RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Pancasila 10 Wuryantoro
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1 (Ganjil )
Materi Pokok : Teknik Dasar Bola voli
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit ( 2 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun,
responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menenmpatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusaiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Tujuan:
Setelah mengikuti pembelajaran ini,
diharapkan peserta didik dapat:
1.
Membiasakan
berdoa sebelum melakukan aktivitas
2. Menunjukkan
sikap sportif dalam bermain.
3. Menunjukkan
sikap tanggung jawab dalam keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain,
dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembeajaran
4. Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti
pembelajaran .
5. Menyebutkan jenis-jenis teknik dasar yang dapat divariasikan
dan dikombinasikan.
6. Menjelaskan cara melakukan variasi dn
kombinasi teknik dasar pemainan bolavoli
7. Menjelaskan berbagai kegunaan variasi dan
kombinasi teknik dasar permainan bolavoli
8.
Melakukan berbagai teknik dasar
permainan bolavoli (servis, passing)
9.
Melakukan variasi dan kombinasi teknik
dasar permainan bolavoli
10.
Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar bolavoli dalam permainan sederhana
C. Kompetensi Dasar dan Indikator:
1.1. Menghargai tubuh dengan seluruh
perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.1.1
Berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain:
2.1.1.
Menghargai teman dan lawan
2.1.2.
Menerima
kekalahan
2.1.3.
Mentaati peraturan permainan
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri
sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam
penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran,:
2.2.1
Menjaga
dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan
penggunaannya
2.2.2
Mengembalikan
peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
2.2.3
Menjaga
keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
2.2.4
Menjaga
ketertiban lingkungan sekitar
2.6
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik:
2.6.1 Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan
2.6.2
Mengikuti
semua proses pembelajaran
3.1
Menganalisis variasi dan kombinasi
keterampilan gerakan passing bawah Bola voli untuk menghasilkan koordinasi gerak
yang baik.
4.1
Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah
satu permainan bola besar dengan koordinasi gerak yang baik.
1.
Menyebutkan jenis-jenis teknik dasar
permainan bolavoli yang dapat divariasikan
dan dikombinasikan.
4.1.1
Melakukan berbagai teknik dasar
permainan bolavoli ( passing bawah )
2.
Menjelaskan cara melakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar permainan
bolavoli
4.1.2
Melakukan variasi dan kombinasi teknik
dasar pasing bawah permainan bolavoli
3.
Menjelaskan berbagai kegunaan variasi
dan kombinasi teknik dasar pasing bawah
permainan bolavoli
4.1.3 Mempraktekkan variasi dan
kombinasi teknik dasar pasing bawah bolavoli dalam permainan sederhana
D. Materi
Pembelajaran :
- Passing bawah bola voli.
Passing dalam permainan bolavoli adalah usaha atau upaya seorang
pemain bolavoli dengan cara menggunakan suatu teknik tertentu yang tujuannya
adalah untuk mengoperkan bola yang dimainkannya itu kepada teman seregunya
untuk dimainkan di lapangan sendiri.
Teknik dasar (pasing bawah) dengan rincian kegiatan sebagai berikut:

Elemen dasar bagi pelaksanaan operan lengan depan atau passing
bawah yang baik adalah: a). Gerakan mengambil bola. b). Mengatur posisi. c).
Memantulkan dan d). Mengarahkan bola kearah atas.
1)
Persiapan (Sikap awal)
a)
Bergerak kearah bola dengan mengatur posisi tubuh
b)
genggam jemari tangan dengan meluruskan kedua
lengan ( proximal )
c)
kaki dalam posisi dibuka selebar bahu dengan santai
d)
tekuk lutut, tahan tubuh
dalam posisi rendah.
e)
sikut terkunci
f)
lengan sejajar dengan
paha
g)
pinggang condong ke arah
depan
h)
pandangan kearah bola

Gb. 1 Gerakan persiapan
passing bawah
2)
Pelaksanaan (Perkenaan bola)
(a)
menerima bola di depan
badan
(b)
sedikit mengulurkan kaki
(c)
berat badan dialihkan
kedepan
(d)
pukulah bola jauh dari
badan
(e)
pinggul bergerak ke
depan
(f)
perhatikan bola saat
menyentuh lengan

Gb. 2 Gerakan pelaksanaan passing
bawah
3)
Gerakan Lanjutan (Sikap akhir)
(a)
jari tangan tetap
digenggam
(b)
sikut tetap terkunci
(c)
landasan mengikuti bola
kesasaran.
(d)
pindahkan berat badan
arah kesasaran
(e)
perhatikan bola bergerak
kesasaran


