Monday, 19 December 2016

RPP PENJASKES SMK = BOLA TANGAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                :  SMK Pancasila 10 Wuryantoro
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                       :  X / 1 (Ganjil )          
Materi Pokok                         : Teknik Dasar Bola voli
Alokasi Waktu                       : 6 x 45 menit ( 2 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :           
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati  dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif, dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam  serta dalam menenmpatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusaiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Tujuan:
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.        Membiasakan berdoa sebelum melakukan aktivitas
2.    Menunjukkan sikap sportif dalam bermain.
3.    Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembeajaran
4.    Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran .
5.    Menyebutkan jenis-jenis teknik dasar yang dapat divariasikan dan dikombinasikan.
6.    Menjelaskan cara melakukan variasi dn kombinasi teknik dasar pemainan bolavoli
7.    Menjelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolavoli
8.        Melakukan berbagai teknik dasar permainan bolavoli (servis, passing)
9.        Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolavoli
10.    Mempraktekkan  variasi dan kombinasi teknik dasar bolavoli dalam permainan sederhana
C.        Kompetensi Dasar dan Indikator:               
1.1.  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.1.1          Berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran
2.1    Berperilaku sportif dalam bermain:
2.1.1.    Menghargai teman dan lawan
2.1.2.      Menerima kekalahan
2.1.3.    Mentaati peraturan permainan
2.2                Bertanggung jawab  terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain,  dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran,:
2.2.1    Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai  dengan penggunaannya
2.2.2    Mengembalikan peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
2.2.3    Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
2.2.4    Menjaga ketertiban lingkungan sekitar
2.6    Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik:
2.6.1    Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan
2.6.2    Mengikuti semua proses pembelajaran
3.1    Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerakan  passing bawah  Bola voli untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
4.1    Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola besar dengan koordinasi gerak yang baik.
1.             Menyebutkan jenis-jenis teknik dasar permainan bolavoli  yang dapat divariasikan dan  dikombinasikan.
4.1.1    Melakukan berbagai teknik dasar permainan bolavoli ( passing bawah )
2.             Menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar  permainan bolavoli 
4.1.2    Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar pasing bawah permainan bolavoli
3.             Menjelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar pasing bawah   permainan bolavoli 
4.1.3    Mempraktekkan  variasi dan kombinasi teknik dasar pasing bawah bolavoli dalam permainan sederhana

D.   Materi Pembelajaran :

  1. Passing bawah bola voli.
            Passing dalam permainan bolavoli adalah usaha atau upaya seorang pemain bolavoli dengan cara menggunakan suatu teknik tertentu yang tujuannya adalah untuk mengoperkan bola yang dimainkannya itu kepada teman seregunya untuk dimainkan di lapangan sendiri.
Teknik dasar (pasing bawah)  dengan rincian kegiatan sebagai berikut:


            Elemen dasar bagi pelaksanaan operan lengan depan atau passing bawah yang baik adalah: a). Gerakan mengambil bola. b). Mengatur posisi. c). Memantulkan dan d). Mengarahkan bola kearah atas.
1)   Persiapan (Sikap awal)
a)   Bergerak kearah bola dengan mengatur posisi tubuh
b)   genggam jemari tangan dengan meluruskan kedua  lengan ( proximal )
c)   kaki dalam posisi dibuka selebar bahu  dengan santai
d)  tekuk lutut, tahan tubuh dalam posisi rendah.
e)   sikut terkunci
f)    lengan sejajar dengan paha
g)   pinggang  condong ke arah depan
h)   pandangan kearah bola
Gb. 1  Gerakan persiapan passing bawah
2)   Pelaksanaan (Perkenaan bola)
(a)      menerima bola di depan badan           
(b)      sedikit mengulurkan kaki
(c)      berat badan dialihkan kedepan
(d)     pukulah bola jauh dari badan
(e)      pinggul bergerak ke depan
(f)       perhatikan bola saat menyentuh lengan
           Gb. 2 Gerakan pelaksanaan passing bawah
3)   Gerakan Lanjutan (Sikap akhir)
(a)      jari tangan tetap digenggam
(b)      sikut tetap terkunci
(c)      landasan mengikuti bola kesasaran.
(d)     pindahkan berat badan arah kesasaran
(e)      perhatikan bola bergerak kesasaran


