Monday, 19 December 2016

RPP Sejarah SMK Ptm 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
(RPP)

Sekolah                                   : SMK Pancasila 10 Wuryantoro
Mata Pelajaran                       : Sejarah Indonesia
Kelas / Semester                     : XI / 1
Materi Pokok                          : Masa Pemerintahan Republik Bataaf
Pertemuan ke                         : 3
Alokasi Waktu                         : 2x 45 menit


       A.     KOMPETENSI INTI (KI) 

1.       Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.       Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.       Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.       KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

3.2  Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat di Indonesia
4.2  Mengolah informasi tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa     
      Barat di Indonesia dan menyajikan dalam bentuk cerita sejarah Indikator:
5.2.Melacak kronologi kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia Indikator:
Buatlah karya tulis yang berjudul  :”Antara penjajahan dan kezaliman”

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
             1.      Melalui pengamatan gambar peserta didik mampu mengevaluasi ketokohan Daendels dengan   
                   pandangannya
             2.      Melalui pengamatan gambar peserta didik mampu menganalisis tugas pokok Daendels dan usaha-
                   usahanya
             3.      Melalui diskusi kelompok peserta didik mampu menganalisis dampak pemerintahan Daendels bagi 
                   kehidupan ekonomi dan sosial kemasyarakatan.

D.      MATERI PEMBELAJARAN
1.    Tokoh Daendels dan pandangan-pandangannya
2.    Tugas pokok Daendels dan usaha-usahanya
3. Dampak pemerintahan Daendels bagi kehidupan ekonomi dan sosial kemasyarakatan di Indonesia
E.       METODE PEMBELAJARAN
1.         Metode                            : Diskusi
2.         Pendekatan                      : Scientific
3.         Model Pembelajaran       : Discovery

F.       MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.         Media                   : gambar, peta, buku sejarah Indonesia
2.         Alat                       : Laptop, LCD Monitor, Internet, Koran/Majalah
3.         Sumber Belajar    : Buku Sejarah Indonesia Kelas XI (Kemendikbud) dan buku lain
                          yang relevan, internet, Koran/Majalah.
G.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 Tahap
Kegiatan Belajar
Alokasi waktu
Pendahuluan
a.    Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan menyapa dan memberi salam
b.   Meminta peserta didik untuk mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM (kerapian, kebersihan ruang kelas, menyediakan media dan alat yang diperlukan, serta buku yang diperlukan)
c.    Mengecek kehadiran  peserta didik
d.   Mengkaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya
e.    Menyampaikan tujuan dan kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik,
f.    Mengingatkan kepada peserta didik bahwa pembelajaran ini lebih ditekankan pemaknaan dan pencapaian kompetensi
g.   Menyampaikan rencana kegiatan misalnya individu, kerja kelompok dan melakukan observasi
h.   Menjelaskan model pembelajaran yang akan dilaksanakan yaitu discovery

i.     Guru membagi siswa ke dalam kelompok kecil 3-4 orang, menjadi kelompok 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 dan 8
10 menit
Kegiatan Inti
Guru menayangkan gambar Daendels dan Peta jalur jalan raya Anyer – Panarukan.
http://humaspdg.files.wordpress.com/2010/04/134_npadvhover.jpg?w=640

Mengamati
Siswa diminta untuk mengamati gambar tersebut.

Menanya
·         Guru mendorong siswa untuk bertanya hal-hal yang terkait dengan gambar yang ditayangkan
·         Guru kembali menegaskan topik pembelajaran yang akan dibahas
·         Guru menegaskan model pembelajaran yang akan dilaksanakan, dengan model discovery

