RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Pancasila 10 Wuryantoro
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1 (Ganjil )
Materi Pokok : Teknik Dasar Softball
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun,
responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menenmpatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, menganalisi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusaiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Tujuan:
Setelah mengikuti pembelajaran ini,
diharapkan peserta didik dapat:
1.
Membiasakan
berdoa sebelum melakukan aktivitas
2. Menunjukkan sikap sportif
dalam bermain.
3. Menunjukkan sikap tanggung
jawab dalam keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembeajaran
4. Menunjukkan sikap disiplin
selama mengikuti pembelajaran .
5. Menyebutkan jenis-jenis teknik dasar yang dapat
divariasikan dan dikombinasikan.
6. Menjelaskan cara melakukan
variasi dn kombinasi teknik dasar pemainan softball
7. Menjelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar
permainan softball
8.
Melakukan
berbagai teknik dasar permainan softball (memegang bola,
lempar tanggkap,
pitching
dan memukul memukul)
9.
Melakukan
variasi dan kombinasi teknik dasar permainan softball
10. Mempraktekkan variasi dan
kombinasi teknik dasar softball dalam permainan sederhana
C. Kompetensi Dasar dan Indikator:
1.1.
Menghargai tubuh
dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang
tidak ternilai
1.1.1
Berdo’a
sebelum dan sesudah pembelajaran
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain:
2.1.1. Menghargai
teman dan lawan
2.1.2. Menerima
kekalahan
2.1.3. Mentaati
peraturan permainan
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri
sendiri, orang lain, dan
lingkungan sekitar, serta
dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran,:
2.2.1
Menjaga dan menggunakan
peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
2.2.2
Mengembalikan peralatan
pembelajaran ketempat yang telah disediakan
2.2.3
Menjaga keselamatan
diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
2.2.4
Menjaga ketertiban
lingkungan sekitar
2.6
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik:
2.6.1 Mengikuti
kegiatan sesuai waktu yang ditentukan
2.6.2
Mengikuti semua proses
pembelajaran
3.1
Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak
salah satu permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
4.1
Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan
bola kecil dengan koordinasi gerak yang baik.
1.
Menyebutkan jenis-jenis teknik dasar permainan
softball yang dapat divariasikan
dan dikombinasikan.
4.1.1
Melakukan berbagai teknik dasar permainan softball (memegang
bola, lempar tanggkap, pitching dan memukul memukul)
2.
Menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi
teknik dasar permainan softball
4.1.2 Melakukan variasi dan kombinasi
teknik dasar permainan softball
3.
Menjelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi
teknik dasar permainan softball
4.1.3
Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar
softball dalam permainan sederhana
D. Materi Pembelajaran :
1.
Teknik melempar bola
Lemparan atas (overhand throw)
Cara
pelaksanaan lemparan atas adalah:
o
Berdiri pada kedua kaki terpisah dengan
posisi salah satu kaki didepan terarah pada sasaran,pandangan kearah sasaran
o
Bawalah tangan yang memegang bola
kebelakang dengan memindahkan berat badan pada kaki belakang, dapat disertai
dengan striding (mengangkat kaki)
o
Ayunkan lengan kedepan disertai memutar
gerak pinggang dan memindahkan berat badan kedepan
o
Pada saat pelepasan bola disertai
lecutan pergelangan tangan untuk menambah dan mengontrol kecepatan jalanya bola
pada sasaran
o
Lemparan diakhiri dengan gerak lanjutan(
follow through) yaitu memindahkan kaki belakang kedepan sebagai keseimbangan
dan posisi siap menjaga dengan gerak lengan seolah- olah mengikuti gerak
jalanya bola

2.
Teknik menangkap bola
Menangkap
bola melambung
o
Segera menempatkan diri tepat pada
tempat jatuhnya bola, pandangan kearah bola
o
Bediri dengan salah satu kaki berada
didepan
o
Kedua lengan diluruskan kedepan atas
menyongsong datangnya bola
o
Tangkap bola setinggi raihan dan
pastikan bola masuk kedalam glove
o
Setelah menangkap bola masuk kedalam
glove, tutup dengan tangan yang lain, disetai gerakan menarik kedua tangan
kearah badan agar bola tidak lepas
E. Metode
Pembelajaran.
1.
Pendekatan: saintifik (scientific)
2.
Resiprokal
F.
Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Berbaris,
berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan
materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau
pembelajaran sebelumnya.
·
Pengkondisian fisik, mental, untuk
mengikuti pembelajaran.