                                     Gb. 3 Gerakan lanjutan passing bawah

E.    Metode Pembelajaran.
1.      Pendekatan: saintifik (scientific)
2.      Resiprokal
F.   Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·       Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi
·       Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu
·       (alokasi waktu ini sudah memperhitungkan waktu peralihan dari mapel lain Berbaris,
·       .persiapan fisik  dan mental



15 menit
Inti
Mengamati
·      Mencari dan membaca informasi berkaiatan dengan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar permaian bola voli dari berbagai sumber media cetak atau elektronik
·      Peserta didik mengamati pertandingan bola voli secara langsung dan atau di TV dan membuat catatan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash).
·      Peserta didik bermain bola voli dan yang lainnya mengamati pertandingan tersebut, dan membuat catatan tentang tentang variasi dan kombinasi (passing bawah, passing atas, servis, dan smash) yang dilakukan oleh temannya selama bermain.

Menanya
·      Peserta didik secara bergantian saling bertanya tentang teknik variasi dan kombinasi teknik dasar bola voli, misalnya : bagaimana jalannya bola jika (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)  dengan cara 1, apa yang akan terjadi bila menggunakan cara 2 untuk  (passing bawah, passing atas, servis, dan smash), manakah yang lebih hasilnya, bagaiman pergerakan bola bila merobah titik perkenaan bola dengan tangan, bagaimana pergerakan bola bila merobah posisi togok dalam melakukan gerakan (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)?
·      Peserta didik saling bertanya tentang manfaat permainan bola voli terhadap kesehatan
·      Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan bola voli
·      Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan variasi dan kombinasi permainan bola voli

Eksplorasi
·      Melakukan passing bawah dengan berbagai variasi secara individual, berpasangan, dan berkelompok dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Melakukan passing atas dengan berbagai variasi secara individual, berpasangan, dan berkelompok dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Melakukan servis dengan berbagai variasi secara individual dan berpasangan dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Melakukan smesh dengan berbagai variasi secara individual, berpasangan, dan berkelompok dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·      Mengkombinasikan gerak melompat dan memukul bola
·      Mendiskusikansetiap teknik dasar variasi teknik permaian bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·      Mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknikvariasi permaian bola voli permainan bola  voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·      Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi teknik dasar permaian bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)dengan benar dan membuat kesimpulannya.

Mengasosiasi
·      Menemukan hubungan perkenaan bola dengan tangan dengan jalannya/pergerakan bola saat melakukan passing
·      Menemukan hubungan posisi togok dengan jalannya/pergerakan bola
·      Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam variasi dan kombinasi teknik permaian bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash) dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.

Mengkomunikasikan
·      Melakukan permainan bola voli dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan variasi dan kombinasi teknik permainan bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)  serta menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·         Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·         Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
100 menit
Penutup
·         Pendinginan.
·         Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi passing bawah
·         Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi passing bawah
·         Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan  berdoa



20 Menit

G.   Alat dan  Sumber Belajar
  1.  Alat :
-     Lapangan, Bolavoli, bola karet, cone, pluit., net
2. Sumber Belajar
-     Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013
-     Buku referensi lain yang sesuai
H.   Penilaian
1.      Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, sportif, dan disiplin.

Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1.

RUBRIK PENILAIAN
SIKAP DALAM PERMAINAN BOLAVOLI

Aspek yang Diukur
Deskripsi Sikap yang Diukur
BT
MT
TN
1.   Disiplin
Hadir tepat waktu



Mengikuti seluruh proses pembelajaran



Selesai tepat waktu



2.   Kerja sama
Bersama-sama menyiapkan peralatan



Mau memberi umpan ketika bermain



Mau menjadi penjaga bola



3.   Tanggung jawab
Mau mengakui kesalahan yang dilakukan



Tidak mencari cari kesalahan teman



Mengerjakan tugas yang diterima




Keterangan:
a.    BT     : Belum Tampak
b.    MT : Mulai Tampak
c.    TN     : Tampak Nyata

  1. Pengetahuan:
Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak passing bawah dalam permainan bolavoli.
No
Pertanyaan
Kriteria Persekoran
Jumlah
1
2
3
4
1
Jelaskan sikap awal kaki, tangan, dan  pandangan ketika akan melakukan teknik dasar passing bawah pada permainan bolavoli!





