Thursday 22 December 2016

MAKNA HIDUP



Hidup adalah saat sekarang ini yang sesungguhnya nikmat kalau pikiran kita tidak kita biarkan untuk mengenang hal-hal lalu atau hal- hal mendatang, bahkan kematian bukan merupakan hal yang menakutkan atau mendukakan.
Apa sih kematian? Kita tidak tahu bagaimana kematian itu, dan tidak mungkin kita takut akan sesuatu yang kita belum tahu.Ketakutan timbul dari bayangan?bayangan, dari angan-angan tentang hal yang kita ketahui atau yang kita anggap telah kita ketahui dari kitab atau dari orang lain. Kalau kematian hanya menjadi kelanjutan dari hidup, perlu apa takut?
Hidup sendiri pun sesungguhnya bukanlah suatu keadaan yang amat menyenangkan.Benarkah ? tergantung kita menikamti saja, dari sisi psoritif hidup sangat menyenangkan, bisa melakukan apa saja untuk emmuaskan hati dan pikiran kita. Secara negative hidup sangat membosankan, karena itu-itu juga yang akan kita lakukan setiap hari, pagi bangun tidur, melihat sang mentari, makndi,makan dan kerja—kembali ke rumah beristirajat dan tidur –bangun lagi, runitas yang itu-itu juga yang kita lakukan setiap hari.
 Betapa hidup kita manusia penuh dengan pertentangan, penuh persoalan yang sambung - menyambung tiada henti. Kesemuanya timbul dari nafsu keinginan manusia mendapatkan sesuatu, baik mendapatkan benda mati atau hidup dan kebenaran! Semua demi akunya manusia, sampai kebenaran sekalipun ingin dimonopoli. Kebenaran - Ku! Si aku inilah sumber dari segala persengketaan, sumber dari segala pertentangan dan permusuhan, membuat hidup menjadi semacam gelanggang pertempuran demi si aku masing?masing. 

By.Wawan 231216

No comments:

Post a Comment