RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK SMK PANCASILA 10 WURYANTORO
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1 (Ganjil )
Materi Pokok : Senam
Ketangkasan
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit ( 1
x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun,
responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menenmpatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusaiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Tujuan:
Setelah mengikuti pembelajaran ini,
diharapkan peserta didik dapat:
1. Membiasakan
berdoa sebelum melakukan aktivitas
2.
Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pelajan.
3. Menunjukkan sikap kerja sama
dalam melakukan latihan gerak
4. Menunjukkan sikap tanggung
jawab dalam keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembeajaran.
5. Menjelaskan manfaat latihan senam ketangkasan
6. Menjelaskan cara melakukan
gerakan lompat
kangkang dan lompat jongkok
7. Menjelaskan cara melakukan gerakan latihan lompat kangkang dan lompat jongkok
8. Menjelaskan cara melakukan
latihan variasi dan kombinasi lompat kangkang dan lompat jongkok
9.
Melakukan
latihan gerak langkah lompat kangkang dan lompat jongkok
10. Melakukan latihan gerak ayunan lengan
lompat kangkang dan lompat jongkok
11. Mempraktekkan variasi dan
kombinasi gerak langkah,lompat dan ayunan lengan pada lompat kangkang
dan lompat jongkok
C. Kompetensi Dasar dan Indikator:
1.1.
Menghargai tubuh
dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang
tidak ternilai
1.1.1
Berdo’a
sebelum dan sesudah pembelajaran
2.2.
Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri
sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta
dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran,:
2.2.1 Menjaga
dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan
penggunaannya
2.2.2 Mengembalikan
peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
2.2.3 Menjaga
keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
2.2.4 Menjaga ketertiban
lingkungan sekitar
2.4
Menunjukkan kemauan bekerja sama dalam melakukan aktivitas fisik.
2.4.1 Bersama-sama menyiapkan alat
2.4.2 Mau melakukan latihan bersama
2.4.3 Mau mengoreksi kesalahan orang lain.
2.6 Disiplin
selama melakukan berbagai aktivitas fisik:
2.6.1 Hadir
tepat waktu
2.6.2
Mengikuti seluruh proses pembelajaran
2.6.3 Selesai
tepat waktu
2.6.4 Gerakan
dilakukan dengan tertib.
3.7
Menganalisis variasi dan kombinasi ketrampilan rangkaian lompat
kangkang dan lompat jongkok untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
3.7.1
Menjelaskan cara melakukan gerak langkah dalam lompat kangkang
dan lompat
Jongkok
1.7.2
Menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi gerak
lompat dalam
lompat
kangkang dan lompat jongkok
1.7.3
Menjelaskan variasi dan kombinasi gerak ayunan lengan
dalam
lompat kangkang
dan lompat
jongkok
4.7
Mempraktikkan variasi dan kombinasi rangkaian aktifitas lompat
kangkang dan lompat jongkok dengan koordinasi gerak
yang baik
4.7.1 Melakukan variasi dan kombinasi gerak langkah
dalam lompat
kangkang dan
lompat jongkok
1.7.2
Melakukan variasi dan kombinasi gerak lompat dalam lompat
kangkang dan
lompat jongkok
1.7.3
Melakukan variasi dan kombinasi gerak ayunan lengan dalam
lompat kangkang
dan lompat
jongkok
D. Materi Pembelajaran :
Pada bagian ini, Anda akan
berlatih senam ketangkasan dengan menggunakan alat. Alat yang digunakan, yaitu
kuda-kuda lompat sebagai tumpuan. Adapun gerakan senam ketangkasan dengan alat
ini adalah lompat kangkang dan lompat jongkok.
1. Lompat Kangkang
Lompat kangkang dilakukan
dengan melayang di atas matras dan kedua kaki
dibuka. Latihan lompatan dapat
dilakukan dengan cara sebagai berikut.
·
Larilah dengan awalan beberapa langkah.
·
Tolakkan kedua kaki pada papan tolak sekuat-kuatnya dengan lengan mengayun
dari belakang.
·
Kedua tangan bertumpu pada kuda-kuda.
·
Pada saat melayang, pandangan tetap ke depan dan kaki dibuka dengan posisi
tungkai berada di sisi kanan dan kiri atas kuda-kuda.
·
Kedua kaki bersiap melakukan pendaratan dengan ujung kaki mengeper dan
lengan direntangkan ke atas.

Gambar: Lompat kangkang dengan tumpuan kuda-kuda lompat
2. Lompat
Jongkok
Cara melakukan lompat jongkok dengan tumpuan pada
ujung kuda-kuda lompat adalah sebagai berikut.
