RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK Pancasila 10
Wuryantoro
Mata Pelajaran :
Sejarah Indonesia
Kelas / Semester :
XI / 1
Materi Pokok :
Kemaharajaan VOC
Pertemuan ke
: 2
Alokasi Waktu : 2 x TM (90Menit )
A.
KOMPETENSI INTI (KI)
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1. Menghayati-nilai-nilai persatuan dan
keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia
Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan Negara Indonesia
2.1. Mengembangkan
nilai dan perilaku mempertahankan harga diri bangsa dengan bercermin pada
kegigihan para pejuang dalam melawan penjajah
3.2. Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan
bangsa Barat di Indonesia
4.2. Mengolah
informasi tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat di
Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
Indikator:
3.2.1.
Menjelaskan
latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
3.2.2.
Melacak
kronologi kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
3.2.3.
Menjelaskan
sikap bangsa Indonesia dalam menerima kedatangan bangsa-bangsa Barat.
1.2.1.
Melacak
kronologi kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
Menulis proses masuk dan
perkembangan penjajahan bangsa Barat di Indonesia dan menyajikan dalam bentuk
karya tulis
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui
pengamatan gambar peserta didik mampu
menganalisis latar belakang dan tujuan datangnya bangsa Barat ke
Indonesia
2.
Melalui
pengamatan gambar peserta didik mampu kebijakan dan kezaliman VOC di Indonesia
3.
Melalui diskusi
kelompok peserta didik mampu menganalisis reaksi rakyat terhadap kekerasan dan
kezaliman VOC
4.
Melalui diskusi
kelompok peserta didik mampu menganalisis proses kebangkrutan VOC
- MATERI PEMBELAJARAN
1.
Latar belakang
dan tujuan datangnya bangsa Barat ke Indonesia
2.
Jalur pelayaran
dan kedatangan bangsa Barat ke Indonesia
3.
Faktor-faktor
yang menyebabkan nusantara yang kaya dan begitu indah terpaksa dikuasai oleh
bangsa asing
4.
Sistematika
tulisan tentang “kemaharajaan VOC”
E. METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Scientific
2.
Metode :
Ceramah bervariasi Tanya jawab, diskusi dan penugasan
3.
Model
Pembelajaran : Diskusi kelompok
- MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media : gambar
peta penjelajahaan samudera
2.
Alat : Laptop,
LCD Monitor, Internet, Koran/Majalah
3.
Sumber Belajar :
Buku Sejarah Indonesia Kelas XI (Kemendikbud) dan internet, Koran/Majalah.
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Tahap
|
KEGIATAN BELAJAR
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti
proses pembelajaran dengan menyapa dan
memberi salam
b.
Meminta peserta didik untuk mempersiapkan
kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM (kerapian, kebersihan
ruang kelas, menyediakan media dan alat yang diperlukan, serta buku yang
diperlukan)
c.
Mengecek
kehadiran peserta didik
d.
Mengkaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau
pembelajaran sebelumnya
e.
Mengajukan
pertanyaan – pertanyaan yang menantang untuk memotivasi peserta vdidik
f.
Menyampaikan
manfaat materi pembelajaran
g.
Mendemontrasikan
sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran
h.
Menyampaikan
tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik,
i.
Mengingatkan
kepada peserta didik bahwa pembelajaran ini lebih ditekankan pemaknaan dan pencapaian
kompetensi
j.
Menyampaikan
rencana kegiatan misalnya individu, kerja kelompok dan melakukan observasi
k.
Menjelaskan
model pembelajaran yang akan dilaksanakan yaitu diskusi kelompok
l.
Guru
membagi kelas menjadi delapan kelompok peserta didik ( kelompok I, II,III,IV
) masing-masing kelompok sekitar 5-6 peserta didik
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
Guru meminta peserta didik mengamati
gambar yang ada pada buku siswa/gambar yang ditayangan gambar, misalnya
gambar tokoh VOC seperti gambar Pieter Both, JP Coen, , gambar rempah-rempah,
peta Maluku , gambar penyerangan Sultan Agung ke Batavia dan yang lainnya
yang relepan ( gambar terlampir )
Menanya
Setelah
mengamati peserta didik mengajukan sejumlah pertanyaan berdasarkan hasil
pengamatannya , Guru membuka kesempatan secara luas pada peserta didik untuk
bertanya mengenai apa yang sudah dilihat, disimak atau dibaca oleh peserta
didik, serta pertanyaan lain yang sesuai dengan persepsi dan pandangan
peserta didik mengenai hasil pengamatan
Mengumpulkan informasi dan
mengasosiasi
Guru menugaskan peserta
didik untuk mengumpulkan informasi dan mengasosiasi melalui diskusi kelompok
, sehingga menemukan jawaban dari masing-masing tugas yang diberikan :
1. Kelompok 1 dan 2 berdiskusi dan merumuskan
tentang tujuan dan perkembangan awal
VOC
2. Kelompok 3 dan 4 berdiskusi dan merumuskan
tentang berbagai kebijakan dan
jezaliman VOC
3. Kelompok 5 dan 6 berdiskusi dan merumuskan
tentang reaksi rakyat terhadap
keserakahan VOC
4. Kelompok 7 dan 8 berdiskusi dan merumuskan tentang proses kebangkrutan VOC
Mengkomunikasikan
Guru menugaskan
masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam rangka
mengomunikasikan hasil karya kelompok. Pada saat kelompok tertentu presentasi
kelompok yang lain dapat bertanya , demikian sampai masing-masing mendapat
giliran.
