Monday, 19 December 2016

RPP PENJASKES SMK = TENIS MEJA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                : SMK Pancasila 10 Wuryantoro
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                       :  X / 1 (Ganjil )          
Materi Pokok                         : Teknik Dasar Permainan Tenis Meja
Alokasi Waktu                       : 3 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :           
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati  dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif, dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam  serta dalam menenmpatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusaiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.     Tujuan Pembelajaran :
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.      Membiasakan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
2.      Menunjukkan sikap sportif dalam bermain.
3.      Menunjukkan rasa tanggung jawab selama mengikuti pembelajaran
4.      Menunjukkan toleransi terhadap sesama teman selama mengikuti pembelajaran
5.      Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran
6.      Menjelaskan cara bermain tenis meja dengan benar.
7.      Menjelaskan peraturan permainan tenis meja yang dimodifikasi.
8.      Melakukan permainan tenis meja dengan benar.
9.      Melakukan permainan dengan peraturan yang dimodifikasi.


C.    Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.1.1          Berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran
2.1  Berperilaku sportif dalam bermain:
2.1.1. Menghargai teman dan lawan
2.1.2. Menerima kekalahan
2.1.3. Mentaati peraturan permainan
2.2                Bertanggung jawab  terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain,  dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran,:
2.2.1    Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
2.2.2    Mengembalikan peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
2.2.3    Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
2.2.4    Menjaga ketertiban lingkungan sekitar
2.6  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik:
2.6.1    Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan
2.6.2    Mengikuti semua proses pembelajaran
4.1    Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
4.1    Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi gerak yang baik.
4.1.1             Menyebutkan jenis-jenis teknik dasar permainan tenis meja  yang dapat divariasikan dan  dikombinasikan.
4.1.2             Melakukan berbagai teknik dasar permainan tenis meja (pegangan forehand-backhand, pukulan forehand-backhand, servis dan smesh)
4.1.3             Menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar  permainan tenis meja
4.1.4             Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan tenis meja
4.1.5             Menjelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan tenis meja
4.1.6             Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar tenis meja dalam permainan sederhana
D.    Materi Pembelajaran
1.      Teknik memegang / grip bet
Teknik memegang bet merupakan faktor yang sangat penting dalam permainan tenis meja. Secara garis besar pegangan dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
1) Pegangan seperti berjabat tangan (shakehand grip)
Pegangan shakehand sangat populer terutama di negera-negara Eropa atau dunia Barat. Dengan pegangan ini, seorang pemain dapat menggunakan kedua sisi bet.
Description: Description: Shakehand grip


