Monday, 19 December 2016

RPP PENJASKES SMK = SENAM



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                :  SMK SMK PANCASILA 10 WURYANTORO
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                       :  X / 1 (Ganjil )          
Materi Pokok                         : Senam Ketangkasan
Alokasi Waktu                       : 3 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :           
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati  dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif, dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam  serta dalam menenmpatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusaiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Tujuan:
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.      Membiasakan berdoa sebelum melakukan aktivitas
2.      Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pelajan.
3.      Menunjukkan sikap kerja sama dalam melakukan latihan gerak
4.      Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembeajaran.
5.      Menjelaskan  manfaat latihan senam ketangkasan
6.      Menjelaskan cara melakukan gerakan lompat kangkang dan lompat jongkok
7.      Menjelaskan cara melakukan gerakan latihan lompat kangkang dan lompat jongkok
8.      Menjelaskan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi lompat kangkang dan lompat jongkok
9.      Melakukan latihan gerak langkah lompat kangkang dan lompat jongkok
10.  Melakukan latihan gerak ayunan lengan lompat kangkang dan lompat jongkok
11.  Mempraktekkan  variasi dan kombinasi gerak langkah,lompat dan ayunan lengan pada lompat kangkang dan lompat jongkok
C.        Kompetensi Dasar dan Indikator:               
1.1.  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.1.1          Berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran
2.2. Bertanggung jawab  terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain,  dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran,:
2.2.1    Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai  dengan penggunaannya
2.2.2    Mengembalikan peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
2.2.3    Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
   2.2.4    Menjaga ketertiban lingkungan sekitar
2.4   Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan aktivitas fisik.
2.4.1   Bersama-sama menyiapkan alat
2.4.2   Mau melakukan latihan bersama
2.4.3   Mau mengoreksi kesalahan orang lain.
2.6  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik:
2.6.1   Hadir tepat waktu
2.6.2   Mengikuti seluruh proses pembelajaran
2.6.3   Selesai tepat waktu
2.6.4   Gerakan dilakukan dengan tertib.
      3.7  Menganalisis variasi dan kombinasi ketrampilan rangkaian lompat kangkang dan lompat jongkok untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
3.7.1    Menjelaskan cara melakukan gerak langkah dalam lompat kangkang dan lompat
Jongkok
1.7.2        Menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi gerak lompat dalam lompat
kangkang dan lompat jongkok 
1.7.3        Menjelaskan variasi dan kombinasi gerak ayunan lengan dalam lompat kangkang
dan lompat jongkok
      4.7  Mempraktikkan variasi dan kombinasi rangkaian aktifitas lompat kangkang dan lompat jongkok dengan koordinasi gerak yang baik  
4.7.1    Melakukan variasi dan kombinasi gerak langkah dalam lompat kangkang dan
lompat jongkok
1.7.2        Melakukan variasi dan kombinasi gerak lompat dalam lompat kangkang dan
lompat jongkok
1.7.3        Melakukan variasi dan kombinasi gerak ayunan lengan dalam lompat kangkang
dan lompat jongkok

D.   Materi Pembelajaran :

Pada bagian ini, Anda akan berlatih senam ketangkasan dengan menggunakan alat. Alat yang digunakan, yaitu kuda-kuda lompat sebagai tumpuan. Adapun gerakan senam ketangkasan dengan alat ini adalah lompat kangkang dan lompat jongkok. 
1.  Lompat Kangkang
Lompat kangkang dilakukan dengan melayang di atas matras dan kedua kaki
dibuka. Latihan lompatan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
·      Larilah dengan awalan beberapa langkah.
·      Tolakkan kedua kaki pada papan tolak sekuat-kuatnya dengan lengan mengayun dari belakang. 
·      Kedua tangan bertumpu pada kuda-kuda.
·      Pada saat melayang, pandangan tetap ke depan dan kaki dibuka dengan posisi tungkai berada di sisi kanan dan kiri atas kuda-kuda.
·      Kedua kaki bersiap melakukan pendaratan dengan ujung kaki mengeper dan lengan direntangkan ke atas.