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik menyimpulkan
materi pembelajaran
·
Peserta didik ditanya apakah sudah memahami materi yang telah didiskusikan
·
Peserta didik ditanya nilai-nilai apa yang bisa
diperoleh dari pelajaran hari ini
·
Peserta didik diberikan pertanyaan lesan secara acak
untuk mendaparkan umpan balik atas pembelajaran minggu ini.
·
Sebagai refleksi peserta didik diberikan tugas dengan
memberikan tugas rumah
buatlah
karya tulis yang berjudul
:”Kemaharajaan VOC”
·
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya dan menutup pelajaran dengan salam
|
10 menit
|
H.
Penilaian Hasil Belajar
1.
Teknik : Tes dan non tes
2.
Bentuk : Uraian dan observasi
3.
Instrumen : soal dan lembar
observasi kegiatan diskusi
4.
Pedoman penskoran
1. Instrumen Penilaian Sikap
1.Observasi
1.1
Sikap
spiritual
Indikator :peserta didik menunjukan
perilaku mensyukuri : -
- Berdoa sebelum dan sesudah kegitan
pembelajaran
- Memberi salam pada saat awal dan
akhir presentasi sesuai agama yang di anut
- Saling menghormati, toleransi
- Memelihara hubungan baik dengan
sesame teman sekolah
Rubrik
pemberian skor
4= Jika
peserta didik melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
3= Jika
peserta didik melakukan 3(tiga) kegiatan tersebut
2= Jika
peserta didik melakukan 2(dua) kegiatan tersebut
1= Jika
peserta didik melakukan salah satu dari kegiatan tersebut
1.2. Sikap Social
a. Sikap jujur
Indikator:
-Tidak
bohong
-
Mengembalikan kepada yang berhak bila menemukan sesuatu
- Tidak
nyontek, tidak plagiatisme
- Terus
terang
Rubrik pemberian skor
4= Jika peserta didik melakukan 4
(empat) kegiatan tersebut
3= Jika peserta didik melakukan
3(tiga) kegiatan tersebut
2= Jika peserta didik melakukan
2(dua) kegiatan tersebut
1= Jika peserta didik melakukan salah
satu dari kegiatan tersebut
b. Sikap kerjasama
Indikator:
- Peduli kepada sesama
- Saling membantu dalam hal kebaikan
- Saling menghargai/toleran
Rubrik pemberian skor
- 4= Jika peserta didik melakukan 4
(empat) kegiatan tersebut
- 3= Jika peserta didik melakukan
3(tiga) kegiatan tersebut
- 2= Jika peserta didik melakukan
2(dua) kegiatan tersebut
- 1= Jika peserta didik melakukan salah
satu dari kegiatan tersebut
c. Harga diri
Indikator:
- Tidak suka dengan dominasi asing
- Bersikap sopan untuk menegur bagi
mereka yang mengejek
- Cinta produk sendiri
- Menghargai dan menjaga karya-karya
sekolah dan masyarakat sendiri
Rubrik pemberian skor
- 4= Jika peserta didik melakukan 4
(empat) kegiatan tersebut
- 3= Jika peserta didik melakukan
3(tiga) kegiatan tersebut
- 2= Jika peserta didik melakukan
2(dua) kegiatan tersebut
- 1= Jika peserta didik melakukan salah
satu dari kegiatan tersebut
No
|
Nama
|
Sikap spiritual
|
Sikap Sosial
|
Skor total
|
||
Mensyukuri
|
Jujur
|
Kerjasama
|
Harga diri
|
|||
1-4
|
1-4
|
1-4
|
||||
1.
|
Budi
|
|||||
2.
|
Indri
|
|||||
3.
|
Rusmi
|
|||||
4.
|
Nunung
|
|||||
5.
|
Titi
|
|||||
6.
|
Endang
|
Rumus Penilain sikap
|
Dengan predikat :
PREDIKAT
|
NILAI
|
Sangat Baik (SB)
|
80 ≤ AB ≤ 100
|
Baik (B)
|
70 ≤ B ≤ 79
|
Cukup (C)
|
60 ≤ C ≤ 69
|
Kurang (K)
|
<60
|
1. Penilaian Diri
Nama Siswa :....................
