1. Teknik : Tes dan non tes
2. Bentuk : Uraian dan observasi
3. Instrumen :soal
dan lembar observasi kegiatan diskusi
4. Pedoman penskoran
Instrumen
Penilaian Sikap
1.
Observasi
1.1. Sikap
spiritual
Indikator
:peserta didik menunjukan perilaku mensyukuri : -
-
Berdoa sebelum dan sesudah kegitan
pembelajaran
-
Memberi salam pada saat awal dan akhir
presentasi sesuai agama yang di anut
-
Saling menghormati, toleransi
-
Memelihara hubungan baik dengan sesame teman
sekolah
Rubrik pemberian skor
4= Jika peserta didik melakukan 4 (empat) kegiatan
tersebut
3= Jika peserta didik melakukan 3(tiga) kegiatan
tersebut
2= Jika peserta didik melakukan 2(dua) kegiatan tersebut
1= Jika peserta didik melakukan salah satu dari kegiatan
tersebut
1.2. Sikap Social
a.
Sikap
jujur
Indikator:
-Tidak
bohong
-
Mengembalikan kepada yang berhak bila menemukan sesuatu
-
Tidak nyontek, tidak plagiatisme
-
Terus terang
Rubrik
pemberian skor
4=
Jika peserta didik melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
3=
Jika peserta didik melakukan 3(tiga) kegiatan tersebut
2=
Jika peserta didik melakukan 2(dua) kegiatan tersebut
1=
Jika peserta didik melakukan salah satu dari kegiatan tersebut
b.
Sikap
kerjasama
Indikator:
-
Peduli kepada sesama
-
Saling membantu dalam hal kebaikan
-
Saling menghargai/toleran
Rubrik
pemberian skor
-
4= Jika peserta didik melakukan 4 (empat)
kegiatan tersebut
-
3= Jika peserta didik melakukan 3(tiga)
kegiatan tersebut
-
2= Jika peserta didik melakukan 2(dua)
kegiatan tersebut
-
1= Jika peserta didik melakukan salah satu
dari kegiatan tersebut
c.
Harga
diri
Indikator:
-
Tidak suka dengan dominasi asing
-
Bersikap sopan untuk menegur bagi mereka
yang mengejek
-
Cinta produk sendiri
-
Menghargai dan menjaga karya-karya sekolah
dan masyarakat sendiri
Rubrik
pemberian skor
-
4= Jika peserta didik melakukan 4 (empat)
kegiatan tersebut
-
3= Jika peserta didik melakukan 3(tiga)
kegiatan tersebut
-
2= Jika peserta didik melakukan 2(dua)
kegiatan tersebut
-
1= Jika peserta didik melakukan salah satu
dari kegiatan tersebut
No
|
Nama
|
Sikap
spiritual
|
Sikap
Sosial
|
Skor total
|
||
Mensyukuri
|
Jujur
|
Kerjasama
|
Harga
diri
|
|||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
||||
1.
|
Budi
|
|||||
2.
|
Indri
|
|||||
3.
|
Rusmi
|
|||||
4.
|
Nunung
|
|||||
5.
|
Titi
|
|||||
6.
|
Endang
|
Rumus
Penilain sikap
|
Dengan predikat :
PREDIKAT
|
NILAI
|
Sangat Baik (SB)
|
80 ≤ AB ≤ 100
|
Baik (B)
|
70 ≤ B ≤ 79
|
Cukup (C)
|
60 ≤ C ≤ 69
|
Kurang (K)
|
<60
|
1.2.
Penilaian Diri
Nama
Siswa :....................
No
Absen :...................
NO
|
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Selama
melakukan tugas kelompok saya bekerjasama dengan teman satu kelompok
|
||
2
|
Saya
mencatat data dengan teliti dan sesuai dengan fakta
|
||
3
|
Saya
melakukan tugas sesuai dengan jadwal yang telah dirancang
|
||
4
|
Saya
membuat tugas terlebih dahulu dengan membaca literature yang mendukung tugas
|
||
5
|
Saya
selalu mempersiapkan diri pada setiap kegiatan pembelajaran
|
||
Jumlah
Skor
|
Rubrik
pemberian skor : jawaban YA = 2, jawaban
TIDAK = 1
Rumus
Penilain sikap
|
Dengan
predikat :
PREDIKAT
|
NILAI
|
Sangat Baik (SB)
|
80 ≤ AB ≤ 100
|
Baik (B)
|
70 ≤ B ≤ 79
|
Cukup (C)
|
60 ≤ C ≤ 69
|
Kurang (K)
|
<60
|
1.3.
Penilaian
Antar Peserta Didik
NO
|
Perilaku
|
Dilakukan/muncul
|
|
YA
|
TIDAK
|
||
1
|
Mau
menerima pendapat teman
|
||
2
|
Tidak
memaksa teman untuk menerima pendapatnya
|
||
3
|
Memberi
solusi terhadap pendapat yang bertentangan
|
||
4
|
Mau
bekerjasama dengan semua teman
|
||
5
|
Mengemukakan
pendapat dengan bijaksana
|
Rubrik pemberian skor : jawaban YA = 2, jawaban TIDAK =
1
|
Dengan
predikat :
PREDIKAT
|
NILAI
|
Sangat Baik (SB)
|
80 ≤ AB ≤ 100
|
Baik (B)
|
70 ≤ B ≤ 79
|
Cukup (C)
|
60 ≤ C ≤ 69
|
Kurang (K)
|
<60
|
1.3. Jurnal
Nama Peserta Didik
: .................