Mengumpulkan informasi dan Mengasosiasikan
Guru memberikan pengantar singkat,
‘pada tahun 1795 terjadi perubahan di Belanda. Muncullah kelompok yang menamakan dirinya kaum patriot. Kaum ini terpengaruh oleh semboyan Revolusi Perancis: kemerdekaan, persamaan dan persaudaraan. Berdasarkan ide dan paham yang digelorakan dalam revolusi Perancis itu maka kaum patriot menghendaki perlunya negara kesatuan. Bertepatan dengan keinginan itu pada awal tahun 1795 pasukan Perancis menyerbu Belanda. Pangeran Willem V melarikan diri ke Inggris, Belanda dikuasai Perancis. Dibentuknya pemerintahan baru sebagai bagian dari Perancis dinamakan republik Bataaf (1795-1806). Sebagai pemimpin Republik Bataaf adalah Louis Napoleon saudara Napoleon Bonaparte. Dengan demikian pemerintahan republik Bataff ini yang bertanggungjawab atas pemerintahan di Nusantara. Ditunjuklah kemudian Daendels sebagai gubernur jendral.  Setiap kelompok mendapat tugas mengumpulkan dan mengasosiasi melalui diskusi kelompok untuk mengasosiasikan fakta-fakta yang berhasil ditemukan dan dirumuskan:
Kelompok 1 dan 2 mendiskusikan siapa Daendels dan bagaimana pandangan-pandangannya
Kelompok 3 dan 4 mendiskusikan tugas pokok Daendels di nusantara dan apa usaha-usahanya yang dilakukan Daendels
Kelompok 5 dan 6 mendiskusikan dampak pemerintahan Daendels bagi kehidupan ekonomi dan sosial kemasyarakatan
Kelompok 7 dan 8 mendiskusikan reaksi masyarakat terhadap pemerintahan Daendels

Mengkomunikasikan
Presentasi hasil kelompok (masing masing kelompok) dalam rangka mengkomunikasikan hasil karya kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lain.

70 menit
Penutup
·           Kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi tentan masa pemerintahan republik Bataff sebagai gambaran dari motivasi orang-orang Barat datang ke Indonesia.
·           Peserta didik ditanya apakah sudah memahami materi yang telah didiskusikan
·           Peserta didik ditanya nilai-nilai apa yang bisa diperoleh dari pelajaran hari ini
·           Peserta didik diberikan pertanyaan lisan secara acak untuk mendaparkan umpan balik atas pembelajaran minggu ini. Sebagai refleksi peserta didik diberikan tugas dengan memberikan tugas rumah seperti Peserta didik diberi tugas melakukan diskusi kelompok untuk mengidentifikasi beberapa tindakan Daendels di Jawa dan dampaknya bagi kehidupan masyarakat, buatlah karya tulis yang berjudul  :”Antara penjajahan dan kezaliman”
·           Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan menutup pelajaran dengan salam
10 menit

H.      Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik                        : Tes dan non tes
2. Bentuk                       : Uraian dan observasi
3. Instrumen                   : Soal dan lembar observasi kegiatan diskusi
4. Pedoman penskoran

I.         Instrumen Penilaian Sikap
1.Observasi
A.      Sikap spiritual
Indikator :peserta didik menunjukan perilaku mensyukuri : -
-  Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran
-  Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang di anut
-  Saling menghormati, toleransi
-  Memelihara hubungan baik dengan sesama teman sekolah
Rubrik pemberian skor
4= Jika peserta didik melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
3= Jika peserta didik melakukan 3(tiga) kegiatan tersebut
2= Jika peserta didik melakukan 2(dua) kegiatan tersebut
1= Jika peserta didik melakukan salah satu dari kegiatan tersebut

B.      Sikap Social
Sikap jujur
Indikator:
-Tidak bohong
- Mengembalikan kepada yang berhak bila menemukan sesuatu
- Tidak nyontek, tidak plagiatisme
- Terus terang
Rubrik pemberian skor
4= Jika peserta didik melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
3= Jika peserta didik melakukan 3(tiga) kegiatan tersebut
2= Jika peserta didik melakukan 2(dua) kegiatan tersebut
1= Jika peserta didik melakukan salah satu dari kegiatan tersebut

Sikap kerjasama
Indikator:
-       Peduli kepada sesama
-       Saling membantu dalam hal kebaikan
-       Saling menghargai/toleran

Rubrik pemberian skor
-   4= Jika peserta didik melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
-   3= Jika peserta didik melakukan 3(tiga) kegiatan tersebut
-   2= Jika peserta didik melakukan 2(dua) kegiatan tersebut
-   1= Jika peserta didik melakukan salah satu dari kegiatan tersebut

Harga diri
Indikator:
-       Tidak suka dengan dominasi asing
-       Bersikap sopan untuk menegur bagi mereka yang mengejek
-       Cinta produk sendiri
-       Menghargai dan menjaga karya-karya sekolah dan masyarakat sendiri

Rubrik pemberian skor
-       4= Jika peserta didik melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
-       3= Jika peserta didik melakukan 3(tiga) kegiatan tersebut
-       2= Jika peserta didik melakukan 2(dua) kegiatan tersebut
-       1= Jika peserta didik melakukan salah satu dari kegiatan tersebut