No Absen :...................
NO
|
PERNYATAAN
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Selama melakukan tugas kelompok
saya bekerjasama dengan teman satu kelompok
|
||
2
|
Saya mencatat data dengan teliti
dan sesuai dengan fakta
|
||
3
|
Saya melakukan tugas sesuai dengan
jadwal yang telah dirancang
|
||
4
|
Saya membuat tugas terlebih dahulu
dengan membaca literature yang mendukung tugas
|
||
5
|
Saya selalu mempersiapkan diri pada
setiap kegiatan pembelajaran
|
||
Jumlah Skor
|
Rubrik pemberian skor : jawaban YA =
2, jawaban TIDAK = 1
Rumus Penilain sikap
|
Dengan
predikat :
PREDIKAT
|
NILAI
|
Sangat Baik (SB)
|
80 ≤ AB ≤ 100
|
Baik (B)
|
70 ≤ B ≤ 79
|
Cukup (C)
|
60 ≤ C ≤ 69
|
Kurang (K)
|
<60
|
2. Penilaian Antar Peserta Didik
NO
|
Perilaku
|
Dilakukan/muncul
|
|
YA
|
TIDAK
|
||
1
|
Mau menerima pendapat teman
|
||
2
|
Tidak memaksa teman untuk menerima
pendapatnya
|
||
3
|
Memberi solusi terhadap pendapat
yang bertentangan
|
||
4
|
Mau bekerjasama dengan semua teman
|
||
5
|
Mengemukakan pendapat dengan
bijaksana
|
Rubrik
pemberian skor : jawaban YA = 2, jawaban TIDAK = 1
|
Dengan
predikat :
PREDIKAT
|
NILAI
|
Sangat Baik (SB)
|
80 ≤ AB ≤ 100
|
Baik (B)
|
70 ≤ B ≤ 79
|
Cukup (C)
|
60 ≤ C ≤ 69
|
Kurang (K)
|
<60
|
3.
Jurnal
Nama Peserta
Didik :
.................
Aspek yang diamati :
.................
NO
|
HARI/TANGGAL
|
KEJADIAN
|
KETERANGAN/TINDAK LANJUT
|
2.
Instrumen Penilaian Pengetahuan
Kompetensi Dasar :
1.1. Menghayati-nilai-nilai
persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia
Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan Negara Indonesia
2.1. Mengembangkan
nilai dan perilaku mempertahankan harga diri bangsa dengan bercermin pada
kegigihan para pejuang dalam melawan penjajah
3.2. Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan
bangsa Barat di Indonesia
4.2. Mengolah informasi tentang proses masuk dan
perkembangan penjajahan bangsa Barat di Indonesia dan menyajikannya dalam
bentuk cerita sejarah.
Indikator :
3.2.1
Menjelaskan
latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
3.2.2.
Melacak
kronologi kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
3.2.3.
Menjelaskan
sikap bangsa Indonesia dalam menerima kedatangan bangsa-bangsa Barat.
Tes
Tertulis
a. Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban di
bawah ini dengan memberi tanda silang (x) pada huruf a,b,c,d atau e!
1.
Persaingan antar pedagang
Belanda akan merugikan Belanda sendiri, Terkait dengan itu, maka pemerintahan
dan Parlemen Belanda mengusulkan agar antar kongsi dagang Belanda bekerja
sama membentuk sebuah perusahan dagang yang lebih besar yang disebut VOC,
adapun tujuan dibentuknya VOC adalah
a.
Agar terjadi persaingan antar para pedagang Belanda
b. Memperkuat kedudukan Belanda dalam menghadapi persaingan
dengan para pedagang Negara lain
c. Agar antar kongsi dagang Eropa bias bersatu
d. Mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya
e. Memonopoli perdagangan
2.
Latar belakang kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia adalah....
a.
menanamkan modal
b.
berwisata karena pesona alam Indonesia
c.
mencari daerah penghasil rempah-rempah
d.
pemenuhan hasrat petualangan
e.
mencari bahan baku industri
3.
Setelah dilakukan penilain oleh pemerintah Belanda, VOC sebagai kongsi
dagang yang menjalankan roda pemerintah di negeri jajahan tidak bisa
dipertahankan, akhirnya dibubarkan
pada....
a.