Deskripsi Gerakan Fore Hand Drive
1.  Kaki kiri di depan
2. Kaki kanan dibelakang ( bagi pemain tangan kanan, sedangkan pemain tangan kiri sebaliknya )
3.  Badan menyorong45 º dengan lutut di bengkokkan.
4.  Bet ditarik kesamping belakang
5.  Kepala bet menghadap serong ketanah dengan lengan agak kebawah.
6.  Pergelangan tangan agak dibengkokkan
7.  Kepala bet menghadap serong ketanah dengan lengan agak kebawah.
8.  Pergelangan tangan agak dibengkokkan. Diskripsi Gerakan Back Hand Drive
9.  Kaki berada didepan
10.Kaki kiri berada dibelakang ( bagi pegangan tangan kanan, dan bagi tangan kiri sebaliknya ). 11. Badan menyerong kekiri dan dan lutut dibengkokkan.
12. Bet kesamping badan dekat pinggang sebelah kiri hingga lengan keatas
13. Pergelangan tangan tidak dibengkokan Beberapa perbedaan antara Fore Hand dan
Back  Hand Drive.
Walaupun pada dasar Back Hand Drive adalah kebaikan dari Fore Hand  Drive, terdapat bebera perbedaan teknik pukulan, antara lain :
1.    Pegangan sedikit berbeda. Khusus wanita menggunakan ibu jari kearah dalam bet  
(blade) untuk memperoleh extra support dalam melakukan back hand drive.
2.    Ayunan tangan kebelakang lebih pendek agar lebih cepat tetapi pukulan tidak sekeras pada Fore Hand Drive.
3. Posisi badan lebih dekat ke bola dari pada Fore Hand Drive.
4.  Jangkauan Fore Hand Drive yang menyilang tubuh, sedangkan Fore hand tidak
menyilang tubuh.
2) Pegangan seperti memegang tangkai pena (penhold grip)
Penhold grip atau pegangan tangkai pena dikenal pula dengan pegangan Asia, walaupun akhirnya kebanyakanpemain Asia banyak menggunakan pegangan shakehand. Pada pegangan ini hanya satu sisi bet yang dapat digunakan.
Description: Description: http://yukez.files.wordpress.com/2010/10/penhold-grip2.jpg?w=500
Penholg grip adalah cara memegang bet seprti orang yang memegang pena. Cara memegang ini hanya digunakan pada satu permukaan bet. Seperti yang dijelaskan (Sutarmin,2007:15) Penhold grip atau memegang tangkai bet hanya dapat digunakan untuk satu permukaan bet saja. Cara memegang ini sangat efektif untuk pukulan forehand tetapi kurang efektif untuk pukulanbackhand. Cara memegang ini hanya digunakan untuk pemain dengan tipe bertahan. Kelebihan bermain dengan teknik penhold grib adalah mampu memukul backhand dengan cepat, pada waktu servis mudah menggerakkan pergelangan tangan, dan yang paling penting adalah sesuai untuk memukul forehand. Sedangkan kelemahan menggunakan teknik penhold grip adalah kesulitan dalam melakukan pukulan backhand dan tidak efektif dalam permainan bertahan.
Description: Description: s.jpg
2.      Teknik pukulan
Terdapat beberapa teknik pukulan dasar dalam permainan tenis meja, antara lain:
(1) push, (2) drive, (3) block, (4) chop, dan (5) service.
Kelima teknik pukulan tersebut dapat dijelaskan satu-persatu berikut ini.
1) Push
Push adalah teknik memukul bola dengan gerakan mendorong dan sikap bet terbuka. Push biasanya digunakan untuk mengembalikan pukulan push dan pukulan chop lawan.
2) Drive
Drive adalah teknik pukulan yang dilakukan dengan gerakan bet dari bawah wrong ke atas dan sikap bet
Description: Description: clip_image004
Gerakan forehand Gerakan backhand push push tertutup. Drive dapat digunakan sebagai serangan atau dapat juga kita control sesuai keinginan.
3) Block
Block adalah teki menghentikan at, bet tertutup. mengembalikan atas (top spin).
4) Chop
Chop adalah telc seperti meneban~ juga gerakan r digunakan untuk bermacam-macar
5) Service (servis)
Service adalah teknik memukul bola untuk menyajikan bola pertama ke dalam permainan dengan cara memantulkan terlebih dahulu bola tersebut ke meja penyaji, kemudian dipukul, dan bola harus melewati atas net dan akhirnya memantul di meja lawan.
Description: Description: clip_image006
E.    Metode Pembelajaran.
  1. Pendekatan: saintifik (scientific)
  2. Resiproka

F.   Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·         Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
·         Pengkondisian fisik, mental, untuk mengikuti pembelajaran.
·         Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
10 menit
Inti
Mengamati
·      Mencari dan membaca informasi tentang  variasi dan kombinasi teknik dasar permainan Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik dan membuat catatan/laporan.
·      Peserta didik mengamati pertandingan bulutangkis secara langsung dan atau di TV/video dan membuat catatan tentang  variasi dan kombinasi teknik dasar permainan Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh).
·      Peserta didik mengamati tentang  variasi dan kombinasi teknik dasar permainan Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh) yang diperagakan oleh guru atau salah satu perserta didik yang mampu dan membuat catatan hasil pengamatan