·
Memberikan
motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencari dan membaca informasi
berkaitan dengan teknik dasar permaian Softball
(melempar, menangkap,
berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat
pemukul) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik, dan
·
Peserta didik mengamati pertandingan Softball
secara langsung dan atau di TV dan membuat catatan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar
(melempar, menangkap,
berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat
pemukul), atau
·
Peserta didik bermain softball dan
yang lainnya mengamati pertandingan tersebut atau mengamati keterampilan
teman (melempar, menangkap,
berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat
pemukul) dan membuat catatan hasil pengamatan
Menanya
·
Peserta didik secara bergantian saling
mempertanyakan tentang variasi teknik dasar permainan softball, misalnya :
bagaimana jalannya bola jika cara memegang bola dirobah, apakah ketepatan
lemparan diperengaruhi oleh perubahan cara memegang bola, apakah jenis
lemparan mempengaruhi ketepatan lemparan, apakah terdapat perbedaan dalam
(melempar, menangkap,
berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat
pemukul) apabila menggunakan pendekatan yang berbeda.
·
Peserta didik saling bertanya tentang
manfaat permainan softball terhadap kesehatan
·
Peserta didik saling bertanya tentang
otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan softball
·
Peserta didik saling bertanya tentang
bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan variasi dan
kombinasi permainan softball
Eksplorasi
·
Berdasarkan data hasil pengamatan
media TV/video atau permainan teman,
peserta didik mempraktikan berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar
permainan sofball (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul
bola menggungkan tongkat pemukul) dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi
selama bermain
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi teknik gerakan melempar dan menangkap bola softball secara berpasangan
atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi
selama bermain.
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi teknik gerakan memukul bola softball secara berpasangan
atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi
selama bermain.
·
Memperagakan
variasi dan kombinasi teknik gerakan melempar, menangkap, dan memukul bola
softball secara berpasangan atau dalam kelompok dengan
koordinasi yang baik dengan meunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi
selama bermain.
·
Mendiskusikansetiap variasi dan
kombinasi teknik permainansoftball(melempar, menangkap, berlari ke
base, memukul bola
menggungkan tongkat pemukul) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
·
Mendiskusikan variasi dan kombinasi
teknik dasar permainan softball (melempar, menangkap, berlari ke
base, memukul bola
menggungkan tongkat pemukul)dengan benar dan
membuat kesimpulan hasil diskusi.
·
Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan
saat melakukan variasi
dan kombinasi teknik permainan sortball (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul
bola menggungkan tongkat pemukul) dengan benar dan
membuat kesimpulannya.
Mengasosiasi
·
Membandingkan hasil pengamatan
pertandingan softball (langsung atau TV/video) dengan penampilan gerak
permainan softball (melempar, menangkap, berlari ke
base, memukul bola
menggungkan tongkat pemukul)
·
Menemukan dan
menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam
mempraktikkan (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul)
Mengkomunikasikan
·
Melakukan permainan softball dengan
menggunakan peraturan yang sesungguhnya
dengan menerapkan variasi dan kombinasi
teknik permainan softball (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul
bola menggungkan tongkat pemukul) serta menunjukkan perilaku kerjasama,
bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi
selama bermain.
·
Menunjukkan perilaku menerima
kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·
Memberikan saran perbaikan
keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
|
100 menit
|
Penutup
|
·
Pendinginan.
·
Evaluasi
proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau
tertulis tentang materi passing bawah
·
Melakukan refleksi
oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi passing bawah
·
Memberikan umpan balik
dan penugasan pada peserta didik
·
Menarik
kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan berdoa
|
25 Menit
|
G. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat :
-
Lapangan,
Bola softball, pemukul, kesed, pluit.
2. Sumber Belajar
-
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum
2013
-
Buku referensi lain yang
sesuai
H. Penilaian
1.
Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati
sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang
diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, sportif, dan disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang
sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku
yang diharapkan. Tiap perilaku yang di
cek ( √ ) mendapat nilai 1
RUBRIK PENILAIAN
SIKAP DALAM PERMAINAN SOFTBALL
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
|
CEK (√ )
|
A. Sportif
|
|
1.
Menghargai teman dan
lawan
|
V
|
2.
Menerima kekalahan
|
V
|
3.
Mentaati peraturan
permainan
|
V
|
B. Tanggung jawab
|
|
1.
Menjaga dan
menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
|
V
|
2.
Mengembalikan
peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
|
V
|
3.
Menjaga keselamatan
diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
|
V
|
4.
Menjaga ketertiban
lingkungan sekitar
|
V
|
5.
Menjaga dan
menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
|
V
|
B.
Disiplin
|
|
1.
Mengikuti kegiatan
sesuai waktu yang ditentukan
|
V
|
2.
Mengikuti semua
proses pembelajaran
|
V
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH
MAKSIMAL : 10
|
|
|
|

Jumlah
skor maksimal
NILAI
|
KRITERIA
|
90
– 100
|
Amat Baik ( AB)
|
78 – 89
|
Baik
(B)
|
66 – 77
|
Cukup (C)
|
< 65
|
Kurang (K)
|
2.
