RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMK
Pancasila 10 Wuryantoro
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas / Semester : XI
/ 1
Materi Pokok : Perkembangan
Kolonialisme Inggris di Indonesia
Pertemuan ke
: 4
Alokasi Waktu : 2 x 45
menit
A. KOMPETENSI INTI (KI)
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
3.2 Menganalisis proses masuk dan perkembangan
penjajahan bangsa Barat di Indonesia
4.2 Mengolah informasi
tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat
di Indonesia dan menyajikannya
dalam bentuk cerita sejarah
Indikator:
1.2.1
Menjelaskan latar belakang kedatangan bangsa-bangsa
Barat ke Indonesia
1.2.2
Melacak kronologi kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
1.2.3
Menjelaskan sikap bangsa Indonesia dalam menerima
kedatangan
4.2.1 Mengolah strategi tentang proses mmasuk dan perkembangan bangsa Barat
di Indonesia dan menyajikannya
dalam bentuk cerita sejarah
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Menganalisis prinsip-prinsip Raffles dalam memerintah
2.
Menganalisis
usaha-usaha Raffles dalam
menjalankan pemerintahannya
3.
Menganalisis tentang kebijakan Raffles tentang
land rent
1.
Prinsip-prinsip
Raffles dalam memerintah
2.
Usaha-usaha Raffles dalam menjalankan peerintahannya
3.
Kebijakan Raffles tentang land rent
E. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Metode pembelajaran : ceramah, Tanya jawab, diskusi kelompok
2.
Pendekatan : Scientific
3.
Model Pembelajaran : Diskusi kelompok
F. MEDIA, ALAT DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
1.
Media : gambar Raffles, gambar suasana tanam paksa/kerja rodi
2.
Alat : Laptop, LCD Monitor, Internet, Koran/Majalah
3.
Sumber Belajar : Kemendikbud.2014. Buku Sejarah Indonesia Kelas X.
Jakarta:Kemendikbud
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Tahap
|
KEGIATAN BELAJAR
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti
proses pembelajaran dengan menyapa dan
memberi salam
b.
Meminta peserta didik untuk mempersiapkan
kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM (kerapian, kebersihan
ruang kelas, menyediakan media dan alat yang diperlukan, serta buku yang
diperlukan)
c.
Mengecek
kehadiran peserta didik
d.
Mengkaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau
pembelajaran sebelumnya
e.
Mengajukan
pertanyaan – pertanyaan yang menantang untuk memotivasi peserta didik
f.
Menyampaikan
manfaat materi pembelajaran
g.
Mendemontrasikan
sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran
h.
Menyampaikan
tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik,
i.
Mengingatkan
kepada peserta didik bahwa pembelajaran ini lebih ditekankan pemaknaan dan
pencapaian kompetensi
j.
Menyampaikan
rencana kegiatan misalnya individu, kerja kelompok dan melakukan observasi
k.
Menjelaskan
model pembelajaran yang akan dilaksanakan yaitu diskusi kelompok
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
Untuk
memotivasi belajar peserta didik,
diminta mengamati gambar yang ada hubungannya dengan topik. Peserta didik diberikan problem yang
bersifat dilematis
/ kontroversial seperti:
- Taukah
kalian gambar siapakah itu ?
- Mengapa
ditunjukkan gambar Raffles ?
- Mengapa ditunjukkan gambar
suasana tanam paksa?
Menanya
Guru mendorong peserta didik bertanya hal-hal
yang terkait dengan gambar yang ditayangkan
Mengeksplorasi dan mengasosiasi
a.Stimulation
(simullasi/Pemberian rangsangan)
Guru
memberikan pengantar singkat misalnya menjelaskan pada tanggal 31 Desember 1799 VOC secara
remi dibubarkan karena beberapa sebab diantaranya adalah merajalelanya
korupsi sehingga VOC banyak menanggung beban utang. Setelah VOC dibubarkan
oleh pemerintah Belanda, maka sejak tanggal 1 Januari 1800
seluruh wilayah kekuasaan VOC diambil alih menjadi daerah jajahan Kerajaan
Belanda dan Indonesia, kemudian diberi
nama Hindia Belanda.