Gb. 3 Gerakan lanjutan passing
bawah
E. Metode
Pembelajaran.
1.
Pendekatan: saintifik (scientific)
2.
Resiprokal
F.
Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Berbaris,
berdoa, presensi, dan apersepsi
·
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu
·
(alokasi
waktu ini sudah memperhitungkan waktu peralihan dari mapel lain Berbaris,
·
.persiapan fisik
dan mental
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencari dan membaca informasi
berkaiatan dengan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar permaian bola
voli dari berbagai sumber media cetak atau elektronik
·
Peserta didik mengamati pertandingan
bola voli secara langsung dan atau di TV dan membuat catatan tentang variasi
dan kombinasi teknik dasar bola voli (passing
bawah, passing atas, servis, dan smash).
·
Peserta didik bermain bola voli dan
yang lainnya mengamati pertandingan tersebut, dan membuat catatan tentang
tentang variasi dan kombinasi (passing bawah,
passing atas, servis, dan smash)
yang dilakukan oleh temannya selama bermain.
Menanya
·
Peserta didik secara bergantian saling
bertanya tentang teknik variasi dan kombinasi teknik dasar bola voli,
misalnya : bagaimana jalannya bola jika (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)
dengan cara 1, apa yang akan terjadi bila menggunakan cara 2
untuk (passing bawah, passing atas, servis, dan smash), manakah yang lebih hasilnya,
bagaiman pergerakan bola bila merobah titik perkenaan bola dengan tangan,
bagaimana pergerakan bola bila merobah posisi togok dalam melakukan gerakan (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)?
·
Peserta didik saling bertanya tentang
manfaat permainan bola voli terhadap kesehatan
·
Peserta didik saling bertanya tentang
otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan bola voli
·
Peserta didik saling bertanya tentang
bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan variasi dan
kombinasi permainan bola voli
Eksplorasi
·
Melakukan passing bawah dengan
berbagai variasi secara individual, berpasangan, dan berkelompok dengan
menunjukkan perilaku kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Melakukan passing atas dengan berbagai
variasi secara individual, berpasangan, dan berkelompok dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin,
dan toleransi selama bermain.
·
Melakukan servis dengan berbagai
variasi secara individual dan berpasangan dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi
selama bermain.
·
Melakukan smesh dengan berbagai
variasi secara individual, berpasangan, dan berkelompok dengan menunjukkan
perilaku kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan,
disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Mengkombinasikan gerak melompat dan
memukul bola
· Mendiskusikansetiap
teknik dasar variasi teknik permaian bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
· Mendiskusikan
kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat
melakukan teknikvariasi permaian bola voli permainan bola voli (passing
bawah, passing atas, servis, dan smash)dengan benar dan
membuat kesimpulannya.
· Mendiskusikan
bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang
sering dilakukan saat melakukan variasi
teknik dasar permaian bola voli (passing bawah,
passing atas, servis, dan smash)dengan benar dan
membuat kesimpulannya.
Mengasosiasi
· Menemukan
hubungan perkenaan bola dengan tangan dengan jalannya/pergerakan bola saat
melakukan passing
· Menemukan
hubungan posisi togok dengan jalannya/pergerakan bola
· Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk
kebutuhan individual peserta didik dalam variasi dan kombinasi teknik
permaian bola voli (passing bawah, passing atas,
servis, dan smash) dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi
selama bermain.
Mengkomunikasikan
·
Melakukan permainan bola voli dengan
menggunakan peraturan yang sesungguhnya
dengan menerapkan variasi dan kombinasi teknik permainan bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)
serta menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggung jawab,
menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·
Menunjukkan perilaku menerima
kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·
Memberikan saran perbaikan
keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
|
100 menit
|
Penutup
|
·
Pendinginan.
·
Evaluasi
proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau
tertulis tentang materi passing bawah
·
Melakukan refleksi
oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi passing bawah
·
Memberikan umpan balik
dan penugasan pada peserta didik
·
Menarik
kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan berdoa
|
20 Menit
|
G. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat :
-
Lapangan,
Bolavoli, bola karet, cone, pluit., net
2. Sumber
Belajar
-
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum
2013
-
Buku referensi lain yang
sesuai
H.
Penilaian
1. Penilaian
sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati
sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang
diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, sportif, dan disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang
sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku
yang diharapkan. Tiap perilaku yang di
cek ( √ ) mendapat nilai 1.
RUBRIK PENILAIAN
SIKAP DALAM PERMAINAN BOLAVOLI
Aspek yang Diukur
|
Deskripsi Sikap yang Diukur
|
BT
|
MT
|
TN
|
1. Disiplin
|
Hadir tepat waktu
|
|
|
|
Mengikuti seluruh proses pembelajaran
|
|
|
|
|
Selesai tepat waktu
|
|
|
|
|
2. Kerja sama
|
Bersama-sama menyiapkan peralatan
|
|
|
|
Mau memberi umpan ketika bermain
|
|
|
|
|
Mau menjadi penjaga bola
|
|
|
|
|
3. Tanggung jawab
|
Mau mengakui kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
Tidak mencari cari kesalahan teman
|
|
|
|
|
Mengerjakan tugas yang diterima
|
|
|
|
Keterangan:
a.
BT : Belum Tampak
b.
MT : Mulai Tampak
c.
TN : Tampak Nyata
- Pengetahuan:
Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak passing bawah dalam permainan bolavoli.
No
|
Pertanyaan
|
Kriteria
Persekoran
|
Jumlah
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Jelaskan sikap awal kaki, tangan, dan pandangan ketika akan melakukan teknik
dasar passing bawah pada permainan bolavoli!
|
|
|
|
|
|
2
|
Jelaskan posisi kaki, tangan,
dan pandangan ketika melakukan passing
bawah pada permainan bolavoli!
|
|
|
|
|
|
3
|
Jelaskan sikap akhir kaki, tangan, dan pandangan ketika akan melakukan teknik
dasar passing bawah pada permainan bolavoli!
|
|
|
|
|
|
4
|
Jelaskan rangkaian
gerakan passing bawah dalam permainan bolavoli !
|
|
|
|
|
|
5
|
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap awal dalam melakukan
passing bawah pada permainan bolavoli!
|
|
|
|
|
|
6
|
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap perkenaan dalam melakukan
passing bawah pada permainan bolavoli!
|
|
|
|
|
|
7
|
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap akhir dalam melakukan
passing bawah pada permainan bolavoli!
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Skor 4: Jika peserta
didik mampu menjelaskan tiga indikator (kaki, tangan, dan pandangan)
2.
Skor 3: Jika peserta
didik mampu menjelaskan dua indikator.
3.
Skor 2: Jika peserta didik mampu menjelaskan salah satu
indikator.
4.
Skor 1: Jika peserta
didik tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban
peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
|
|