·
Lakukan awalan dengan lari cepat dan badan condong ke depan.
·
Tolakkan kedua kaki pada papan tolak dengan lengan diayunkan ke atas.
·
Saat badan melayang ke atas depan, kedua lengan lurus dan pandangan fokus
pada ujung kuda-kuda lompat.
·
Tolakkan tangan sekuatnya saat tangan menyentuh bagian ujung kuda-kuda.
Posisi badan membentuk sudut 30° dengan punggung kuda-kuda lompat.
·
Saat mendarat, ujung kaki mengeper dan lengan direntangkan ke atas

Gambar: Lompat jongkok dengan tumpuan kuda-kuda
lompat
E. Metode Pembelajaran.
1.
Pendekatan: saintifik (scientific)
2.
Resiprokal
F.
Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Berbaris,
berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau
pembelajaran sebelumnya.
·
Pengkondisian fisik, mental, untuk
mengikuti pembelajaran.
·
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Peserta didik diberikan tugas untuk
mencari berbagai informasi tentang gerakan senam ketangkasan menggunakan alat
(lompat kangkang dan lompat jongkok) melalui Video, TV, media yang lain
ataupun pengamatan langsung dan selanjutnya membuat catatan hasil pengamatan.
·
Peserta didik mengamati berbagai
gerakan senam ketangkasan dengan menggunakan alat (lompat kangkang dan lompat
jongkok) yang diperagakan oleh guru ataupun peserta didik lainnya yang
berkompeten
Menanya
·
Peserta didik mencari informasi
berkaitan dengan berbagai informasi tentang
gerakan senam ketangkasan dengan menggunakan alat (lompat kangkang dan
lompat jongkok) selanjutnya bertanya/mendiskusikan dan membuat laporan secara
kelompok
·
Peserta didik mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerakan senam
ketangkasan dengan menggunakan alat dengan benar dan membuat
kesimpulannya.
·
Peserta didik mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan
saat melakukan gerakan senam ketangkasan dengan menggunakan alat dengan benar
dan
membuat kesimpulannya.
Mengeksplor
·
Peserta didik memperagakan rangkaian gerakan lompat kangkang berulang ulang secara perorangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku percaya diri,
kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.
·
Peserta didik memperagakan gerakan lompat jongkok berulang ulang secara perorangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku percaya diri,
kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.
Mangasosiasi
· Peserta
didik membandingkan faktor kesulitan antarai gerakan lompat kangkang dengan
lompat jongkok pada senam ketangkasn.
Mangkomunikasikan
· Memperagakan gerakan kangkang dan lompat jongkok dengan melewati kuda-kuda lompat atau
punggung teman yang membungkuk sesuai denga ten yang telah
dipelajarinya dalam bentuk perlombaan dengan
menunjukkan
perilaku percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.
|
100 menit
|
Penutup
|
·
Pendinginan.
·
Evaluasi
proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau
tertulis tentang materi aktifitas
ritmik
·
Melakukan refleksi
oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi aktifitas ritmik
·
Memberikan umpan balik
dan penugasan pada peserta didik
·
Menarik
kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan berdoa
|
25 Menit
|
G.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat :
-
Lapangan, pluit, matras, balok tumpuan
3.
Sumber
Belajar
-
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum
2013
-
Buku referensi lain yang
sesuai
H.
Penilaian
1.
Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati
sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang
diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, kerjasama, dan
disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang
sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku
yang diharapkan. Tiap perilaku yang di
cek ( √ ) mendapat nilai 1.
RUBRIK PENILAIAN
SIKAP DALAM LOMPAT KANGKANG DAN LOMPAT JONGKOK
Aspek yang Diukur
|
Deskripsi Sikap yang Diukur
|
BT
|
MT
|
TN
|
1.
Disiplin
|
Hadir tepat waktu
|
|||
Mengikuti seluruh proses pembelajaran
|
||||
Selesai tepat waktu
|
||||
Gerakan dilakukan dengan tertib.
|
||||
2.
Kerja sama
|
Bersama-sama menyiapkan peralatan
|
|||
Mau melakukan latihan bersama
|
||||
Mau mengureksi kesalahan teman
|
||||
3.
Tanggung
jawab
|
Menjaga
dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
|
|||
Mengembalikan
peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
|
||||
Menjaga
keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
|
||||
Menjaga
ketertiban lingkungan sekitar
|
||||
Menjaga
dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
|
Keterangan:
a.