Menanya
·      Peserta didik secara bergantian saling bertanya tentang variasi dan kombinasi teknik dasar permainan Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh)  misalnya : bagaimana jalannya bola jika cara memegang bet dirobah, apakah ketepatan pukulan diperengaruhi oleh perubahan cara bet, apakah jenis pukulan mempengaruhi tingkat kesulitan pengembanlian bola, apakah terdapat perbedaan dalam Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh) apabila menggunakan pendekatan yang berbeda.
·      Peserta didik saling bertanya tentang manfaat permainan Tenis Meja terhadap kesehatan
·      Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan Tenis Meja
·      Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan variasi dan kombinasi permainan Tenis Meja

Eksplorasi
·      Memperagakan berbagai variasiketerampilan gerak memegang bet, servis forehand dan backhand dalam berbagai situasi yang dilakukan dalam bentuk bermain dengan koordinasi yang baik secara berpasangan dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan berbagai variasiketerampilan gerak servis forehand dan backhand secara menyilang ke arah kanan dan kiri bidang servis yang dilakukan dalam bentuk bermain dengan koordinasi yang baik secara berpasangan dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan berbagai variasiketerampilan gerak servis forehand dan backhand ke sasaran (target) yang dilakukan dalam bentuk bermain dengan koordinasi yang baik secara berpasangan dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan berbagai variasiketerampilan gerak memegang bet, pukulan forehand dan backhand dalam berbagai situasi yang dilakukan dalam bentuk bermain dengan koordinasi yang baik secara berpasangan dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan berbagai variasiketerampilan gerak memegang bet, pukulan forehand dan backhand arah bola menyilang meja yang dilakukan dalam bentuk bermain dengan koordinasi yang baik secara berpasangan dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Memperagakan berbagai variasiketerampilan gerak memegang bet, pukulan forehand dan backhand bergerak ke kanan dan ke kiri arah bola menyilang/lurus yang dilakukan dalam bentuk bermain dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau dalam kelompok dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Mendiskusikansetiap variasi dan kombinasi teknik permainan Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
·      Mendiskusikan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
·      Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik permainan Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
Mengasosiasi
·      Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam mempraktikkanvariasi dan kombinasi permainan Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh)
Mengkomunikasikan
·      Melakukan permainan  tenis meja dengan peraturan sesungguhnya dengan menerapkan berbagai variasi dan kombinasi teknik permainan Tenis Meja (memegang raket, pukulan forehand, backhand, servis, dan smesh)dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·        Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·        Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
115 menit
Penutup
·      Pendinginan.
·      Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi passing bawah
·      Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi passing bawah
·      Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·      Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan  berdoa
10 Menit


G.   Alat dan  Sumber Belajar
1.    Alat :
-          Lapangan/Meja tenis, Bola pingpong, pemukul/bet, net, pluit.
2.      Sumber Belajar
-          Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013
-          Buku referensi lain yang sesuai

H.   Penilaian
1.      Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, sportif, dan disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1.


RUBRIK PENILAIAN
SIKAP DALAM PERMAINAN TENIS MEJA
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
A.    Sportif

1.         Menghargai teman dan lawan
V
2.         Menerima kekalahan
V
3.         Mentaati peraturan permainan
V
B.     Tanggung jawab

1.                  Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
V
2.                  Mengembalikan peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
V
3.                  Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
V
4.                  Menjaga ketertiban lingkungan sekitar
V
5.                  Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
V
C.                Disiplin

1.      Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan
V
2.      Mengikuti semua proses pembelajaran
V
JUMLAH

JUMLAH MAKSIMAL  :  10


100%
 
X
 
                        Jumlah skor yang diperoleh
       Nilai = 
                        Jumlah skor maksimal

NILAI
KRITERIA
90 – 100
Amat Baik ( AB)
78 – 89
Baik  (B)
66 – 77
Cukup (C)
<  65
Kurang (K)

2.      Pengetahuan:
Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak pukulan forehand-backhand,servis dan smesh dalam permainan tenis meja
No
Pertanyaan
Kriteria Persekoran
Jumlah
1
2
3
4
1
Jelaskan sikap awal kaki, tangan, dan  pandangan ketika akan melakukan teknik dasar pukulan forehand-backhand,smash dan servis!