Description: Description:  Lompat Kangkang

Gambar: Lompat  kangkang dengan tumpuan kuda-kuda lompat

2.  Lompat Jongkok
Cara melakukan  lompat jongkok dengan tumpuan pada ujung kuda-kuda lompat adalah sebagai berikut.
·       Lakukan awalan dengan lari cepat dan badan condong ke depan.
·       Tolakkan kedua kaki pada papan tolak dengan lengan diayunkan ke atas.
·       Saat badan melayang ke atas depan, kedua lengan lurus dan pandangan fokus pada ujung kuda-kuda lompat.
·       Tolakkan tangan sekuatnya saat tangan menyentuh bagian ujung kuda-kuda.  Posisi badan membentuk sudut 30° dengan punggung kuda-kuda lompat. 
·       Saat mendarat, ujung kaki mengeper dan lengan direntangkan ke atas

Description: Description: Lompat Jongkok

Gambar: Lompat jongkok dengan tumpuan kuda-kuda lompat


E.    Metode Pembelajaran.
1.      Pendekatan: saintifik (scientific)
2.      Resiprokal


F.   Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·       Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
·       Pengkondisian fisik, mental, untuk mengikuti pembelajaran.
·       Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
10 menit
Inti
Mengamati
·      Peserta didik diberikan tugas untuk mencari berbagai informasi tentang gerakan senam ketangkasan menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok) melalui Video, TV, media yang lain ataupun pengamatan langsung dan selanjutnya membuat catatan hasil pengamatan.
·      Peserta didik mengamati berbagai gerakan senam ketangkasan dengan menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok) yang diperagakan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang berkompeten

Menanya
·      Peserta didik mencari informasi berkaitan dengan berbagai informasi tentang  gerakan senam ketangkasan dengan menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat jongkok) selanjutnya bertanya/mendiskusikan dan membuat laporan secara kelompok
·      Peserta didik mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerakan senam ketangkasan dengan menggunakan alat dengan benar dan membuat kesimpulannya.
·      Peserta didik mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerakan senam ketangkasan dengan menggunakan alat dengan benar dan membuat kesimpulannya.

Mengeksplor
·      Peserta didik memperagakan rangkaian gerakan lompat kangkang berulang ulang secara perorangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.
·      Peserta didik memperagakan gerakan lompat jongkok berulang ulang secara perorangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.

Mangasosiasi
·      Peserta didik membandingkan faktor kesulitan antarai gerakan lompat kangkang dengan lompat jongkok pada senam ketangkasn. 
Mangkomunikasikan
·      Memperagakan gerakan kangkang dan lompat jongkok dengan melewati kuda-kuda lompat atau punggung teman yang membungkuk sesuai denga ten yang telah dipelajarinya dalam bentuk perlombaan dengan menunjukkan perilaku  percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.
100 menit
Penutup
·         Pendinginan.
·         Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi aktifitas ritmik
·         Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi aktifitas ritmik
·         Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan  berdoa
25 Menit
G.   Alat dan  Sumber Belajar
1.    Alat :
-     Lapangan, pluit, matras, balok tumpuan
3.    Sumber Belajar
-     Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013
-     Buku referensi lain yang sesuai


H.   Penilaian
1.      Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, kerjasama, dan disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1.

RUBRIK PENILAIAN
SIKAP DALAM LOMPAT KANGKANG DAN LOMPAT JONGKOK

Aspek yang Diukur
Deskripsi Sikap yang Diukur
BT
MT
TN
1.   Disiplin
Hadir tepat waktu



Mengikuti seluruh proses pembelajaran



Selesai tepat waktu



Gerakan dilakukan dengan tertib.



2.   Kerja sama
Bersama-sama menyiapkan peralatan



Mau melakukan latihan bersama



Mau mengureksi kesalahan teman



3.   Tanggung jawab
Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya



Mengembalikan peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan



Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.