BT :
Belum Tampak
b.
MT :
Mulai Tampak
c.
TN :
Tampak Nyata
2.
Pengetahuan:
Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak langkah,lompat
kangkang
dan jongkok
No
|
Pertanyaan
|
Kriteria
Persekoran
|
Jumlah
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Jelaskan sikap awal kaki, lengan, dan pandangan
ketika akan melakukan gerak
langkah pada lompat kangkang dan lompat jongkok !
|
|||||
2
|
Jelaskan sikap awal kaki, lengan, dan pandangan
ketika akan melakukan gerak lompat kangkang dan lompat jongkok!
|
|||||
3
|
Jelaskan sikap awal kaki, lengan, dan pandangan
ketika akan melakukan gerakan
ayunan lengan pada lompat kangkang dan lompat jongkok!
|
|||||
4
|
Jelaskan sikap awal kaki, lengan, dan pandangan
ketika akan melakukan gerakan
variasi dan kombinasi lompat
kangkang dan lompat jongkok!
|
Keterangan:
1
|
Skor 4
|
:
|
Jika peserta didik mampu
menjelaskan tiga indikator (kaki, tangan, dan pandangan)
|
2
|
Skor 3
|
:
|
Jika peserta didik mampu
menjelaskan dua indikator
|
3
|
Skor 2
|
:
|
Jika peserta didik mampu menjelaskan salah satu
indikator.
|
4
|
Skor 1
|
:
|
Jika peserta didik tidak
satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan
|
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan
rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
|
|
Jumlah skor maksimal
3.
Tes unjuk kerja (keterampilan):
Lakukanlah variasi dan
kombinasi lompat kangkang dan lompat jongkok (langkah,lompat dan ayunan
lengan) pada lompat kangkang dan lompat jongkok
a. Menyusun
kisi-kisi instrument penilaian
keterampilan gerak
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Esensial
|
Uraian
Gerak
|
Pen-skoran
|
1.
|
Menganalisis variasi dan
kombinasi
keterampilan rangkaian aktivitas lompat kangkang dan lompat jongkok untuk menghasilkan koordinasi
gerak yang baik.
|
a.
Posisi dan sikap awal
|
1.
Kedua kaki rapat
2.
Badan tagak
3.
Kedua lengan dan tangan relaks di
samping badan
4.
Pandangan kedepan
|
Skor
4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
b.
Pelaksanaan gerakan
|
1.
Langkahkan kaki kanan ke depan
kemudian disusul kaki yang lain
2.
Langkahkan kaki kiri ke depan kemudian
diikuti kaki yang lain
3.
Ayunan lengan mengper/luwes
4.
Pandangan mata ke depan
|
Skor
4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
||
c.
Posisi dan sikap akhir
|
1.
Kedua kaki kembali ke posisi semula
2.
Badan tegak
3.
Kedua lengan dan tangan kembali relaks
di samping badan
4.
Pandangan mata kedepan
|
Skor
4, jika seluruh uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
3, jika tiga uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
2, jika hanya dua uraian gerak dilakukan dengan benar
Skor
1, jika hanya satu uraian gerak dilakukan dengan benar
|
RUBRIK PENILAIAN LOMPAT
KANGKANG DAN LOMPAT JONGKOK
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Posisi/ Sikap
Awal
|
Pelaksanaan
Gerak
|
Posisi/ Sikap
Akhir
|
Jumlah Skor
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Abdan
Hidayaturrahman.T
|
|||||||||||||
2
|
Abdul
Halim Immadudin
|
|||||||||||||
3
|
Ahmad
Wildan
|
|||||||||||||
4
|
dst
|
Keterangan :
a.
Peserta mendapatkan
nilai 4, apabila ada empat
indikator yang dilakukan benar.
b.
Peserta mendapatkan
nilai 3, apabila ada tiga indikator yang
dilakukan benar.
c.
Peserta mendapatkan
nilai 2, apabila ada dua indikator yang dilakukan benar.
d.
Peserta mendapatkan
nilai 1, apabila ada satu indikator yang
dilakukan benar dan tidak ada satu indikator pun yang dilakukan benar
|

|
Nilai =
Jumlah
skor maksimal
Mengetahui,
Kepala SMK Pancasila 10 Wuryantoro
Drs.
Sunowo Gito Wahono
NIP.
|
Wonogiri, 01 Juli 2016
Guru mapel PJOK
Sadjadi Munandar S.Pd
|
SADJADI
MUNANDAR S.PD,SMK
PANCASILA 10 WURYANTORO
|
No comments:
Post a Comment