2
Jelaskan posisi kaki, tangan, dan  pandangan ketika melakukan teknik dasar pukulan forehand-backhand,smash dan servis





3
Jelaskan sikap akhir kaki, tangan, dan  pandangan ketika akan melakukan teknik teknik dasar pukulan forehand-backhand,smash dan servis





4
Jelaskan rangkaian gerakan teknik dasar pukulan forehand-backhand,smash dan servis!





5
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap awal dalam melakukan teknik dasar pukulan forehand-backhand,smash dan servis





6
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap perkenaan dalam melakukan teknik dasar pukulan forehand-backhand,smash dan servis





7
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap akhir dalam melakukan teknik dasar pukulan forehand-backhand,smash dan servis





Keterangan:
1.      Skor 4: Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator (kaki, tangan, dan pandangan)
2.      Skor 3:     Jika peserta didik mampu menjelaskan dua indikator.
3.      Skor 2:     Jika  peserta didik mampu menjelaskan salah satu indikator.
4.      Skor 1:     Jika peserta didik tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
X
 
100
 
                                    Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  = 
                                    Jumlah skor maksimal

3. Tes unjuk kerja  (keterampilan): 
1). Lakukan teknik dasar pukulan forehand-backhand,smash dan servis Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3
100
 
X
 
                                    Jumlah skor yang diperoleh
       Nilai = 
                                    Jumlah skor maksimal
RUBRIK PENILAIAN  PERMAINAN TENIS MEJA
No
Dimensi
Indikator
Deskripsi Gerak
Nilai
3
2
1
1
Sikap Awal
1.      Kaki
-       Kaki merenggang dengan santai

-       Lutut ditekuk dalam posisi rendah
-       Salah satu kaki di depan
2.      Tangan
-       Jari tangan digenggam

-       Kedua lengan di depan badan
-       Kedua lengan lurus
3.      Badan dan Pandangan Mata
-       Punggung direndahkan

-       Posisi badan relax
-       Pandangan ke depan
2

Pelaksanaan
1.      Kaki

-       Kaki bergerak ke arah datangnya bola

-       Kaki sedikit diulurkan
-       Lutut diluruskan
2.      Tangan
-       Pukullah bola jauh dari badan

-       Tangan lurus, sikut dikunci
-       Perkenaan bola pada lengan bagian bawah
3.      Badan dan Pandangan Mata
-       Berat badan dialihkan ke depan

-       Pinggul bergerak ke depan
-       Pandangan mata ke arah datangnya bola
3
Sikap Akhir
1.      Kaki
-       Salah satu kaki melangkah ke depan

-       Lutut diluruskan
-       Kedua kaki
2.      Tangan
-       Jari tangan digenggam

-       Landasan mengikuti bola ke sasaran
-       Lengan sejajar di bawah bahu
3.      Badan dan Pandangan Mata
-       Pindahkan berat badan ke arah sasaran

-       Badan diluruskan
-       Perhatikan bola ke arah sasaran
Keterangan :
1.      Peserta mendapatkan nilai 3, apabila  ada tiga indikator yang dilakukan benar.
2.      Peserta mendapatkan nilai 2, apabila  ada dua indikator  yang dilakukan benar.
3.      Peserta mendapatkan nilai 1, apabila  ada satu indikator yang dilakukan benar dan tidak ada satu indikator pun yang dilakukan benar
Nilai maksimal adalah 27
















Mengetahui,

Kepala SMK Pancasila 10 Wuryantoro


Drs. Sunowo Gito Wahono
      NIP.

Wonogiri,  01 Juli 2016

Guru mapel PJOK



Sadjadi Munandar S.Pd

















SADJADI MUNANDAR S.PD,SMK PANCASILA 10 WURYANTORO



By. Wawan

No comments:

Post a Comment