Jumlah skor maksimal
3.
Tes unjuk kerja (keterampilan):
1). Lakukan teknik dasar passing bawah
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan
rentang nilai antara 1 sampai dengan 3
|
|

Jumlah
skor maksimal
RUBRIK PENILAIAN PASSING BAWAH (Bola Voli
)
No
|
Dimensi
|
Indikator
|
Deskripsi Gerak
|
Nilai
|
||
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
Sikap
Awal
|
1. Kaki
|
-
Kaki merenggang dengan santai
|
|
||
-
Lutut ditekuk dalam posisi rendah
|
||||||
-
Salah satu kaki di depan
|
||||||
2. Tangan
|
-
Jari tangan digenggam
|
|
||||
-
Kedua lengan di depan badan
|
||||||
-
Kedua lengan lurus
|
||||||
3. Badan dan Pandangan Mata
|
-
Punggung direndahkan
|
|
||||
-
Posisi badan relax
|
||||||
- Pandangan
ke depan
|
||||||
2
|
Pelaksanaan
|
1
Kaki
|
-
Kaki bergerak ke arah datangnya bola
|
|
||
-
Kaki sedikit diulurkan
|
||||||
-
Lutut diluruskan
|
||||||
2. Tangan
|
-
Pukullah bola jauh dari badan
|
|
||||
-
Tangan lurus, sikut dikunci
|
||||||
-
Perkenaan bola pada lengan bagian bawah
|
||||||
3.
Badan dan Pandangan Mata
|
-
Berat badan dialihkan ke depan
|
|
||||
-
Pinggul bergerak ke depan
|
||||||
- Pandangan
mata ke arah datangnya bola
|
||||||
3
|
Sikap
Akhir
|
1. Kaki
|
-
Salah satu kaki melangkah ke depan
|
|
||
-
Lutut diluruskan
|
||||||
-
Kedua kaki
|
||||||
2. Tangan
|
-
Jari tangan digenggam
|
|
||||
-
Landasan mengikuti bola ke sasaran
|
||||||
-
Lengan sejajar di bawah bahu
|
||||||
3. Badan dan Pandangan Mata
|
-
Pindahkan berat badan ke arah sasaran
|
|
||||
-
Badan diluruskan
|
||||||
- Perhatikan
bola ke arah sasaran
|
Keterangan :
1.
Peserta
mendapatkan nilai 4, apabila tiga indikator yang dilakukan benar.
2.
Peserta mendapatkan nilai 3
apabila dua indikatot yang dilakukan
benar
3.
Peserta
mendapatkan nilai 2, apabila satu indikator yang
dilakukan benar.
4.
Peserta
mendapatkan nilai 1, apabila tidak ada
satu indikator pun yang dilakukan benar
5.
Nilai
maksimal adalah 36
Wonogiri, 01 Juli 2016
Mengetahui,
Kepala SMK Pancasila 10 Wuryantoro
Drs.
Sunowo Gito Wahono
NIP.
|
|
Guru mapel PJOK
Sadjadi Munandar S.Pd
|
By. Wawan
No comments:
Post a Comment