31 November 1979
b.
31 Desember 1979
c.
31 Desember 1799
d.
27 Maret 1749
e.
27 Desember 1799
b. Soal Uraian
Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1 Jelaskan tujuan bangsa eropa datang ke
Indonesia!
2.
Jelaskan tujuan didirikannya VOC!
3.
Jelaskan sebab-sebab kebangkrutan
VOC!
c. Tes
Lisan
1.
Mengapa bangsa Eropa memerlukan rempah-rempah?
2.
Mengapa banyak para pedagang Belanda yang datang ke Indonesia
3.
Jelaskan tujuan didirikannya VOC
4.
Sebutkan kewenangan dan hak-hak VOC
5.
Jelaskan cara-cara VOC untuk meningkatkan eksploitasi kekayaan alam
yang ada di Indonesia
Penugasan Kelompok
Bagaimana
penilaian kalian terkait dengan
praktik korupsi yang dilakukan pegawai VOC dan bagaiman dengan yang terjadi
di Indonesia dewasa ini
|
||||||||||||||
Penugasan Individu
:
Buatlah
Karya tulis yang berjudul :”Keserakahan VOC”
Kunci jawaban
Pilihan Ganda
1.
B
2.
C
3.
C
Soal uraian
1.
Tujuan
orang-orang Eropa datang ke dunia Timur antara lain untuk mendapatkan
keuntungan dan kekayaan, menemukan rempah-rempah di kepulauan Nusantara
2.
a. Menghindari
persaingan yang tidak sehat antar sesame kelompok/kongsi pedagang
Belanda yang telah ada
b,
Memperkuat kedudukan Belanda dalam menghadapi persaingan dengan para pedagang
Negara lain
3.
a. Tidak berjalannya pengawasan dengan baik
b. Banyak pegawai VOC yang korupsi
c. Pegawai VOC hidup mewah dan berfoya-foya
d. Utang VOC meningkat
e. Kas habis untuk biaya perang
Soal Lisan
1.
Jatuhnya
Konstatinopel ke tangan Turki Usmani yang mengakibatkan bangsa Eropa susah
mendapatkan empah-rempah
2.
Untuk
mendapatkan rempeh-rempah langsung dari Negara asalnya
3.
a.Menghindari
persaingan yang tidak sehat antar sesame kelompok/kongsi pedagang
Belanda yang telah ada
b,
Memperkuat kedudukan Belanda dalam menghadapi persaingan dengan para pedagang
Negara lain
4.
a. Melakukan
monopoli perdagangan di wilyah antara Tanjung Harapa sampai dengan Selat
Magelhaens, termasuk kepulauan Nusantara
b. Membentuk angkatan perang sendiri
c. Melakukan peperangan
d. Mengadakan perjanjian dengan raja-raja setempat
e. Mengangkat pegawai sendiri
f. Mencetak dan mengeluarkan mata uang
g. Memerintah di negeri jajahan
5.
a. Merebut
pasaran produksi pertanian
b. Tidak ikut terlibat dalam pertanian tetapi yang
penting VOC dapat memperoleh hasil-hasil pertanian sekalipun dengan cara
paksaan
c. VOC menduduki tempat-tempat srategis
d. Melakukan campur tangan terhadap kerajaan-kerajaan
di Nusantara
e.
Lembaga-lembaga
pemerintah tradisional masih dipertahankan dengan harapan bisa dipengaruhi ,
diperalat kalau tidak mau baru diperangi.
Rumus Penilain Pengetahuan
Dengan
predikat :
|
3.2. Instrumen Penilaian Keterampilan
Kompetensi Dasar
1.1. Menghayati-nilai-nilai
persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia
Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan Negara Indonesia
2.1. Mengembangkan
nilai dan perilaku mempertahankan harga diri bangsa dengan bercermin pada
kegigihan para pejuang dalam melawan penjajah
3.2. Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan
bangsa Barat di Indonesia
4.2. Mengolah
informasi tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat di
Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
Indikator
1.2.2.
Melacak
kronologi kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
Menulis proses masuk dan
perkembangan penjajahan bangsa Barat di Indonesia dan menyajikan dalam bentuk
karya tulis
a.
Tes Proyek
Tulislah sebuah laporan terkait dengan kemaharaan VOC di Indonesia. Buat judul yang menarik tulis laporannya
secara sistematis.
b.
Portofolio
Buatlah hasil laporan
tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat di Indonesi berupa
benda dan karya seni
|
Wuryantoro,
29 Juni 2014
Menetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel
Drs Sunowo Gito
Wahono Utomo Setiyawan S.Pd
Nip
LAMPIRAN








No comments:
Post a Comment