Pengetahuan:
Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak passing bawah dalam permainan softball
No
|
Pertanyaan
|
Kriteria
Persekoran
|
Jumlah
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Jelaskan
sikap awal kaki, tangan, dan pandangan
ketika akan melakukan teknik dasar melempar dalam permainan softball!
|
|
|
|
|
|
2
|
Jelaskan posisi kaki, tangan, dan
pandangan ketika melakukan lemparan pada permainan softball
|
|
|
|
|
|
3
|
Jelaskan
sikap akhir kaki, tangan, dan
pandangan ketika akan melakukan teknik lemparan permainan softball
|
|
|
|
|
|
4
|
Jelaskan rangkaian gerakan melempar pada permainan softball !
|
|
|
|
|
|
5
|
Jelaskan
kesalahan-kesalahan sikap awal dalam melakukan teknik melempar pada permainan softball
|
|
|
|
|
|
6
|
Jelaskan
kesalahan-kesalahan sikap perkenaan dalam melakukan teknik lemparan pada permainan
softball
|
|
|
|
|
|
7
|
Jelaskan
kesalahan-kesalahan sikap akhir dalam melakukan teknik
lemparan pada permainan softball
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Skor
4: Jika peserta didik mampu menjelaskan
tiga indikator (kaki, tangan, dan pandangan)
2.
Skor
3: Jika peserta didik mampu
menjelaskan dua indikator.
3.
Skor
2: Jika peserta didik mampu menjelaskan salah satu
indikator.
4.
Skor
1: Jika peserta didik tidak satupun
pertanyaan di atas mampu dijelaskan
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban
peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
|
|

Jumlah skor maksimal
3.
Tes unjuk kerja (keterampilan):
1). Lakukan teknik dasar lempar tangkap softball
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan
rentang nilai antara 1 sampai dengan 3
|
|

Jumlah
skor maksimal
RUBRIK PENILAIAN PERMAINAN SOFTBALL
No
|
Dimensi
|
Indikator
|
Deskripsi Gerak
|
Nilai
|
||
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
Sikap
Awal
|
1.
Kaki
|
- Kaki
merenggang dengan santai
|
|
||
- Lutut
ditekuk dalam posisi rendah
|
||||||
- Salah
satu kaki di depan
|
||||||
2.
Tangan
|
- Jari
tangan digenggam
|
|
||||
- Kedua
lengan di depan badan
|
||||||
- Kedua
lengan lurus
|
||||||
3.
Badan
dan Pandangan Mata
|
- Punggung
direndahkan
|
|
||||
- Posisi
badan relax
|
||||||
- Pandangan
ke depan
|
||||||
2
|
Pelaksanaan
|
A. Kaki
|
- Kaki
bergerak ke arah datangnya bola
|
|
||
- Kaki
sedikit diulurkan
|
||||||
- Lutut
diluruskan
|
||||||
2.
Tangan
|
- Pukullah
bola jauh dari badan
|
|
||||
- Tangan
lurus, sikut dikunci
|
||||||
- Perkenaan
bola pada lengan bagian bawah
|
||||||
3. Badan
dan Pandangan Mata
|
- Berat
badan dialihkan ke depan
|
|
||||
- Pinggul
bergerak ke depan
|
||||||
- Pandangan
mata ke arah datangnya bola
|
||||||
3
|
Sikap
Akhir
|
1.
Kaki
|
- Salah
satu kaki melangkah ke depan
|
|
||
- Lutut
diluruskan
|
||||||
- Kedua
kaki
|
||||||
2.
Tangan
|
- Jari
tangan digenggam
|
|
||||
- Landasan
mengikuti bola ke sasaran
|
||||||
- Lengan
sejajar di bawah bahu
|
||||||
3.
Badan
dan Pandangan Mata
|
- Pindahkan
berat badan ke arah sasaran
|
|
||||
- Badan
diluruskan
|
||||||
- Perhatikan
bola ke arah sasaran
|
Keterangan :
1.
Peserta mendapatkan
nilai 3, apabila ada tiga indikator yang
dilakukan benar.
2.
Peserta mendapatkan
nilai 2, apabila ada dua indikator yang dilakukan benar.
3.
Peserta mendapatkan
nilai 1, apabila ada satu indikator yang
dilakukan benar dan tidak ada satu indikator pun yang dilakukan benar
Nilai maksimal
adalah 27
Mengetahui,
Kepala SMK Pancasila 10 Wuryantoro
Drs.
Sunowo Gito Wahono
NIP.
|
|
Wonogiri, 01 Juli 2016
Guru mapel PJOK
Sadjadi Munandar S.Pd
|
SADJADI
MUNANDAR S.PD,SMK
PANCASILA 10 WURYANTORO
|
No comments:
Post a Comment