Monday, 19 December 2016

RPP PENJASKES SMK = SOFTBALL



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                :  SMK Pancasila 10 Wuryantoro
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                       :  X / 1 (Ganjil )          
Materi Pokok                         : Teknik Dasar Softball          
Alokasi Waktu                       : 3 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
A. Kompetensi Inti :           
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati  dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif, dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam  serta dalam menenmpatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,  seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusaiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Tujuan:
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan peserta didik dapat:
1.      Membiasakan berdoa sebelum melakukan aktivitas
2.      Menunjukkan sikap sportif dalam bermain.
3.      Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembeajaran
4.      Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran .
5.      Menyebutkan jenis-jenis teknik dasar yang dapat divariasikan dan dikombinasikan.
6.      Menjelaskan cara melakukan variasi dn kombinasi teknik dasar pemainan softball
7.      Menjelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan softball
8.       Melakukan berbagai teknik dasar permainan softball (memegang bola, lempar tanggkap,   
 pitching dan memukul memukul)
9.       Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan softball
10.   Mempraktekkan  variasi dan kombinasi teknik dasar softball dalam permainan sederhana

C.        Kompetensi Dasar dan Indikator:               
1.1.  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.1.1          Berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran
2.1  Berperilaku sportif dalam bermain:
2.1.1. Menghargai teman dan lawan
2.1.2. Menerima kekalahan
2.1.3. Mentaati peraturan permainan
2.2                Bertanggung jawab  terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain,  dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran,:
2.2.1    Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
2.2.2    Mengembalikan peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
2.2.3    Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
2.2.4    Menjaga ketertiban lingkungan sekitar
2.6  Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik:
2.6.1    Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan
2.6.2    Mengikuti semua proses pembelajaran
3.1    Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
4.1    Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola kecil dengan koordinasi gerak yang baik.
1.             Menyebutkan jenis-jenis teknik dasar permainan softball  yang dapat divariasikan dan  dikombinasikan.
4.1.1    Melakukan berbagai teknik dasar permainan softball (memegang bola, lempar tanggkap, pitching dan memukul memukul)
2.             Menjelaskan cara melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar  permainan softball 
4.1.2       Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan softball
3.             Menjelaskan berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan softball 
4.1.3   Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar softball dalam permainan sederhana

D.   Materi Pembelajaran :
1.      Teknik melempar bola
Lemparan atas (overhand throw)
Cara pelaksanaan lemparan atas adalah:
o  Berdiri pada kedua kaki terpisah dengan posisi salah satu kaki didepan terarah pada sasaran,pandangan kearah sasaran
o  Bawalah tangan yang memegang bola kebelakang dengan memindahkan berat badan pada kaki belakang, dapat disertai dengan striding (mengangkat kaki)
o  Ayunkan lengan kedepan disertai memutar gerak pinggang dan memindahkan berat badan kedepan
o  Pada saat pelepasan bola disertai lecutan pergelangan tangan untuk menambah dan mengontrol kecepatan jalanya bola pada sasaran
o  Lemparan diakhiri dengan gerak lanjutan( follow through) yaitu memindahkan kaki belakang kedepan sebagai keseimbangan dan posisi siap menjaga dengan gerak lengan seolah- olah mengikuti gerak jalanya bola
Description: Description: C:\Documents and Settings\User\My Documents\Downloads\teknik dasar gerakan pitcher.jpg


2.   Teknik menangkap bola
Menangkap bola melambung
o  Segera menempatkan diri tepat pada tempat jatuhnya bola, pandangan kearah bola
o  Bediri dengan salah satu kaki berada didepan
o  Kedua lengan diluruskan kedepan atas menyongsong datangnya bola
o  Tangkap bola setinggi raihan dan pastikan bola masuk kedalam glove
o  Setelah menangkap bola masuk kedalam glove, tutup dengan tangan yang lain, disetai gerakan menarik kedua tangan kearah badan agar bola tidak lepas