Guru memberikan problem yang bersifat dilematis / kontroversial seperti
- Mengapa Raffles dijadikan sebagai Gubernur Jenderal Indonesia pada
masa itu?
b. Problem
statemen
Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin masalah yang berkaitan dengan topik pembelajaran, sehingga
peserta didik menentukan pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab melalui
kegiatan belajar contoh:
ü Siapa sajakah yang pernah menjabat sebagai
Gubernur Jenderal Indonesia?
c. Data
colection( pengumpulan data)
Untuk memecahkan beberapa permasalahan maka
peserta didik melakukan diskusi
Kelompok 1 bertugas melakukan diskusi tentang
prinsip-prinsip Raffles dalam memerintah
Kelompok 2 bertugas melakukan diskusi tentang usaha-usaha Raffles dalam
menjalankan pemerintahannya
Kelompok 3 bertugas
melakukan diskusi tentang kebijakan tentang land rent
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan dari berbagai sumber (
INTERNET,BUKU,MAJALAH)untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi,
sehingga terkumpul data yang bersifat variatif
a.
Data prosessing( pengolahan data)
Peserta didik berdiskusi dalam kelompoknya untuk
pengolahan data hasil dari pengumpulan informasi.
b. Verification
Tiap kelompok mendiskusikan hasil pengolahan data
dan memverifikasi hasil pengolahan dengan data - data pada sumber pembelajaran yang terkait materi yang disajikan.
Mengkomunikasikan
c.
Generalization
Peserta didik
menyimpulkan hasil diskusi dan dipresentasikan
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik menyimpulkan materi
pembelajaran
·
Peserta didik ditanya apakah sudah memahami materi yang telah didiskusikan
·
Peserta didik ditanya nilai-nilai apa yang bisa diperoleh dari
pelajaran hari ini
·
Peserta didik diberikan pertanyaan lesan secara acak untuk mendaparkan
umpan balik atas pembelajaran minggu ini.
·
Sebagai refleksi peserta didik diberikan tugas dengan memberikan tugas
rumah, yaitu melakukan pengamatan tentang situs sejarah apa saja yang terkait
dengan pemerintahan Raffles yang ada di lingkungan sekitar
tempat tinggal. Hasil pengamatan dibuat dalam bentuk laporan.
·
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan
menutup pelajaran dengan salam
|
10 menit
|
H. Penilaian Hasil Belajar
1.
Teknik : Tes dan non tes
2.
Bentuk : Uraian dan observasi
3.
Instrumen:soal dan lembar observasi kegiatan diskusi
4.
Pedoman penskoran
1. Instrumen
Penilaian Sikap
1.Observasi
1.1. Sikap spiritual
Indikator :peserta didik menunjukan perilaku
mensyukuri : -
- Berdoa sebelum dan sesudah kegitan pembelajaran
- Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi
sesuai agama yang di anut
- Saling menghormati, toleransi
- Memelihara hubungan baik dengan sesame teman sekolah
Rubrik pemberian skor
4= Jika peserta didik
melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
3= Jika peserta didik
melakukan 3(tiga) kegiatan tersebut
2= Jika peserta didik
melakukan 2(dua) kegiatan tersebut
1= Jika peserta didik
melakukan salah satu dari kegiatan tersebut
1.2. Sikap Social
a. Sikap jujur
Indikator:
-Tidak
bohong
-
Mengembalikan kepada yang berhak bila menemukan sesuatu
- Tidak
nyontek, tidak plagiatisme
- Terus
terang
Rubrik pemberian skor
4= Jika peserta didik melakukan 4 (empat) kegiatan
tersebut
3= Jika peserta didik melakukan 3(tiga) kegiatan
tersebut
2= Jika peserta didik melakukan 2(dua) kegiatan
tersebut
1= Jika peserta didik melakukan salah satu dari
kegiatan tersebut
b. Sikap kerjasama
Indikator:
- Peduli kepada sesama
- Saling membantu dalam hal kebaikan
- Saling menghargai/toleran
Rubrik pemberian skor
- 4= Jika peserta didik melakukan 4 (empat) kegiatan
tersebut
- 3= Jika peserta didik melakukan 3(tiga) kegiatan
tersebut
- 2= Jika peserta didik melakukan 2(dua) kegiatan
tersebut
- 1= Jika peserta didik melakukan salah satu dari
kegiatan tersebut
c. Harga diri
Indikator:
- Tidak suka dengan dominasi asing
- Bersikap sopan untuk menegur bagi mereka yang mengejek
- Cinta produk sendiri
- Menghargai dan menjaga karya-karya sekolah dan
masyarakat sendiri
Rubrik pemberian skor
- 4= Jika peserta didik melakukan 4 (empat) kegiatan
tersebut
- 3= Jika peserta didik melakukan 3(tiga) kegiatan
tersebut
- 2= Jika peserta didik melakukan 2(dua) kegiatan
tersebut
- 1= Jika peserta didik melakukan salah satu dari
kegiatan tersebut
No
|
Nama
|
Sikap spiritual
|
Sikap Sosial
|
Skor total
|
||
Mensyukuri
|
Jujur
|
Kerjasama
|
Harga diri
|
|||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
||||
1.