Menjaga ketertiban lingkungan sekitar



Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya




Keterangan:
a.    BT     : Belum Tampak
b.    MT : Mulai Tampak
c.    TN     : Tampak Nyata
2.      Pengetahuan:
Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak langkah,lompat kangkang dan jongkok
No
Pertanyaan
Kriteria Persekoran
Jumlah
1
2
3
4
1
Jelaskan sikap awal kaki, lengan, dan  pandangan ketika akan melakukan gerak langkah pada lompat kangkang dan lompat jongkok !





2
Jelaskan sikap awal kaki, lengan, dan  pandangan ketika akan melakukan gerak lompat kangkang dan lompat jongkok!





3
Jelaskan sikap awal kaki, lengan, dan  pandangan ketika akan melakukan gerakan ayunan lengan  pada lompat kangkang dan lompat jongkok!





4
Jelaskan sikap awal kaki, lengan, dan  pandangan ketika akan melakukan gerakan variasi dan kombinasi lompat kangkang dan lompat jongkok!





Keterangan:
1
Skor 4
:
Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator (kaki, tangan, dan pandangan)
2
Skor 3
:
Jika peserta didik mampu menjelaskan dua indikator
3
Skor 2
:
Jika  peserta didik mampu menjelaskan salah satu indikator.
4
Skor 1
:
Jika peserta didik tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan

Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
100
 
X
 
                                                                                      Jumlah skor yang diperoleh
                                  Nilai  = 
                                                                             Jumlah skor maksimal
3.      Tes unjuk kerja  (keterampilan): 
Lakukanlah variasi dan kombinasi lompat kangkang dan lompat jongkok (langkah,lompat dan ayunan lengan) pada lompat kangkang dan lompat jongkok
a.       Menyusun kisi-kisi instrument  penilaian keterampilan gerak
No
Kompetensi Dasar
Indikator Esensial
Uraian Gerak

Pen-skoran
1.
Menganalisis variasi dan kombinasi
keterampilan rangkaian aktivitas lompat kangkang dan lompat jongkok untuk menghasilkan koordinasi
gerak yang baik.
a.   Posisi dan sikap awal
1.    Kedua kaki rapat
2.    Badan tagak
3.    Kedua lengan dan tangan relaks di samping badan
4.    Pandangan kedepan
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
b.    Pelaksanaan gerakan
1.     Langkahkan kaki kanan ke depan kemudian disusul kaki yang lain
2.    Langkahkan kaki kiri ke depan kemudian diikuti kaki yang lain
3.    Ayunan lengan mengper/luwes
4.    Pandangan mata ke depan
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
c.    Posisi dan sikap akhir
1.     Kedua kaki kembali ke posisi semula
2.    Badan tegak
3.    Kedua lengan dan tangan kembali relaks di samping badan
4.    Pandangan mata kedepan
Skor 4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor 1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar


RUBRIK PENILAIAN  LOMPAT KANGKANG DAN LOMPAT JONGKOK
No
Nama Peserta Didik
Posisi/ Sikap Awal
Pelaksanaan Gerak
Posisi/ Sikap Akhir
Jumlah Skor
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1
Abdan Hidayaturrahman.T













2
Abdul Halim Immadudin













3
Ahmad Wildan













4
dst















Keterangan :
a.       Peserta mendapatkan nilai 4, apabila  ada empat indikator yang dilakukan benar.
b.      Peserta mendapatkan nilai 3, apabila  ada tiga indikator yang dilakukan benar.
c.       Peserta mendapatkan nilai 2, apabila  ada dua indikator  yang dilakukan benar.
d.      Peserta mendapatkan nilai 1, apabila  ada satu indikator yang dilakukan benar dan tidak ada satu indikator pun yang dilakukan benar
        
100
 
X
 
                                          Jumlah skor yang diperoleh
       Nilai = 
                                                Jumlah skor maksimal
                       


Mengetahui,
Kepala SMK Pancasila 10 Wuryantoro


Drs. Sunowo Gito Wahono
      NIP.

Wonogiri,  01 Juli 2016
Guru mapel PJOK



Sadjadi Munandar S.Pd















SADJADI MUNANDAR S.PD,SMK PANCASILA 10 WURYANTORO

No comments:

Post a Comment