Aspek
yang diamati : .................
NO
|
HARI/TANGGAL
|
KEJADIAN
|
KETERANGAN/TINDAK
LANJUT
|
2.
Instrumen Penilaian Pengetahuan
Kompetensi Dasar :
3.3.
Menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa
Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.
4.3. Mengolah
informasi tentang strategi perlawanan bangsa
Indonesia terhadap penjajahan Bangsa Barat di Indonesia sebelum dan
sesudah abad ke-20 dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
Indikator
:
3.3.3.Menganalisis
perjuangan bangsa Indonesia di berbagai daerah dalam melawan kolonialisme dan
imperialism Barat di Indonesia
Tes Tertulis
Soal Uraian
Jawablah pertanyaan dibawah ini
dengan benar !
1. Jelaskan latar belakang terjadinya
perlawanan rakyat Aceh !
2. Mengapa perang Aceh berlangsung lama?
Jelaskan secara kritis!
3. Mengapa Si Singamangaraja XII melakukan
perlawanan terhadap Belanda
4. Coba rumuskan nilai-nilai kejuangan dari
perlawanan rakyat Aceh dan Batak!
Kunci Jawaban :
1.
Perlawanan
rakyat Aceh dilator belakangi oleh letak geografis Aceh yang strategis sebagai
pusat perdagangan serta kaya akan sumber daya alam
2.
Perang
Aceh berlangsung lama dikarenakan masyarakat Aceh sangat patuh, taat terhadap
pemimpinnya
3.
Perlawanan
Si Singamangaraja dipicu oleh penyebaran agama Kristen yang dikawatirkan dapat
menghilangkan tatanan tradisional masyarakat Batak
4.
Nilai-nilai
kejuangan berupa semangat kebangsaan, persatuan dan kesatuan, bekerja sama
serta rela berkorban
Nilai :
Nilai 25 apabila jawaban benar
Nilai 15 apabila jawaban sebagian
besar benar
Nilai 10 apabila jawaban separo benar
Nilai 5 apabila jawaban mendekati
benar
Nilai 2 apabila jawaban jawaban salah
Nilai Total = Jumlah Skor
2. Penilaian kegiatan diskusi Kelompok
NO
|
NAMA
PESERTA DIDIK
|
Mengkomunikasikan
1-4
|
Mendengarkan
1-4
|
Beragumentasi
1-4
|
Berkontribusi
1-4
|
Jumlah
skor
|
1
|
ANI
|
|||||
2
|
BUDI
|
|||||
3
|
CACA
|
|||||
4
|
DIKI
|
|||||
Nilai =
Jumlah skor : 3
Keterangan
a.
Ketrampilan
mengkomunikasikan adalah kemampuan peserta didik mengungkapkan
atau menyampaikan ide atau gagasan dengan bahasa lisan yang efektif
b.
Ketrampilan
mendengarkanadalah kemampuan peserta didik untuk tidak menyela ,memotong atau
menginterupsi pembicaraan seseorang
ketika sedang mengungkapkan gagasannya
c.
Kemampuan
beragumentasi adalah kemampuan peserta didik mengemukakan argumentasi logis
ketika ada pihak yang bertanya atau mempertanyakan gagasannya
d.
Kemampuan berkontribusiadalah kemampuan
peserta didik memberikan gagasan- gagasan yang mendukung atau mengarah ke
penarikan kesimpulan termasuk didalamnya menghargai perbedaan pendapat
e.
Skor rentang antara 1-4
1. = Kurang
2. = Cukup
3. = Baik
4. = Amat
Baik
3. Penilaian Presentasi
NO
|
NAMA PESERTA DIDIK
|
MENJELASKAN
1-4
|
MEMVISULKAN
1-4
|
MERESPON
1-4
|
JUMLAH
SKOR
|
1
|
Ani
|
||||
2
|
Budi
|
||||
3
|
Caca
|
||||
4
|
Diki
|
||||
NILAI = Jumlah skor : 3
Keterangan:
a.
Ketrampilan
menjelaskan adalah kemampuan menyampaikan hasil observasi dan diskusi secara
meyakinkan
b.
Ketrampilan
memvisualisasikan berkaitan dengan kemampuan peserta didik untuk membuat atau
mengemas informasi seunik mungkin, semenarik mungkin atau sekreatif mungkin
c.
Ketrampilan
merespon adalah kemampuan peserta didik menyampaikan tanggapan atas pertanyaan,
bantahan, sanggahan dari pihak lain secara empiric
d.
Skor
rentang 1 – 4
·
1
= kurang
·
2
= cukup
·
3
= baik
·
4
= amat baik
Wonogiri, 28
Juni 2016
Mengetahui,
Kepala SMK Pancasila
10 wuryantoro Guru
Mata Pelajaran Sejarah
Drs. Sunowo
Gito Wahono Utomo
Setiyawan S.Pd
NIP
No comments:
Post a Comment