|
AGUNG SETYABUDI
|
|||||
2.
|
AGUSTINA WIDAYANTI
|
|||||
3.
|
CERIA AGUS TIANA
|
|||||
4.
|
DANANG ANDI PRABOWO
|
|||||
5.
|
DENY ARIF
|
|||||
6.
|
DITA ALFIDAYANTO
|
Rumus
Penilain sikap
|
Dengan predikat :
PREDIKAT
|
NILAI
|
Sangat Baik (SB)
|
80 ≤ AB ≤ 100
|
Baik (B)
|
70 ≤ B ≤ 79
|
Cukup (C)
|
60 ≤ C ≤ 69
|
Kurang (K)
|
<60
|
2. Penilaian
Diri
Nama
Siswa :....................
No
Absen :...................
NO
|
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Selama
melakukan tugas kelompok saya bekerjasama dengan teman satu kelompok
|
||
2
|
Saya
mencatat data dengan teliti dan sesuai dengan fakta
|
||
3
|
Saya
melakukan tugas sesuai dengan jadwal yang telah dirancang
|
||
4
|
Saya
membuat tugas terlebih dahulu dengan membaca literature yang mendukung tugas
|
||
5
|
Saya
selalu mempersiapkan diri pada setiap kegiatan pembelajaran
|
||
Jumlah
Skor
|
Rubrik
pemberian skor : jawaban YA = 2, jawaban
TIDAK = 1
Rumus
Penilain sikap
|
Dengan
predikat :
PREDIKAT
|
NILAI
|
Sangat Baik (SB)
|
80 ≤ AB ≤ 100
|
Baik (B)
|
70 ≤ B ≤ 79
|
Cukup (C)
|
60 ≤ C ≤ 69
|
Kurang (K)
|
<60
|
3. Penilaian Antar Peserta
Didik
NO
|
Perilaku
|
Dilakukan/muncul
|
|
YA
|
TIDAK
|
||
1
|
Mau
menerima pendapat teman
|
||
2
|
Tidak
memaksa teman untuk menerima pendapatnya
|
||
3
|
Memberi
solusi terhadap pendapat yang bertentangan
|
||
4
|
Mau
bekerjasama dengan semua teman
|
||
5
|
Mengemukakan
pendapat dengan bijaksana
|
Rubrik pemberian skor : jawaban YA = 2,
jawaban TIDAK = 1
|
Dengan
predikat :
PREDIKAT
|
NILAI
|
Sangat Baik (SB)
|
80 ≤ AB ≤ 100
|
Baik (B)
|
70 ≤ B ≤ 79
|
Cukup (C)
|
60 ≤ C ≤ 69
|
Kurang (K)
|
<60
|
4.
Jurnal
Nama Peserta Didik :
.................
Aspek
yang diamati : .................
NO
|
HARI/TANGGAL
|
KEJADIAN
|
KETERANGAN/TINDAK
LANJUT
|
5.
Instrumen Penilaian Pengetahuan
Kompetensi Dasar :
3.2 Menganalisis proses masuk dan perkembangan
penjajahan bangsa Barat di Indonesia
4.2
Mengolah informasi tentang proses masuk dan perkembangan
penjajahan bangsa Barat di Indonesia
dan menyajikannya dalam bentuk
cerita sejarah
Indikator:
1.2.1
Menjelaskan latar belakang kedatangan bangsa-bangsa
Barat ke Indonesia
1.2.2 Melacak kronologi kedatangan
bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
1.2.2
Menjelaskan sikap bangsa Indonesia dalam menerima
kedatangan
4.2.1 Mengolah strategi tentang proses mmasuk dan perkembangan bangsa Barat
di Indonesia dan menyajikannya
dalam bentuk cerita sejarah
1.