E.    Metode Pembelajaran.
1.      Pendekatan: saintifik (scientific)
2.      Resiprokal

F.   Kegiatan Pembelajaran.
KEGIATAN
DISKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
·       Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
·       Pengkondisian fisik, mental, untuk mengikuti pembelajaran.
·       Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
10 menit
Inti
Mengamati
·         Mencari dan membaca informasi berkaitan dengan teknik dasar permaian Softball (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik, dan
·         Peserta didik mengamati pertandingan Softball secara langsung dan atau di TV dan membuat catatan tentang  variasi dan kombinasi teknik dasar (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul), atau
·         Peserta didik bermain softball dan yang lainnya mengamati pertandingan tersebut atau mengamati keterampilan teman (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) dan membuat catatan hasil pengamatan
Menanya
·         Peserta didik secara bergantian saling mempertanyakan tentang variasi teknik dasar permainan softball, misalnya : bagaimana jalannya bola jika cara memegang bola dirobah, apakah ketepatan lemparan diperengaruhi oleh perubahan cara memegang bola, apakah jenis lemparan mempengaruhi ketepatan lemparan, apakah terdapat perbedaan dalam (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) apabila menggunakan pendekatan yang berbeda.
·         Peserta didik saling bertanya tentang manfaat permainan softball terhadap kesehatan
·         Peserta didik saling bertanya tentang otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan softball
·         Peserta didik saling bertanya tentang bagaimana bentuk/jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan variasi dan kombinasi permainan softball
Eksplorasi
·         Berdasarkan data hasil pengamatan media TV/video atau  permainan teman, peserta didik mempraktikan berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sofball (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain
·         Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan melempar dan  menangkap bola softball secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·         Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan memukul bola softball secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·         Memperagakan variasi dan kombinasi teknik gerakan melempar, menangkap, dan memukul bola softball secara berpasangan atau dalam kelompok dengan koordinasi yang baik dengan meunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·         Mendiskusikansetiap variasi dan kombinasi teknik permainansoftball(melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
·         Mendiskusikan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan softball (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul)dengan benar dan membuat kesimpulan hasil diskusi.
·         Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi dan kombinasi teknik permainan sortball (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
Mengasosiasi
·         Membandingkan hasil pengamatan pertandingan softball (langsung atau TV/video) dengan penampilan gerak permainan softball (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul)
·         Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk kebutuhan individual peserta didik dalam mempraktikkan (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul)
Mengkomunikasikan
·         Melakukan permainan softball dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan variasi dan kombinasi  teknik permainan softball (melempar, menangkap, berlari ke base, memukul bola menggungkan tongkat pemukul) serta menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
·         Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
·         Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
100 menit
Penutup
·         Pendinginan.
·         Evaluasi proses pembelajaran dengan memberikan tes lisan atau tertulis tentang materi passing bawah
·         Melakukan refleksi oleh guru dengan melibatkan peserta didik tentang materi passing bawah
·         Memberikan umpan balik dan penugasan pada peserta didik
·         Menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran, dan  berdoa
25 Menit

G.   Alat dan  Sumber Belajar
1.    Alat :
-     Lapangan, Bola softball, pemukul, kesed, pluit.
2. Sumber Belajar
-     Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013
-     Buku referensi lain yang sesuai

H.   Penilaian
1.      Penilaian sikap
Selama proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran, yaitu bertanggung jawab, sportif, dan disiplin.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) mendapat nilai 1

RUBRIK PENILAIAN
SIKAP DALAM PERMAINAN SOFTBALL

PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
A.    Sportif

1.     Menghargai teman dan lawan
V
2.     Menerima kekalahan
V
3.     Mentaati peraturan permainan
V
B. Tanggung jawab

1.                  Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
V
2.                  Mengembalikan peralatan pembelajaran ketempat yang telah disediakan
V
3.                  Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam beraktivitas.
V
4.                  Menjaga ketertiban lingkungan sekitar
V
5.                  Menjaga dan menggunakan peralatan pembelajaran sesuai dengan penggunaannya
V
B.                 Disiplin

1.    Mengikuti kegiatan sesuai waktu yang ditentukan
V
2.    Mengikuti semua proses pembelajaran
V
JUMLAH

JUMLAH MAKSIMAL  :  10



X
 
   Jumlah skor yang diperoleh
100%
 
       Nilai = 
                     Jumlah skor maksimal

NILAI
KRITERIA
90 – 100
Amat Baik ( AB)
78 – 89
Baik  (B)
66 – 77
Cukup (C)
<  65
Kurang (K)



2.      Pengetahuan:
Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak passing bawah dalam permainan softball
No
Pertanyaan
Kriteria Persekoran
Jumlah
1
2
3
4
1
Jelaskan sikap awal kaki, tangan, dan  pandangan ketika akan melakukan teknik dasar melempar dalam permainan softball!