No
Nama
Sikap spiritual
Sikap Sosial
Skor total
Mensyukuri
Jujur
Kerjasama
Harga diri


1-4
1-4
1-4
1-4

1.
Budi
4
4
3
3
14
2.
Indri





3.
Rusmi





4.
Nunung





5.
Titi





6.
Endang








Nilai = Jumlah skor  x 100
                  16

               


 

Rumus Penilain sikap



Nilai Budi     14 x 100 = 8,75 (sangat baik)
                                      16
      Dengan predikat : 
PREDIKAT
NILAI
Sangat Baik (SB)
80 ≤ AB ≤ 100
Baik (B)
70 ≤ B ≤ 79
Cukup (C)
60 ≤ C ≤ 69
Kurang (K)
<60
.1. Penilaian Diri
Nama Siswa : Budi
No Absen     : 1
NO
PERNYATAAN
YA
TIDAK
1
Selama melakukan tugas kelompok saya bekerjasama dengan teman satu kelompok
V

2
Saya mencatat data dengan teliti dan sesuai dengan fakta

V
3
Saya melakukan tugas sesuai dengan jadwal yang telah dirancang
V

4
Saya membuat tugas terlebih dahulu dengan membaca literature yang mendukung tugas
V

5
Saya selalu mempersiapkan diri pada setiap kegiatan pembelajaran
V


Jumlah Skor
9
Rubrik pemberian skor : jawaban YA = 2,  jawaban TIDAK = 1


Rumus Penilain sikap


Nilai = Jumlah skor  x 100
                  10

               


 
 




Nilai Budi = 9 x 100 = 90 (sangat baik)
                        10
Dengan predikat : 
PREDIKAT
NILAI
Sangat Baik (SB)
80 ≤ AB ≤ 100
Baik (B)
70 ≤ B ≤ 79
Cukup (C)
60 ≤ C ≤ 69
Kurang (K)
<60

1.    Penilaian Antar Peserta Didik

NO
Perilaku
Dilakukan/muncul
YA
TIDAK
1
Mau menerima pendapat teman


2
Tidak memaksa teman untuk menerima pendapatnya


3
Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan


4
Mau bekerjasama dengan semua teman


5
Mengemukakan pendapat dengan bijaksana


Rubrik pemberian skor : jawaban YA = 2, jawaban TIDAK = 1

Nilai = Jumlah skor  x 100
                  10

               


 
Rumus Penilain sikap



Dengan predikat : 
PREDIKAT
NILAI
Sangat Baik (SB)
80 ≤ AB ≤ 100
Baik (B)
70 ≤ B ≤ 79
Cukup (C)
60 ≤ C ≤ 69
Kurang (K)
<60

2.         Jurnal

Nama Peserta Didik  :  .................
Aspek yang diamati  :  .................
NO
HARI/TANGGAL
KEJADIAN
KETERANGAN/TINDAK LANJUT









C.        Instrumen Penilaian Pengetahuan
Kompetensi Dasar :
4.3  Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat di Indonesia
4.2 Mengolah informasi tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa
      Barat di Indonesia dan menyajikan dalam bentuk cerita sejarah
Indikator : 
                    Melacak kronologi kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia

Tes Tertulis
a.       Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban di bawah ini dengan memberi tanda silang (x) pada huruf a,b,c,d atau e!
1.             Aktivitas penjelajahan samudra dilakukan dalam rangka menemukan dunia baru. Yang dimaksud dengan dunia baru adalah wilayah atau bagian dunia yang ada di sebelah....
a.                                                                   a.  Timurnya Eropa
b.                                                                   b.  Tenggara Eropa
c.                                                                   c.   Selatannya Eropa
d.                                                                   d.   Baratnya Eropa
e.                                                                   e.   Barat daya Eropa
2.             Latar belakang kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia adalah....
a.    menanamkan modal
b.    berwisata karena pesona alam Indonesia
c.    mencari daerah penghasil rempah-rempah
d.    pemenuhan hasrat petualangan
e.    mencari bahan baku industri
3.             Pelopor dalam pelayaran dan penjelajahan samudra untuk mencari daerah baru adalah....
a. Portugis dan Spanyol
b. Inggris dan Perancis
c. Spanyol dan Yunani
d. Belanda dan Inggris
e. Perancis dan Jerman
4.             Tugas pokok Herman Willem Daendels dikirim ke Indonesia adalah untuk melaksanakan ....
a. mempertahankan pulau Jawa dari ancaman Inggris
b. memimpin rakyat pulau Jawa melaksanakan kerja rodi
c. membangun jalan raya dari Anyer sampai Panarukan
d. mengembalikan kekuasaan pemerintah pada VOC
e. mencari rempah-rempah
5.             Setelah VOC bangkrut dan dibubarkan, semua kekayaan utang piutang dan daerah jajahannya diambil alih oleh ....
a. Republik Bataafsche
b. Pemerintahan Raffles
c. Pemerintahan Daendels
d. Pemerintahan Hindia Belanda
e. JP. Coen
6.         Selama Daendels berkuasa di Indonesia, banyak terjadi kelaparan dan kematian, sebab ia melaksanakan kebijakan ....
a. Kerja Romusha
b. Sewa Tanah
c. Kerja Wajib
d. Penyerahan Wajib
e. pajak
7.         Akibat pembuatan jalan Anyer – Panarukan bagi rakyat Indonesia adalah ....
a. ekonomi rakyat semakin meningkat
b. hubungan antar daerah semakin lancar
c. rakyat menderita dan banyak kematian
d. penjualan hasil bumi rakyat bertambah lancar
e. rakyat mendapatkan upah dari pembuatan jalan itu
8.      Dibawah ini yang bukan termasuk dalam beberapa pembaruan dalam bidang pemerintahan yang dilakukan oleh herman daendels ketika berkuasa di indonesia adalah …
a. pulau jawa dibagi menjadi 9 frefektur dan 31 kabupaten
b. pusat pemerintahan dipindahkan lebih masuk ke pedalaman
c. melakukan pemberantasan terhadap korupsi tanpa pandang terhadap bangsa eropa
d. dewan hindia belanda sebagai dewan legislative pendamping gubernur jenderal dibubarkan dan diganti dengan dewan penasehat
e. para bupati dijadikan pegawai pemerintahan belanda dan diberi pangkat sesuai ketentuan kepegawaian pemerintah belanda
              Soal UraianJawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1.      Jelaskan tugas pokok  Daendels sebagai Gubernur jenderal di Jawa
2.      Jelaskan langkah-langkah Daendels dalam bidang keamanan dan pertahanan. Mengapa Daendels membangun jalan raya anyer sampai panarukan
3.      Tunjukkan dan jelaskan bahwa Daendels melakukan intervensi dalam bidang pemerintahan di kerajaan-kerajaan di Nusantara
4.      Bagaimana dampak kebijakan dan tindakan Daendels bagi kehidupan masyarakat Jawa
5.      Coba lakukan telaah kritis pelajaran apa yang dapat kamu peroleh setelah mempelajari pelaksanaan pemerintahan Daendels
Tes Lisan
2.      Dimana daerah yang menghasilkan rempah-rempah?
3.      Mengapa bangsa Eropa datang ke Indonesia?
4.      Jalan raya anyer panarukan juga disebut sebagai jalan...
5.      Mengapa Daendels membuat jalan raya Anyer sampai Panarukan
6.      Apa semboyan revolusi Perancis
Penugasan Kelompok
Peserta didik diberi tugas melakukan diskusi kelompok untuk mengidentifikasi beberapa tindakan Daendels di Jawa dan dampaknya bagi kehidupan masyarakat
Penugasan Individu :
Buatlah Karya tulis  yang berjudul  : ”Antara penjajahan dan kezaliman”



3.Instrumen Penilaian Keterampilan
Kompetensi Dasar
3.2.  Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat di Indonesia
4.2.  Mengolah informasi proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat di Indonesia dan menyajikan dalam bentuk cerita sejarah

a.      Tes Proyek
Tulislah sebuah laporan terkait dengan peninggalan sejarah berupa benda dan karya seni yang di kategorikan sebagai proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat di Indonesia. Buat judul yang menarik tulis laporannya secara sistematis.
b.      Portofolio
Hasil laporan tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat di Indonesia  berupa benda dan karya seni  




Wuryantoro, 29 Juni 2014
Menetahui
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Mapel


Drs Sunowo Gito Wahono                                                                 Utomo Setiyawan S.Pd
Nip

No comments:

Post a Comment