RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK PANCASILA 10 WURYANTORO
Kelas/Semester : X / (Ganjil )
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Tema/Topik : Pencak Silat
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit ( 1
x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggung
jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama,
cinta damai, responsif dan
proaktif) dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan
sosial dan
alam serta
dalam
menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual,
konseptual,
prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan
wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian,
serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan
dari
yang dipelajarinya
di sekolah.
B. Tujuan:
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1. Siswa dapat melakukan teknik dasar
pencak silat (pukulan, tendangan, tangkisan, hindaran, dan elakan) yang
dilakukan (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2. Siswa dapat melakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar pencak silat (pukulan, tendangan, tangkisan, hindaran
dan elakan) yang dilakukan (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang
baik.
3. Siswa dapat melakukan pertandingan
pencak silat menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan
membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya
diri.
C. Kompetensi Dasar dan
Indikator:
1. Kompetensi Dasar
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh
perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2
Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus
dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta.
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan
dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam
penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3
Menghargai perbedaan karakteristik
individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4
Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5
Toleransi dan mau berbagi dengan teman
dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6
Disiplin selama melakukan berbagai
aktivitas fisik.
2.7
Belajar menerima kekalahan dan kemenangan
dari suatu permainan.
3.4 Menganalisis kesalahan-kesalahan keterampilan
olahraga beladiri untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan olahraga
beladiri dengan koordinasi gerak yang baik.
2. Indikator
1.
Melakukan teknik dasar pencak silat (pukulan, tendangan, tangkisan,
hindaran, dan elakan) yang dilakukan (berpasangan dan berkelompok) dengan
koordinasi yang baik.
2.
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar pencak silat (pukulan,
tendangan, tangkisan, hindaran dan elakan) yang dilakukan (berpasangan dan
berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3.
Melakukan pertandingan pencak silat menggunakan peraturan yang dimodifikasi
untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, menghargai,
semangat, dan percaya diri.
D.
Materi Pembelajaran :
1)
Pencak Silat
2). Teknik dasar pencak silat (Pukulan, Tendangan,Tangkisan,hindaran dan
elakan yang dilakukan
(berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.


2)
Variasi dan kombinasi teknik dasar pencak silat
(pukulan, tendangan, tangkisan, hindaran dan elakan) yang dilakukan
(berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.


3)
Pertandingan pencak silat menggunakan peraturan yang
dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran,
menghargai, semangat, dan percaya diri.


E. Metode
Pembelajaran.
1.
Pendekatan: saintifik (scientific)
2.
Metode Penugasan
F. Kegiatan
Pembelajaran.
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Berbaris,
berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau
pembelajaran sebelumnya.
·
Pengkondisian fisik, mental, untuk
mengikuti pembelajaran.
·
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati:
·
Peserta didik diberikan tugas untuk
mencari berbagai informasi tentang variasi dan kombinasi gerakan memukul,
menendang, menangkis, dan mengelak dalam olahraga beladiri pencak silat melalui Video, TV, media yang lain ataupun
pengamatan langsung dan selanjutnya membuat catatan hasil pengamatan.
·
Peserta didik mengamati berbagai
variasi dan kombinasi gerakan memukul, menendang, menangkis, dan mengelak
dalam olahraga beladiri pencak silat yang diperagakan oleh guru ataupun
peserta didik lainnya yang berkompeten
Menanya:
·
Peserta didik mencari informasi
berkaitan dengan berbagai informasi tentang variasi dan kombinasi gerakan
memukul, menendang, menangkis, dan mengelak dalam olahraga beladiri pencak
silat selanjutnya bertanya/mendiskusikan dan membuat laporan secara kelompok
·
Peserta didik mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan
kombinasi teknik gerakan beladiri pencak silat dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·
Peserta didik mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan
saat melakukan variasi dan kombinasi teknik gerakan beladiri
pencak silat dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mengeksplor:
·
Peserta didik memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan pukulan secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Peserta didik memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan tendangan secara
ber-pasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baikdengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Peserta didik memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan pukulan dan tangkisan,
dan elakan secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggung-jawab, menghargai perbedaan, disiplin,
dan toleransi selama bermain.
·
Peserta didik memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan tendangan dan elakan secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Peserta didik memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan pukulan,
tendangan, tangkisan, dan elakan secara
berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain
Mangasosiasi:
· Peserta
didik dapat memilih/memutuskan jenis pukulan, tendangan, tengkisan, dan
elakan sesuai dengan kepentingannya.
· Peserta
didik dapat membandingkan jenis pukulan, tendangan, tengkisan, dan elakan.
Mangkomunikasikan:
·
Melakukan pertandingan
pencak silat dengan menerapkan tekni yang telah didapaykannya menggunakan peraturan sesungguhnya dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama
bermain.
·
Menunjukkan perilaku menerima
kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·
Memberikan saran perbaikan
keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
|
100 menit
|
Penutup
|
·
Pendinginan.
·
Evaluasi
proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau
tertulis tentang materi Pencak
Silat
·
Melakukan refleksi
oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi Pencak silat
·
Memberikan umpan balik
dan penugasan pada peserta didik
·
Menarik
kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan berdoa
|
25 Menit
|
G. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat :
-
Lapangan,Matras, pluit.
2.
Sumber
Belajar
-
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum
2013
-
Buku referensi lain yang
sesuai
-
Tayangan Vidio
H. Penilaian
1.
Penilaian sikap
Selama proses
pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan
aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran,
yaitu bertanggung jawab, sportif, dan
disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda
cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan
atau menampilkan perilaku yang diharapkan.
Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1.
RUBRIK PENILAIAN
SIKAP DALAM PERMAINAN PENCAK SILAT
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
A. Sportif
|
|
1.
Menghargai teman dan
lawan
|
|
2.
Menerima kekalahan
|
|
3.
Mentaati peraturan pencat silat
|
|
B. Tanggung jawab
|
|
1.
Menjaga dan
menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
|
|
2.
Mengembalikan
peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
|
|
3.
Menjaga keselamatan
diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
|
|
4.
Menjaga ketertiban
lingkungan sekitar
|
|
5.
Menjaga dan
menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
|
|
C.
Disiplin
|
|
1.
Mengikuti kegiatan
sesuai waktu yang ditentukan
|
|
2.
Mengikuti semua
proses pembelajaran
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH MAKSIMAL
: 10
|
|
|