Tes
Tertulis
a.
Pilihan
Ganda
Pilihlah jawaban di bawah ini dengan memberi tanda silang (x) pada huruf a,b,c,d atau e!
1.
Siapakah
Gubernur Jenderal Indonesia yang menerapkan sistem tanam paksa!
a.
Herman
Willem Daendels
d. Gubernur Jenderal
Jansens
b.
Thomas
Stamford Raffles
e. Conrad Toedore Van
Deventer
c. Van
den bosch
2.
Yang
bukan termasuk kebijakan yang dijalankan Raffles yaitu …
a.
Penghapusan sistem monopoli d.
Penghapusan pajak
b.
Melaksanakan kerja paksa rodi
e. Peletakan desa sebagai unit
administrasi penjajahan
c.
Pelaksanaan
sistem sewa tanah
3.
Salah
satu bentuk penyelewengan pada pelaksanaan sistem tanam paksa yaitu …
a.
Petani wajib menyerahkan 1/5 tanahnya untuk ditanami tanaman ekspor
b.
Hasil
tanaman ekspor diserahkan kepada pemerintah Belanda
c.
Wajib
tanam bisa diganti dengan penyerahan tenaga
d.
Kegagalan panen
menjadi tanggungan pemerintah
e. Kegagalan
panen menjadi tanggungan petani
4.
Siapakah yang
dimaksud sebagai Sultan Sepuh?
a.
Pangeran
Natakusuma
d. Paku alam I
b.
Sultan Hamengkubuwana II e.
Raden Patah
c.
Sultan
hamengkubuwana III
5.
Kebijakan
Raffles yang terkenal adalah ….
a.
Sistem
tanam paksa
d. Sistem politik pintu terbuka
b.
Sistem
kerja paksa e. Sistem politik etis
c. Sistem
sewa tanah
Soal Uraian
Jawablah pertanyaan
dibawah ini dengan benar !
1.
Sebutkan
prinsip-prinsip Raffles dalam
memerintah !
2.
Bagaimanakah
usaha-usaha Raffles dalam menjalankan pemerintahan?
3.
Jelaskan
kebijakan Raffles tentang land rent!
Tes Lisan
1. Taukah kalian siapa sajakah yang pernah menjabat
sebagai Gubernur Jenderal di Indonesia?
2.
Apakah
Land rent ?
3.
Dapatkah
kalian membedakan antara kebijakan yang dibuat Daendels dan Raffles!
4.
Bagaimanakah
sifat Raffles?
5.
Sebutkan
kebijakan Raffles dalam bidang pemerintahan!
Penugasan
Kelompok
Kelompok 1 bertugas melakukan diskusi tentang
prinsip-prinsip Raffles dalam memerintah
Kelompok 2 bertugas melakukan diskusi tentang
usaha-usaha Raffles dalam menjalankan pemerintahannya
Kelompok 3 bertugas melakukan diskusi
tentang kebijakan tentang land rent
|
Penugasan Individu :
Peserta didik diberi tugas dalam membuat kliping
tentang biografi Raffles.
|
5.1. Instrumen
Penilaian Keterampilan
Kompetensi Dasar
3.2 Menganalisis proses
masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat di Indonesia
4.2 Mengolah informasi
tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat
di Indonesia dan menyajikannya
dalam bentuk cerita sejarah
a.
Tes Proyek
Tulislah sebuah laporan terkait dengan pelaksanaan
sewa tanah pada masa pemerintahan Raffles dengan pelaksanaan sewa tanah pada jaman sekarang
b.
Portofolio
Peserta didik melakukan pengamatan, terkait dengan pemerintahan
Raffles yang ada di lingkungan disekitar. Hasil pengamatan ditulis dalam
bentuk laporan
|
Wuryantoro,
29 Juni 2014
Menetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel
Drs Sunowo Gito Wahono
Utomo Setiyawan S.Pd
Nip
No comments:
Post a Comment