Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Mata
Pelajaran
|
:
|
Nasionalisme
|
Kelas / Semester
|
:
|
X/1
|
Pertemuan ke
|
:
|
1
|
Alokasi waktu
|
:
|
1 X 45 menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Pengertian
keindentitas kedirian
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.
Manusia adalah makluk sosial yang religius
2.
Manusia adalah makluk sosial yang berbudaya
3.
Kedisiplinan
4.
Budi Pekerti
|
Indikator
|
:
|
1.
Siswa dapat menjelaskan pengertian manusia sebagai makluk
sosial yang religius
2.
Siswa dapat menjelaskan pengertian manusia sebagai yang
berbudaya
3.
Siswa dapat menjelaskan pengertian kedisiplinan
4.
Siswa dapat menjelaskan pengertian Budi Pekerti
|
A.Tujuan Pembelajaran
·
Pada akhir pelajaran siswa dapat menjelaskan
pengertian makluk sosial
yang religius
·
Pada akhir pelajaran siswa dapat
menyebutkan Makluk sosial
B. Materi ajar
1.
Manusia adalah makluk sosial yang religius
2.
Manusia adalah makluk sosial yang berbudaya
3.
Kedisiplinan
4.
Budi Pekerti
C. Metode Pembelajaran
a. Pendekatan Cooperatif Learning
b. Metode/model Pembelajaran Jig Saw
c. Teknik Diskusi dan Representasi
d. Ceramah
D. Langkah-langkah Pembelajaran /Proses pembelajaran
TAHAP
KEGIATAN
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
Karakter
|
TAHAP AWAL
|
Pendahuluan :
·
Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan
lain-lain)
·
Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan
belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan
diajarkan.
·
Memberikan informasi tentang kompetensi yang akan
dicapai. Memberikan penjelasan Standar
Kompetensi, Kompetensi Dasar Indikator dan Tujuan Pembelajaran.
·
Memberikan pretest kepada siswa tentang pengertian
Interaksi social
|
5
|
Personal dan akademik
|
TAHAP INTI
|
1). Eksplorasi
1.
Menjelaskan tentang konsep-konsep dasar interaksi
sosial, definisi interaksi sosial, sejarah perkembangan interaksi sosial,
manfaat mempelajari interaksi sosial, fungsi, tujuan, dan hakikat interaksi
sosial, orientasi interaksi sosial, dan interaksi sosial sebagai metode
dengan pola interaksi dan membangun pengetahuan
2.
Siswa :Menyimak
dan memperhatikan penjelasan guru serta aktif dalam diskusi dan tanya jawab
2). Elaborasi
Guru menyampaikan aturan permainan
model Pembelajaran Jig Saw.
Langkah-langkah model Jigsaw II
1.
Membentuk
kelompok yang anggotanya 4 Orang secara heterogen (campuran menurut prestasi,
jenis kelamin)
2.
Tiap
siswa dalam tim diberi materi yang sama
3.
Tiap
siswa dalam tim diberi materi yang berbeda yaitu
a.
Jelaskan
pengertian dari interaksi sosial itu dan beri
contohnya.
b.
Sebutkan
ciri-ciri dari interaksi social
c.
Sebutkan
faktor-faktor yang melandasiTerbentuknya interaksi sosial
d.
Menyebutkan
syarat-syarat terjadinya interaksi sosial
4.
Anggota
dari tim yang berbeda yang telah mempelajari
materi yang sama bertemu dalam
kelompok baru (kelompok ahli)
5.
Setelah
selesai diskusi sebagian tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal
dan bergantian menginformasikan materi yang mereka kuasai
6.
Tim ahli
mempresentasikan hasil diskusi
3) Konfirmasi
1.
Guru
memberikan klarifikasi.
2.
Guru
meminta beberapa siswa untuk memberikan penilaian terhadap hasil diskusi
|
30
|
Personal dan akademik
|
TAHAP AKHIR
|
Penutup :
·
Bersama siswa, guru menyimpulkan materi
pembelajaran yang telah dilakukan.
·
Memberikan pekerjaan rumah
·
Tes lisan
|
10
|
Personal dan akademik
|
E . Media
dan Sumber Belajar
1.
Sumber
Belajar : Media
massa, lingkungan,masyarakat
2.
Bahan : Buku referensi
·
LKS
IPS Mentari
·
Modul
IPS MGMP Jawa Tengah
·
Buku
IPS SMK Nur Wahyu Rohmadi
3.
Media : LCD, Laptop
F. Penilaian
a. Test Tulis
b. Lembar Pengamatan
Alat
Penilaian
Soal Tes Tulis.
Pilihlah satu jawaban yang paling
tepat
1.
Sebutkan contoh tindakan social yang
kamu ketahui……….
2.
Suatu perbuatan atau aktivitas
manusia yang sudah dinyatakan pada orang lain atau dipengaruhi orang lain
disebut :
3.
Kebutuhan seorang pelajar yang
termasuk dalam kebutuhan sosial,adalah….
4.
Syarat-syarat terjadinya interaksi
social yang paling tepat di bawah ini adalah Contoh-contoh dari interaksi
sosial
Kunci jawaban :
1.Tindakan social :
a. seorang siswa mengirim surat
kepada gurunya
b. pedagang kaki lima menjajakan dagangannya pada seseorang
b. pedagang kaki lima menjajakan dagangannya pada seseorang
c. Seorang pengamen bernyanyi di
depan penumpang bis
d. Ibu guru menghukum seorang siswa yang nakal
d. Ibu guru menghukum seorang siswa yang nakal
2. tindakan social
3.pendidkan, pergaulan dan kegiatan bersama
4. adanya kontak social dan komunikasi social
5. kakak membelai kucing kesayangannya
Score nilai
Kriteria
Nilai
|
Bobot
Nilai
|
-
Jika
jawaban benar sempurna
|
10
|
` -
Jika Jawaban benar kurang sempurna
|
8
|
-
Jika
jawaban tidak sempurna
|
5
|
-
Jika
jawaban salah
|
2
|
-
Jika
tidak menjawab
|
0
|
No
|
Nama siswa
|
Perilaku
|
Kemandirian
|
kedisiplian
|
pengamatan
|
Ket.
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai
Nilai rata-rata Kerjasama keaktifan,
Inisiatif, Sikap priabdi, Keberanian
Kriteria: 1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = Baik sekali
Kriteria
penilai, jika rata-rata =
1 – 2,25 = kurang
2,6 – 3,25 = Cukup
3,26 –4 = Baik sekali
1 – 2,25 = kurang
2,6 – 3,25 = Cukup
3,26 –4 = Baik sekali
Wonogiri, Juli
2012
Mengetahui
Kepala SMK Pancasila 10 Wuryantoro Guru Mata
Diklat IPS
Drs.Sunowo Gito Wahono Utomo
Setiyawan , S.Pd
NIP. NUPTK
No comments:
Post a Comment