2
Jelaskan posisi kaki, tangan, dan  pandangan ketika melakukan lemparan pada permainan softball





3
Jelaskan sikap akhir kaki, tangan, dan  pandangan ketika akan melakukan teknik lemparan permainan softball





4
Jelaskan rangkaian gerakan melempar pada permainan softball !





5
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap awal dalam melakukan teknik melempar pada permainan softball





6
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap perkenaan dalam melakukan teknik lemparan pada permainan softball





7
Jelaskan kesalahan-kesalahan sikap akhir dalam melakukan teknik  lemparan pada permainan softball





Keterangan:
1.      Skor 4:  Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator (kaki, tangan, dan pandangan)
2.      Skor 3:     Jika peserta didik mampu menjelaskan dua indikator.
3.      Skor 2:     Jika  peserta didik mampu menjelaskan salah satu indikator.
4.      Skor 1:     Jika peserta didik tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan


Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
100
 
X
 
                                             Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  = 
                                             Jumlah skor maksimal

3.      Tes unjuk kerja  (keterampilan): 
1). Lakukan teknik dasar lempar tangkap softball
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3
100
 
X
 
                     Jumlah skor yang diperoleh
       Nilai = 
                     Jumlah skor maksimal
RUBRIK PENILAIAN  PERMAINAN SOFTBALL
No
Dimensi
Indikator
Deskripsi Gerak
Nilai
3
2
1
1
Sikap Awal
1.     Kaki
-   Kaki merenggang dengan santai

-   Lutut ditekuk dalam posisi rendah
-   Salah satu kaki di depan
2.     Tangan
-   Jari tangan digenggam

-   Kedua lengan di depan badan
-   Kedua lengan lurus
3.     Badan dan Pandangan Mata
-   Punggung direndahkan

-   Posisi badan relax
-   Pandangan ke depan
2

Pelaksanaan
A.     Kaki

-   Kaki bergerak ke arah datangnya bola

-   Kaki sedikit diulurkan
-   Lutut diluruskan
2.  Tangan
-   Pukullah bola jauh dari badan

-   Tangan lurus, sikut dikunci
-   Perkenaan bola pada lengan bagian bawah
3.     Badan dan Pandangan Mata
-   Berat badan dialihkan ke depan

-   Pinggul bergerak ke depan
-   Pandangan mata ke arah datangnya bola
3
Sikap Akhir
1.      Kaki
-   Salah satu kaki melangkah ke depan

-   Lutut diluruskan
-   Kedua kaki
2.      Tangan
-   Jari tangan digenggam

-   Landasan mengikuti bola ke sasaran
-   Lengan sejajar di bawah bahu
3.      Badan dan Pandangan Mata
-   Pindahkan berat badan ke arah sasaran

-   Badan diluruskan
-   Perhatikan bola ke arah sasaran

Keterangan :
1.        Peserta mendapatkan nilai 3, apabila  ada tiga indikator yang dilakukan benar.
2.         Peserta mendapatkan nilai 2, apabila  ada dua indikator  yang dilakukan benar.
3.         Peserta mendapatkan nilai 1, apabila  ada satu indikator yang dilakukan benar dan tidak ada satu indikator pun yang dilakukan benar
Nilai maksimal adalah 27











Mengetahui,


Kepala SMK Pancasila 10 Wuryantoro




Drs. Sunowo Gito Wahono
      NIP.

Wonogiri,  01 Juli 2016


Guru mapel PJOK





Sadjadi Munandar S.Pd








SADJADI MUNANDAR S.PD,SMK PANCASILA 10 WURYANTORO

No comments:

Post a Comment