2
Jelaskan posisi kaki, tangan, dan  pandangan ketika melakukan passing bawah pada permainan bolavoli!





3
Jelaskan sikap akhir kaki, tangan, dan  pandangan ketika akan melakukan teknik dasar passing bawah pada permainan bolavoli!





4
Jelaskan rangkaian gerakan passing bawah dalam permainan bolavoli !





5
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap awal dalam melakukan passing bawah pada permainan bolavoli!





6
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap perkenaan dalam melakukan passing bawah pada permainan bolavoli!





7
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap akhir dalam melakukan passing bawah pada permainan bolavoli!





Keterangan:
1.      Skor 4:  Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator (kaki, tangan, dan pandangan)
2.      Skor 3:     Jika peserta didik mampu menjelaskan dua indikator.
3.      Skor 2:     Jika  peserta didik mampu menjelaskan salah satu indikator.
4.      Skor 1:     Jika peserta didik tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan

Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
100
 
X
 
                                             Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  = 
                                             Jumlah skor maksimal
3.      Tes unjuk kerja  (keterampilan): 
1). Lakukan teknik dasar passing bawah
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3
100
 
X
 
                     Jumlah skor yang diperoleh
       Nilai = 
                     Jumlah skor maksimal

RUBRIK PENILAIAN  PASSING BAWAH (Bola Voli )
No
Dimensi
Indikator
Deskripsi Gerak
Nilai
3
2
1
1
Sikap Awal
1.      Kaki
-   Kaki merenggang dengan santai

-   Lutut ditekuk dalam posisi rendah
-   Salah satu kaki di depan
2.      Tangan
-   Jari tangan digenggam

-   Kedua lengan di depan badan
-   Kedua lengan lurus
3.      Badan dan Pandangan Mata
-   Punggung direndahkan

-   Posisi badan relax
-   Pandangan ke depan
2

Pelaksanaan
1          Kaki

-   Kaki bergerak ke arah datangnya bola

-   Kaki sedikit diulurkan
-   Lutut diluruskan
2.  Tangan
-   Pukullah bola jauh dari badan

-   Tangan lurus, sikut dikunci
-   Perkenaan bola pada lengan bagian bawah
3.     Badan dan Pandangan Mata
-   Berat badan dialihkan ke depan

-   Pinggul bergerak ke depan
-   Pandangan mata ke arah datangnya bola
3
Sikap Akhir
1.      Kaki
-   Salah satu kaki melangkah ke depan

-   Lutut diluruskan
-   Kedua kaki
2.      Tangan
-   Jari tangan digenggam

-   Landasan mengikuti bola ke sasaran
-   Lengan sejajar di bawah bahu
3.      Badan dan Pandangan Mata
-   Pindahkan berat badan ke arah sasaran

-   Badan diluruskan
-   Perhatikan bola ke arah sasaran

Keterangan :
1.         Peserta mendapatkan nilai 4, apabila   tiga indikator yang dilakukan benar.
2.         Peserta mendapatkan nilai  3 apabila  dua indikatot yang dilakukan benar
3.         Peserta mendapatkan nilai 2, apabila  satu indikator  yang dilakukan benar.
4.         Peserta mendapatkan nilai 1, apabila   tidak ada satu indikator pun yang dilakukan benar
5.         Nilai maksimal adalah 36
    







Wonogiri,  01 Juli 2016



Mengetahui,

Kepala SMK Pancasila 10 Wuryantoro



Drs. Sunowo Gito Wahono
      NIP.



Guru mapel PJOK




Sadjadi Munandar S.Pd



By. Wawan

No comments:

Post a Comment