Jumlah
skor maksimal
NILAI
|
KRITERIA
|
90 – 100
|
Amat Baik ( AB)
|
78 – 89
|
Baik
(B)
|
66 – 77
|
Cukup (C)
|
< 65
|
Kurang (K)
|
2.
Pengetahuan:
No
|
Pertanyaan
|
Kriteria
Persekoran
|
Jumlah
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Jelaskan
Tehknik
memukul dalam Pencat silat
|
|||||
2
|
Jelaskan tehnik menendang dalam pencak Silat
|
|||||
3
|
Jelaskan
tekhnik
mengelak dalam pencat silat
|
|||||
4
|
Jelaskan rangkaian gerakan gerakan jurus dalam pencak Silat
|
|||||
5
|
Jelaskan
kesalahan-kesalahan yang
terdapat dalam gerakan Pencak Silat
|
Keterangan:
Skor 4
|
:
|
1.
Jika
peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator (kaki, tangan, dan pandangan)
|
Skor 3
|
:
|
2.
Jika
peserta didik mampu menjelaskan dua indikator.
|
Skor 3
|
:
|
3.
Jika peserta didik mampu menjelaskan salah satu
indikator.
|
Skor 1
|
:
|
4.
Jika
peserta didik tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan
|
Keterangan:
Penilaian
terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai
dengan 4
|
|

Jumlah skor maksimal
3.
Tes unjuk kerja (keterampilan):
1). Lakukan teknik Pencak silat
Keterangan:
Penilaian
terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1
sampai dengan 3
RUBRIK PENILAIAN KETERAMPILAN PENCAK
SILAT
No
|
Dimensi
|
Indikator
|
Deskripsi Gerak
|
Nilai
|
||
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
Sikap Awal
|
1. Pukulan dan Tangkisan
|
- Pukulan tangan lurus
|
|||
- Tangkisan Tangan
|
||||||
2. Tendangan
|
- Tendangan Lurus kedepan
|
|||||
- Tendangan lurus ke samping
|
||||||
- Tendangan kebelakang
|
||||||
3. elakan
|
- Elakan dengan tangan
|
|||||
- Elakan dengan kaki
|
||||||
2
|
Pelaksanaan
|
1.
Tangan
|
- Tangan bergerak ke arah depan
|
|||
- Tangan bergerak ke arah samping
|
||||||
2. Kaki
|
- kaki bergerak ke arah depan
|
|||||
- kaki bergerak ke arah belakang
|
||||||
- kaki bergerak ke arah samping
|
||||||
- Pinggul bergerak ke depan
|
||||||
-
Pandangan
mata ke arah datangnya bola
|
||||||
3
|
Sikap Akhir
|
1. Kaki
|
- Posisi kaki setelah melakukan
tendangan
|
|||
- Kuda-kuda kaki
|
||||||
2. Tangan
|
- Posisi jari pada sikap akhir
|
|||||
- Posisi tangan pada saat penghormatan pada lawan
|
||||||
- Badan diluruskan
|
||||||
-
Perhatikan
bola ke arah sasaran
|
Keterangan
:
1.
Peserta mendapatkan
nilai 3, apabila gerakan dilakukan dengan benar.
2.
Peserta mendapatkan
nilai 2, apabila gerakan
dilakukan kurang
benar.
3.
Peserta mendapatkan
nilai 1, apabila gerakan dilakukan benar
4.
Nilai maksimal adalah 60
Jumlah
skor yang diperoleh

Jumlah
skor maksimal
Mengetahui,
Kepala SMK Pancasila 10 Wuryantoro
Drs.
Sunowo Gito Wahono
NIP.
|
Wonogiri, 01 Juli 2016
Guru mapel PJOK
Sadjadi Munandar S.Pd
|
SADJADI MUNANDAR S.PD,SMK PANCASILA 10
WURYANTORO
|
No comments:
Post a Comment